BAB PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Bahasa merupakan alat komunikasi yang memiliki
peranan penting dalam kehidupan sehari-hari.
Dengan bahasa, manusia dapat saling berhubungan antara manusia yang satu dengan
yang lainnya. Dalam
berbahasa, penggunaan dan
penguasaan kata-kata yang
baik dapat mempermudah
seseorang untuk berkomunikasi. Makin
banyak seseorang menguasai
kosakata, makin banyak
gagasan yang dapat
diungkapkannya (Hikmayana, 2013).
Menurut Tarigan (1997)
kualitas keterampilan berbahasa seseorang
tergantung pada kuantitas
kosakata yang dimilikinya.
Sehingga,dapat dikatakan bahwa
penguasaan kosakata merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam
pembelajaran bahasa (Rofiq,
2009). Salah satu
cara untuk mempelajari kosakata bahasa dengan mudah ialah melalui
permainan. Ada banyak jenis permainan yang
dapat dibuat untuk pembelajaran bahasa, salah satunya adalah permainan word ladderyang
juga dikenal dengan doublets, word-links, atau word golf.
Permainan word
ladder diciptakan oleh Lewiss
Carroll pada tahun
1878, merupakan salah
satu permainan kata
sederhana. Permainan word
ladder dimulai dengan dua kata, dan untuk menyelesaikannya
harus menemukan rantai kata dari kata lain untuk
menghubungkan keduanya, dimana
dua kata yang
berdekatan dibedakan oleh
satu huruf (Haunsperger
& Kennedy , 2006).
Permainan ini banyak membutuhkan
kosakata, karena para
pemain dituntut untuk
mempelajari kosakata baru.
Adanya perkembangan teknologi
pada saat ini membuat permainan tradisional dapat
dikembangkan menjadi lebih
modern yakni dengan
membuatnya ke dalam bentuk
permainan elektronik atau yang lebih dikenal dengan game. Pengembangan ini membuat permainan atau game menjadi lebih
menarik karena terdapat elemen-elemen seperti visual,
audio, dan interaksi,
sehingga game memiliki
banyak peminat mulai dari anak-anak
hingga orang dewasa
(Wibawa, 2010). Tak
hanya itu, game
juga dikembangkan ke
dalam bentuk mobile,
yakni game yang
dapat dimainkan pada mobile phone,
smartphone, PDA, ataupun
komputer tablet. Salah
satu media game mobile yang
sangat populer akhir-akhir
ini ialah smartphone
dengan sistem operasi android.
Android adalah
sistem operasi berbasis
Java yang dijalankan
pada kernel Linux
2.6 (DiMarzio, 2008).
Android merupakan platform
open source yang dirancang
untuk perangkat mobile (Gargenta, 2011). Android diakuisisi oleh Google pada
tahun 2005, lalu
membentuk Open Handset
Alliance sebagai upaya
untuk mengembangkan Android
(Hermawan, 2011). Karena
bersifat open source,
aplikasi android banyak
dikembangkan secara luas, ini menjadi salah satu alasan penulis untuk membuat game word ladder berbasis android.
Permainan word
ladder membutuhkan pencarian kata
yang tepat dari sekumpulan daftar
kata dalam jumlah
yang besar. Sehingga,
sering kali pemain merasa
kesulitan untuk menyelesaikan
permainan ini. Adanya
perkembangan teknologi saat
ini memungkinkan permainan
word ladder dapat diselesaikan
oleh komputer dengan menerapkan
prinsip kecerdasan buatan yakni dengan menggunakan sebuah pendekatan yang biasa disebut dengan
algoritma. Algoritma merupakan suatu prosedur yang
jelas untuk menyelesaikan
suatu persoalan dengan
menggunakan langkah-langkah
tertentu dan terbatas jumlahnya (Suarga, 2006).
Algoritmadepth first
searchdiajukan untuk penelitian ini karena algoritma ini memiliki penggunaan memori dan kompleksitas
waktu yang lebih baik karena hanya simpul-simpul
yang aktif saja yang disimpan. Selain itu, jika solusi yang dicari berada pada level yang
dalam dan paling
kiri, maka akan
cepat ditemukan (Cormen
et al, 2009).
Algoritma depth first
search merupakan metode
pencarian di dalam
ruang solusi berbentuk pohon
dengan menelri suatu simpul yang paling kiri pada setiap level
hingga ditemukannya solusi.
Algoritma ini telah
dipakai untuk permainan scramble
(Sabdifha, 2010), permainan
pairs (Atrinawati, 2007),
permainan maze (Charifa, 2011),
permainan puzzle hashiwokakero(Pratiwi et al, 2011), dan permainan othello (Handayani, 2012).
1.2.Rumusan Masalah Permainan word
ladder membutuhkan pencarian kata
yang tepat dari
sekumpulan daftar kata
dalam jumlah yang
besar. Namun, terdapat
kesulitan untuk menemukan kata
yang tepat tersebut, yakni kata
yang hanya dibedakan oleh satu huruf dari kata sebelumnya, untuk membentuk sebuah word ladder.
Dari latar
belakang tersebut maka
masalah yang dapat
dirumuskan ialah: Dibutuhkan suatu teknik atau pendekatan dalam
pencarian kata pada permainanword ladder
agar dapat membantu
pemain dalam menemukan
kata yang sesuai
untuk membentuk sebuah word
ladder.
1.3.Batasan Masalah Dari permasalahan yang ada maka
batasan-batasan dalam penelitian ini adalah: 1.
Aplikasi permainan yang
dibangun hanya dapat
dimainkan oleh satu
orang pemain (single player).
2. Permainan ini menggunakan kata dasar dalam
bahasa Indonesia.
3. Permainan ini terdiri dari tiga level, yakni
level pertama terdiri dari lima soal dengan kata
yang berjumlah empat
huruf, level kedua
terdiri dari lima soal dengan kata yang berjumlah lima huruf dan
level ketiga terdiri dari lima soal dengan
kata yang berjumlah enam huruf.
4. Daftar kata yang digunakan berasal dari KBBI.
5. Algoritma depth first search digunakan untuk
melakukan pencarian kata.
6. Algoritma depth first search tidak
dibandingkan dengan algoritma lain.
7. Aplikasi permainan word ladder hanya dapat
dimainkan jika terhubung dengan internet.
1.4. Tujuan Penelitian Adapun
tujuan dari penelitian
ini adalah untuk
menerapkan algoritma depth
first search dalam pencarian
kata yang dapat
membantu menemukan solusi
pada permainan word ladder pada
perangkat yang memiliki sistem operasi android.
1.5. Manfaat Penelitian Manfaat yang diharapkan dari penelitian ini
antara lain sebagai berikut : 1. Sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia
bagi masyarakat.
2. Membantu meningkatkan pengetahuan kosakata
bahasa Indonesia.
3. Menerapkan
ilmu pengetahuan yang
diperoleh penulis selama
masa perkuliahan.
4. Menambah wawasan pengetahuan serta pemahaman
penulis tentang algoritma depth first
search.
Skripsi Teknologi Informasi:Perancangan Permainan Word Ladder Menggunakan Algoritma Depth First Search Pada Android
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|