Skripsi Teknologi Informasi:Perancangan Simulasi Penukaran Uang Pecahan


BAB  PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi pun semakin pesat. Berbicara  tentang  teknologi  dan  informasi,  komputer  merupakan  salah  satu  bentuk  teknologi  yang  perkembangannya  dalam  hitungan  hari  saja  dan  merupakan  suatu  media  elektronik  yang  memegang  peranan  yang  sangat  penting  dalam  perkembangan  teknologi saat ini. Serta terus menerus mendominasi berbagai proses kerja agar dapat  lebih mudah, efektif dan efisien.
Perkembangan  teknologi  komputer  telah  banyak  membantu  pekerjaan  manusia. Komputerisasi adalah pemanfaatan secara benar dan semaksimal mungkin,  bukan  sekedar  pengganti  mesin  ketik.  Hal  ini  harus  ditunjang  oleh  hardware  (perangkat  keras),  software  (perangkat  lunak),  dan  brainware  (operator/pengguna).
Perkembangan teknologi komputer juga telah merambat kedalam dunia pekerjaan.
Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, memang tidak dapat kita  pungkiri  hal  ini  memberikan  manfaat  yang  begitu  besar  dalam  banyak  aspek    kehidupan,  salah  satunya  dalam  pekerjaan  menukar  uang.  Dengan  hadirnya  alat  penukar uang ini dapat bermanfaat. Alat penukaran uang yang bergerak dalam bidang  penjualan jasa khsnya dalam membantu menukarkan uang kertas.

Memang  tidak  berlebihan  jika  masyarakan  kota    dan  sekitarnya  memberikan identitas terhadap jasa penukaran uang ini. Identitas tersebut tidak serta  merta  dapatkan  begitu  saja,  semua  itu  melalui  proses  yang  panjang  dengan  kerja  keras.
Dari  uraian  di  atas,  penulis  tertarik  untuk  mengajukan  proposal  tugas  akhir  dengan judul “perancangan simulasi penukaran uang pecahan ”. Sistem yang akan  dibuat membahas tentang menukarkan uang pecahan.
1.2  Rumusan Masalah Dengan  adanya  mesin  ini  pengguna  tidak  hanya  harus  mendatangi  bank  tersebut,  Penukaran  uang  ini  pada  dasarnya  adalah  sebuah  mesin  yg  bisa  menukarkan  uang  kertas,  Dimana  pengguna  dapat  menukarkan  uang  tanpa  harus  ke  pihak  bank.
Pengguna  juga  bisa  melakukan  penukaran  secara  efisien  dan  dengan  mudah  untuk  melakukan penukaran uang.  Penggunaan  mesin  ini adalah sebuah aplikasi basis data.
Dengan  mengaplikasikan  program  ini,  maka  konsumen  dapat  memakai  jasa  penukaran uang ini.
  1.3  Batasan Masalah Berdasarkan  kemampuan  penulis,  keterbatasan  waktu,  dan  luasnya  cakupan  permasalahan  dalam  penulisan  Tugas  Akhir  ini,  maka  penulis  membuat  batasan  masalah yang akan dibahas yaitu: 1.  Hanya menampilkan proses transaksi penukaran uang.
2.  Proses kerja tidak secara detail hingga kedalam mesin.
3.  Penukaran jenis uang dapat di ubah.
4.  Penukaran uang terdiri dari 6 jenis uang kertas.
5.  Menggunakan  :  1.  Uang  kertas  Rp.  1000,  Rp.2000,  Rp.  5000,  Rp.  10000,  Rp.20000, Rp.50000, Rp.100000.
6.  Penukaran  jenis uang di acak untuk dalam satu kali proses.
1.4  Tujuan dan Manfaat Tujuan  penynan  tugas  akhir  ini  adalah  untuk  merancang  suatu  perangkat  lunak  simulasi mesin pertukaran uang pecahan (money changing).
Manfaat dari penynan tugas akhir ini adalah :  1.  Untuk membantu pemahaman mengenai proses kerja mesin penukaran uang.
2.  Menguji  ilmu  pengetahuan  (teori)  dan  pratikum  yang  telah  didapatkan  pada  bangku kuliah.
  1.5  Metodologi Penelitian Langkah – langkah pembuatan perangkat lunak ini antara lain :  1.  Membaca  dan  mempelajari  buku  –  buku  yang  berhubungan  dengan  sistem  operasi.
2.  Mempelajari proses kerja dari mesin penukaran uang.
3.  Mempelajari teknik –  teknik dasar pemrograman dengan menggunkan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.
4.  Merancang interface untuk perangkat lunak simulasi.
Merancang  suatu  perangkat  lunak  simulasi  mesin  penukaran  uang  dengan  mengunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.
5.  Menguji perangkat lunak dan memperbaiki kesalahan (error) yang muncul.
1.6  Sistematika Penulisan Agar  dapat  memberikan  gambaran  yang  jelas  pada  penulisan  tugas  akhir  ini,  maka  penulis membaginya dalam beberapa bab sebagai berikut : Bab 1 : Pendahuluan  Bab ini berisi tentang latar belakang masalah, identifikasi masalah, batasan masalah,  tujuan dan manfaat, metologi penyelesaian, dan sistematika penulisan.
  Bab 2 : Landasan Teori  Bab  ini  mengungkapkan  tentang  konsep  dasar  dan  teori  –  teori  yang  mendukung  pembahasan untuk tema penulisan yang didapatkan dari beberapa literatur.
Bab 3 : Perancangan Sistem  Bab  ini  membahas  tentang  perancangan  dan  pembuatan  simulasi  mesin  penukaran  uang dan gambaran umum rancangannya.
Bab 4 : Implementasi Sistem  Bab ini membahas analisa hasil dan pembahasan simulasi mesin  penukaran  otomatis  yang  dirancang.  Pembuatan  program  yang  diajukan,  tampilan  dari  program  dan  pengujian mesin tersebut.
Bab 5 : Kesimpulan dan Saran  Bab ini berisi kesimpulan dan saran dari bab – bab yang ada dalam tugas akhir ini.


Skripsi Teknologi Informasi:Perancangan Simulasi Penukaran Uang Pecahan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads