Skripsi Teknologi Informasi:Animasi Terpecahnya Benua Di Dunia Dan Animasi Proses Meletusnya Gunung Krakatau Menggunakan Macromedia Flash 8


BAB  PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang  Dewasa ini banyak orang-orang yang lupa akan sejarah. Namun ada juga yang ingin tahu  tentang bagaimana sejarah dari proses terpecahnya benua yang ada di dunia ini serta  bagaimana proses meletusnya gunung Krakatau pada tahun 1883 silam. Pada masa lalu  dunia mengalami banyak sekali bencana dan salah satunya yaitu meletusnya gunung  Krakatau yang mengakibatkan berubahnya iklim di dunia selama hampir 5 tahun. Sejarah  tentang bagaimana terpecahnya benua dan proses meletusnya gunung Krakatau ini sangat  bermanfaat untuk kalangan pelajar khsnya tingkat TK - SD. Maka dari itu penulis  ingin membuat animasi ini agar para pelajar khsnya dapat mengetahui tentang sejarah  yang ada di bumi tercinta ini.
Untuk itu diperlukan sebuah perangkat lunak sebagai penunjang media  pembelajaran tersebut, salah satunya adalah “Komputer”. Komputer memiliki  kemampuan untuk bisa mengasumsikan materi-materi yang ada tentang terpecahnya  benua-benua di dunia dan proses meletusnya gunung Krakatau. Dengan kemampuan  komputer seperti membentuk suatua animasi serta desain dinamis dan di dukung dengan  beberapa software seperti Macromedia Flash 8.0 sebagai pengolah gambar untuk  merancang media yang akan menerangkan terpecahnya benua di dunia dan proses  meletusnya gunung Krakatau.

 1.2  Rumusan Masalah  Rumusan masalah dalam perancangan ini adalah: 1.  Bagaimana benua dapat terbagi? 2.  Bagaimana proses meletusnya gunung Krakatau pada tahun 1883 silam?  1.3 Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari media pembelajaran tentang terpecahnya benua-benua di dunia dan  meletusnya gunung Krakatau adalah sebagai berikut:  1.  Membuat rancang bangun Media Pembelajaran proses terpecahnya benua di dunia  serta meletusnya gunung Krakatau 2.  Mengimplementasikan Media Pembelajaran proses terpecahnya benua di dunia  serta meletusnya gunung Krakatau 1.4  Batasan Masalah  1.  Menampilkan proses dari terpecahnya benua di dunia dan bagaimana proses  gunung Krakatau meletus.
2.  Sebagai bahanajar bagi guru untuk tingkat TK – SD.
3.  Proses pembuatan animasi ini menggunakanMacromedia Flash 8.0.
 1.5. Metodologi Penelitian  Penelitian ini akan dilakukan oleh penulis dengan mengikuti beberapa langkah yang akan  dilakukan yaitu:  1.  Pengumpulan data-data pendukung  Pengumpulan data dalam penelitian penulis lakukan dengan mencari data-data  yang valid.
2.  Membuat Rancangan Aplikasi  Proses pembuatan ini meliputi pembuatan rancangan aplikasi dan pembuatan  user interface aplikasi.
3.  Pengujian Aplikasi  Menguji apakah aplikasi yang telah dibuat telah berhasil berjalan sesuai  dengan keinginan dan melakukan perbaikan kesalahan jika masih terdapat  errorpada aplikasi.
4. Implementasi Aplikasi Penerapan aplikasi yang dirancang setelah melalui tahap pengujian dan telah  berjalan dengan baik.
5.  Penynan dan pengadaan laporan  Tahap akhir dari penelitian yang dilakukan, yaitu membuat laporan tentang  penelitian yang telah dilakukan.
 1.6. Tinjauan Pustaka  Laporan tugas akhir yang baik memiliki referensi yang cukup. Oleh karena itu, penulis  mengumpulkan referensi yang memberikan informasi yang berhubungan dengan  penelitian penulis. Bahan bacaan yang dipergunakan tersebut diperoleh dari perpustakaan  universitas, koleksi milik sendiri dan pinjaman dari teman-teman penulis.
Sebagai salah satu referensi penulis dalam melakukkan penelitian adalah buku  tentang Macromedia Flash 8.0 sebagai sumber yang bertujuan untuk memudahkan  penulis untuk membuat rancangan animasi mengenai meletusnya gunung Krakatau dan  proses terpecahnya benua di dunia.
1.7. Sistematika Penulisan  Pada penulisan tugas akhir, penulis menguraikan menjadi 5 bab, yaitu:  BAB 1 PENDAHULUAN Pada bab ini berisikan latar belakang, rumusan masalah, batasan, tujuan penelitian,  metodologi penelitian, tinjauan pustaka dan sistematika penulisan.
BAB 2 LANDASAN TEORI Pada bab ini penulis akan menguraikan tentang penjelasan dari Macromedia Flash 8.0  yang di gunakan penulis dalam membuat animasi.
BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM  Pada bab ini penulis menguraikan tentang  analisis dan  rancangan sistem yang akan  dibuat, pengertian dari perancangan aplikasi.
BAB 4 IMPLEMENTASI SISTEM Pada bab ini penulis menguraikan tentang implementasi, pengertian, tahap-tahap  implementasi sistem dan kebutuhan sistem.
BAB 5 KESIMPULAN  DAN SARAN Pada bab ini merupakan kesimpulan dan saran  BAB    


Skripsi Teknologi Informasi:Animasi Terpecahnya Benua Di Dunia Dan Animasi Proses Meletusnya Gunung Krakatau Menggunakan Macromedia Flash 8
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads