BAB PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Seiring perkembangan zaman,
perkembangan teknologi pun semakin pesat. Berbicara tentang
teknologi dan informasi,
komputer merupakan salah
satu bentuk teknologi yang
perkembangannya dalam hitungan
hari saja dan
merupakan suatu media elektronik yang
memegang peranan yang
sangat penting dalam
perkembangan teknologi saat ini.
Serta terus menerus mendominasi berbagai proses kerja agar dapat lebih mudah, efektif dan efisien.
Perkembangan teknologi
komputer telah banyak
membantu pekerjaan manusia. Komputerisasi adalah pemanfaatan
secara benar dan semaksimal mungkin, bukan sekedar
pengganti mesin ketik.
Hal ini harus
ditunjang oleh hardware (perangkat
keras), software (perangkat
lunak), dan brainware
(operator/pengguna).
Perkembangan teknologi komputer
juga telah merambat kedalam dunia pekerjaan.
Seiring dengan berkembangnya
teknologi informasi, memang tidak dapat kita pungkiri
hal ini memberikan
manfaat yang begitu
besar dalam banyak
aspek kehidupan, salah
satunya dalam pekerjaan
menukar uang. Dengan
hadirnya alat penukar uang ini dapat bermanfaat. Alat
penukaran uang yang bergerak dalam bidang penjualan jasa khsnya dalam membantu
menukarkan uang kertas.
Memang tidak
berlebihan jika masyarakan
kota dan
sekitarnya memberikan identitas
terhadap jasa penukaran uang ini. Identitas tersebut tidak serta merta
dapatkan begitu saja,
semua itu melalui
proses yang panjang
dengan kerja keras.
Dari uraian
di atas, penulis
tertarik untuk mengajukan
proposal tugas akhir dengan
judul “perancangan simulasi penukaran uang pecahan ”. Sistem yang akan dibuat membahas tentang menukarkan uang
pecahan.
1.2 Rumusan Masalah Dengan adanya
mesin ini pengguna
tidak hanya harus
mendatangi bank tersebut, Penukaran
uang ini pada
dasarnya adalah sebuah
mesin yg bisa
menukarkan uang kertas,
Dimana pengguna dapat
menukarkan uang tanpa
harus ke pihak
bank.
Pengguna juga
bisa melakukan penukaran
secara efisien dan
dengan mudah untuk melakukan
penukaran uang. Penggunaan mesin
ini adalah sebuah aplikasi basis data.
Dengan mengaplikasikan program
ini, maka konsumen
dapat memakai jasa penukaran
uang ini.
1.3 Batasan Masalah Berdasarkan kemampuan
penulis, keterbatasan waktu,
dan luasnya cakupan permasalahan
dalam penulisan Tugas
Akhir ini, maka penulis
membuat batasan masalah yang akan dibahas yaitu: 1. Hanya menampilkan proses transaksi penukaran
uang.
2. Proses kerja tidak secara detail hingga
kedalam mesin.
3. Penukaran jenis uang dapat di ubah.
4. Penukaran uang terdiri dari 6 jenis uang
kertas.
5. Menggunakan
: 1. Uang
kertas Rp. 1000,
Rp.2000, Rp. 5000,
Rp. 10000, Rp.20000, Rp.50000, Rp.100000.
6. Penukaran
jenis uang di acak untuk dalam satu kali proses.
1.4 Tujuan dan Manfaat Tujuan penynan
tugas akhir ini
adalah untuk merancang
suatu perangkat lunak simulasi
mesin pertukaran uang pecahan (money changing).
Manfaat dari penynan tugas akhir
ini adalah : 1. Untuk membantu pemahaman mengenai proses
kerja mesin penukaran uang.
2. Menguji
ilmu pengetahuan (teori)
dan pratikum yang
telah didapatkan pada bangku
kuliah.
1.5 Metodologi Penelitian Langkah
– langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain : 1.
Membaca dan mempelajari
buku – buku
yang berhubungan dengan
sistem operasi.
2. Mempelajari proses kerja dari mesin penukaran
uang.
3. Mempelajari teknik – teknik dasar pemrograman dengan menggunkan
bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.
4. Merancang interface untuk perangkat lunak
simulasi.
Merancang suatu
perangkat lunak simulasi
mesin penukaran uang
dengan mengunakan bahasa
pemrograman Microsoft Visual Basic 6.
5. Menguji perangkat lunak dan memperbaiki
kesalahan (error) yang muncul.
1.6 Sistematika Penulisan Agar dapat
memberikan gambaran yang
jelas pada penulisan
tugas akhir ini,
maka penulis membaginya dalam
beberapa bab sebagai berikut : Bab 1 : Pendahuluan Bab ini berisi tentang latar belakang masalah,
identifikasi masalah, batasan masalah, tujuan
dan manfaat, metologi penyelesaian, dan sistematika penulisan.
Bab 2 : Landasan Teori Bab ini
mengungkapkan tentang konsep
dasar dan teori
– teori yang
mendukung pembahasan untuk tema
penulisan yang didapatkan dari beberapa literatur.
Bab 3 : Perancangan Sistem Bab
ini membahas tentang
perancangan dan pembuatan
simulasi mesin penukaran uang dan gambaran umum rancangannya.
Bab 4 : Implementasi Sistem Bab ini membahas analisa hasil dan pembahasan
simulasi mesin penukaran otomatis yang
dirancang. Pembuatan program
yang diajukan, tampilan
dari program dan pengujian
mesin tersebut.
Bab 5 : Kesimpulan dan Saran Bab ini berisi kesimpulan dan saran dari bab –
bab yang ada dalam tugas akhir ini.
Skripsi Teknologi Informasi:Perancangan Simulasi Penukaran Uang Pecahan
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|