BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Transportasi
merupakan urat nadi perekonomian masyarakat dan bangsa Indonesia. Aktivitas perkembangan transportasi
di Indonesia yang terdiri dari berbagai
matra (transportasi laut dan transportasi lainnya) semakin meningkat.
Hal ini
merupakan dampak dari aktivitas perekonomian dan aktifitas sosial budaya dan masyarakat. Disamping itu, proses
deregulasi proses pembaruan regulasi di
bidang transportasi secara nasional juga telah memicu peningkatan aktifitas transportasi.
Memahami
sepenuhnya bahwa kesadaran manusia terhadap pelestarian lingkungan semakin tinggi, sehingga kecelakaan
transportasi di laut yang dapat menyebabkan
kerusakan lingkungan (pencemaran) menjadi bahan pertimbangan yang signifikan. Peningkatan aktifitas transportasi
secara nasional baik dalam matra
transportasi darat, laut, udara, perkeretaapian tersebut di sisi lain juga berdampak semakin meningkatnya insiden dan
kecelakaan transportasi. Tingginya kasus
kecelakaan laut di Indonesia saat ini harus menjadi perhatian seluruh pihak, bukan hanya pemilik kapal tetapi juga
pemerintah, instansi terkait dan masyarakat yang harus lebih aktif dalam memberikan
informasi. Penyebab utama kecelakaan laut
pada umumnya adalah karena faktor kelebihan angkutan dari daya angkut yang ditetapkan, baik itu angkutan barang
maupun orang. Bahkan tidak jarang pemakai
jasa pelayaran memaksakan diri naik kapal meskipun kapal sudah penuh 2 dengan
tekad asal dapat tempat diatas kapal. Hal tersebut secara tidak langsung merupakan budaya orang Indonesia yang
merupakan contoh yang sangat tidak baik
dikarenakan oleh tidak sabarnya dalam menunggu kedatangan kapal selanjutnya. Hal ini berbeda dengan factor
yang terjadi di pelayaran laut Internasional
karena umumnya pada Negaralain, para administrasi kapal telah dengan sigap menghitung dan mengkalkulasikan
segala aspek dan dampak yang terdapat
safety procedure yang telah mereka dapatkan dalam pelatihan keamanan pelayaran laut Internasional namun tetap saja
ada beberapa human erroryang cenderung
membahayakan pelayaran laut di Indonesia maupun di laut Internasional, hal ini membawa kita kepada
factor kedua dalam penyebab kecelakaan
dalam pelayaran laut.
Dalam rangka
pengintegrasian sarana dan prasarana transportasi yang memenuhi persyaratan keamanan dan keselamatan
transportasi, perlu standarisasi atau
peraturan sistem dan prosedur, serta sumber daya manusia yang profesional untuk mewujudkan pelayanan penyelenggaraan
transportasi yang utuh dan berhasil guna
serta berdaya guna. Maka untuk itu diperlukan suatu sistem tata pemerintahan yang baik dimana pemerintah
mempunyai fungsi sebagai pembinaan
terhadap pelayanan transportasi meliputi aspek pengaturan, aspek pengawasan dan aspek pengendalian.
Contoh skripsi hukum Internasional:Tinjauan Yuridis Terhadap Keselamatan dan Keamanan Pelayaran di Laut Indonesia dan Laut Internasional Berdasarkan United Nations Convention On The Law Of The Sea (UNCLOS) dan Undang-Undang No
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.