BAB PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang Dewasa ini banyak orang-orang yang lupa akan
sejarah. Namun ada juga yang ingin tahu tentang
bagaimana sejarah dari proses terpecahnya benua yang ada di dunia ini serta bagaimana proses meletusnya gunung Krakatau
pada tahun 1883 silam. Pada masa lalu dunia
mengalami banyak sekali bencana dan salah satunya yaitu meletusnya gunung Krakatau yang mengakibatkan berubahnya iklim
di dunia selama hampir 5 tahun. Sejarah tentang
bagaimana terpecahnya benua dan proses meletusnya gunung Krakatau ini sangat bermanfaat untuk kalangan pelajar khsnya
tingkat TK - SD. Maka dari itu penulis ingin
membuat animasi ini agar para pelajar khsnya dapat mengetahui tentang sejarah yang ada di bumi tercinta ini.
Untuk itu diperlukan sebuah
perangkat lunak sebagai penunjang media pembelajaran
tersebut, salah satunya adalah “Komputer”. Komputer memiliki kemampuan untuk bisa mengasumsikan
materi-materi yang ada tentang terpecahnya benua-benua di dunia dan proses meletusnya
gunung Krakatau. Dengan kemampuan komputer
seperti membentuk suatua animasi serta desain dinamis dan di dukung dengan beberapa software seperti Macromedia Flash 8.0
sebagai pengolah gambar untuk merancang
media yang akan menerangkan terpecahnya benua di dunia dan proses meletusnya gunung Krakatau.
1.2
Rumusan Masalah Rumusan masalah
dalam perancangan ini adalah: 1.
Bagaimana benua dapat terbagi? 2.
Bagaimana proses meletusnya gunung Krakatau pada tahun 1883 silam? 1.3 Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari media
pembelajaran tentang terpecahnya benua-benua di dunia dan meletusnya gunung Krakatau adalah sebagai
berikut: 1. Membuat rancang bangun Media Pembelajaran
proses terpecahnya benua di dunia serta
meletusnya gunung Krakatau 2.
Mengimplementasikan Media Pembelajaran proses terpecahnya benua di dunia
serta meletusnya gunung Krakatau 1.4 Batasan Masalah 1.
Menampilkan proses dari terpecahnya benua di dunia dan bagaimana proses gunung Krakatau meletus.
2. Sebagai bahanajar bagi guru untuk tingkat TK
– SD.
3. Proses pembuatan animasi ini
menggunakanMacromedia Flash 8.0.
1.5. Metodologi Penelitian Penelitian ini akan dilakukan oleh penulis
dengan mengikuti beberapa langkah yang akan dilakukan yaitu: 1.
Pengumpulan data-data pendukung Pengumpulan
data dalam penelitian penulis lakukan dengan mencari data-data yang valid.
2. Membuat Rancangan Aplikasi Proses pembuatan ini meliputi pembuatan
rancangan aplikasi dan pembuatan user
interface aplikasi.
3. Pengujian Aplikasi Menguji apakah aplikasi yang telah dibuat
telah berhasil berjalan sesuai dengan
keinginan dan melakukan perbaikan kesalahan jika masih terdapat errorpada aplikasi.
4. Implementasi Aplikasi Penerapan
aplikasi yang dirancang setelah melalui tahap pengujian dan telah berjalan dengan baik.
5. Penynan dan pengadaan laporan Tahap akhir dari penelitian yang dilakukan,
yaitu membuat laporan tentang penelitian
yang telah dilakukan.
1.6. Tinjauan Pustaka Laporan tugas akhir yang baik memiliki
referensi yang cukup. Oleh karena itu, penulis mengumpulkan referensi yang memberikan
informasi yang berhubungan dengan penelitian
penulis. Bahan bacaan yang dipergunakan tersebut diperoleh dari perpustakaan universitas, koleksi milik sendiri dan
pinjaman dari teman-teman penulis.
Sebagai salah satu referensi
penulis dalam melakukkan penelitian adalah buku tentang Macromedia Flash 8.0 sebagai sumber
yang bertujuan untuk memudahkan penulis
untuk membuat rancangan animasi mengenai meletusnya gunung Krakatau dan proses terpecahnya benua di dunia.
1.7. Sistematika Penulisan Pada penulisan tugas akhir, penulis
menguraikan menjadi 5 bab, yaitu: BAB 1
PENDAHULUAN Pada bab ini berisikan latar belakang, rumusan masalah, batasan,
tujuan penelitian, metodologi
penelitian, tinjauan pustaka dan sistematika penulisan.
BAB 2 LANDASAN TEORI Pada bab ini
penulis akan menguraikan tentang penjelasan dari Macromedia Flash 8.0 yang di gunakan penulis dalam membuat animasi.
BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN
SISTEM Pada bab ini penulis menguraikan
tentang analisis dan rancangan sistem yang akan dibuat, pengertian dari perancangan aplikasi.
BAB 4 IMPLEMENTASI SISTEM Pada
bab ini penulis menguraikan tentang implementasi, pengertian, tahap-tahap implementasi sistem dan kebutuhan sistem.
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN Pada bab ini merupakan kesimpulan
dan saran BAB
Skripsi Teknologi Informasi:Animasi Terpecahnya Benua Di Dunia Dan Animasi Proses Meletusnya Gunung Krakatau Menggunakan Macromedia Flash 8
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|