Skripsi Teknologi Informasi:Perancangan Aplikasi Pembelajaran Mad dalam Al-Qur'an Berbasis Android

BAB 1  PENDAHULUAN  
1.1. Latar Belakang  Teknologi  yang  terus  berkembang  membuat  manusia  semakin  membutuhkan  kecanggihan-kecanggihan  teknologi  tersebut  dan  membuat  manusia  seakan  tidak  terpisah  oleh  jarak,  ruang  dan  waktu.  Teknologi-teknologi  yang  muncul  terkadang  dapat  menjadi  alat  bantu  menjalankan  berbagai  aktivitas  mereka  sehingga  membuat  teknologi tersebut menjadi kebutuhan primer.
 Terkadang  hal  yang  tidak  menjadi  prioritas  namun  keharusan  bagi  seorang  muslim  telah  terabaikan  dikarenakan  memiliki  kegiatan  yang  cukup  banyak  bagi  setiap  orang.  Salah  satunya  adalah  tata  cara  membaca  Al-Quran  dengan  melihat  ukuran  panjang  pendek  surat-surat  yang  terkandung  dalam  Al-Quran.  Mungkin  sebagian orang membaca sesuai dengan panjang pendek yang berlaku dari surat-surat  yang terkandung dalam Al-Quran. Namun, yang tepat dengan kesempurnaan  harakat dari ayat-ayat tersebut hanya beberapa orang saja yang tepat melakukannya, padahal  kita  dianjurkan  membaca  Al-Quran  perlahan-lahan  memperhatikan  panjang  pendeknya ayat atau yang disebut secara  tartil. Salah satu faktor penyebabnya adalah  terbatasnya waktu untuk belajar lebih mendetail.

 Mad adalah  salah  satu  Ilmu  Tajwid.  Asya’ari  menjelaskan  pengertian  Ilmu  Tajwid yaitu sebagai ilmu yang digunakan untuk mengetahui bagaimana sebenarnya  membunyikan  huruf-huruf  dengan  benar,  baik  huruf  yang  berdiri  sendiri  maupun  huruf yang dirangkai (Soenarto, 1988). Menurut bahasa,  madadalah bacaan panjang  pendeknya harakatkarena terdapatnya huruf mad. Adapun huruf madyaitu: ي, و, ا.
 Universitas Sumatera Utara  Metode  An-Nadhliyah adalah  salah  satu  metode  pembelajaran  membaca  AlQuran  yang lebih menekankan kesesuaian ketukan atau lebih tepatnya pembelajaran  AL-Quran pada metode ini lebih menekankan pada kode ketukan atau kesempurnaan  harakat (Ni’mah, 2011).
 Dengan  melihat  aktivitas  yang  cukup  banyak,  orang-orang  lebih  memilih  belajar  secara  mandiri.  Pembelajaran  melalui  E-Learning atau  M-Learning adalah  solusi  belajar  mandiri  yang  lumayan  efektif.  Pembelajaran  tersebut  dapat  berperan  sebagai seorang guru maya. Strategi ini ditempuh dengan tujuan lebih mampu menarik  minat pengguna karena tidak mengenal tempat dan waktu, sehingga bisa dimana dan  kapanpun.
 Dari  pandangan  di  atas,  maka  penelitian  ini  difokuskan  untuk  merancang  sebuah aplikasi Al-Quran yang didalamnya menjelaskan pembelajaran tajwid khusus  mad.  Android  merupakan  open  source  platform untuk  perangkat  mobile (Gargenta,  2011).  Aplikasi  ini  akan  dirancang  menggunakan  teknik  representasi  pengetahuan  rule-based knowledgeyang biasa digunakan dalam suatu pengembangan sistem pakar.
 Representasi  pengetahuan  merupakan  metode  untuk  mengkodekan  pengetahuan  dalam  sebuah  sistem  pakar  yang  berbasis  pengetahuan.  Dengan  menggunakan teknik rule-based knowledge  berarti adanya fakta dan aturan yang akan  digunakan.
 Penelitian  sebelumnya  mengenai  pembelajaran  tajwid  berbasis  Android  ini  yaitu  Aplikasi  Pembelajaran  Ilmu  Tajwid  Menggunakan  Metode  Hidayatus  Shibyan Guna Membantu Mempermudah Dalam Membaca Al-Quran Berbasis Android Mobile 2.2 Froyo (Prayogo, 2012). Implementasi  E-learningProgram Aplikasi Ilmu Tajwid  Pada  Sistem  Operasi  Android  Versi  2.2  (Rifa’i,  2012).  Teknik  Representasi  Pengetahuan  Rule-Based  Knowledge Dalam  Mendeteksi  Kerusakan  Handphone (Mahdi,  2010).  Pembuatan  Sistem  Pakar  Untuk  Pendeteksian  Dan  Penanganan  Dini  Pada  Penyakit  Sapi  Berbasis  Mobile Android  Dengan  Kajian  Kinerja  Teknik  KnowledgeRepresentasi (Wahyu et, all, 2012).
 Universitas Sumatera Utara  1.2.Rumusan Masalah  Adapun  rumusan  masalah  yang  akan  dibahas  adalah  diperlukannya  satu  teknik  atau  pendekatan baru untuk membantu mengetahui kesempurnaan harakatdalam membaca  Al-Quran.
 1.3.Batasan Masalah  Adapun batasan masalah yang akan dibahas adalah:  1.  Aplikasi  yang  dibuat  menggunakan  perangakat  Android  Mobile versi  3.0  Honeycomb  dan  bisa  di  atas  versi  3.0.  Software pendukung  perangkat  ini  adalahEclipse.
 2.  Dalam penelitian ini, hanya dibuat pada surat-surat pendek dalam  juz amma.
 Dan hanya diambil penggalan perayat.
 3.  Pembelajaran  tajwid  yang  tercantum  dalam  Al-Quran  hanya  fokus  pembelajaran mad.
 4.  Pembelajaran madyang digunakan hanya harakat  madyang dapat dibaca oleh  character unicode.
 5.  Dengan menggunakan teknik representasi rule-based knowledge.
 6.  Outputsuara yang keluar diambil dari rekaman suara ustadz Abu Usamah.
 1.4.  Tujuan Penelitian  Adapun  tujuan  dari  penelitian  ini  yaitu  untuk  memudahkan  seseorang  mengetahui  kesempurnaan panjang pendeknya harakat secara tepat dalam membaca Al-Quran.
 1.5.  Manfaat Penelitian  Adapun manfaat dari penelitian ini adalah:  1.  Lebih melatih dan membiasakan kita membaca sesuai kesempurnaan  harakat yang ada dari surat-surat yang terdapat dalam Al-Quran.
 Universitas Sumatera Utara  2.  Memudahkan  bagi  orang-orang  yang  memiliki  keterbatasan  waktu  untuk  belajar  secara  mandiri  tentang  pembelajaran  tajwid  yang  khusus  terhadap  pembelajaran mad.
 3.  Dapat  lebih  memahami  teknik  representasi  rule-based  knowledge yang  digunakan dalam penelitian ini.

 1.6.Metodologi Penelitian  Adapun metodologi yang digunakan peneliti yaitu:  1.  Studi Literatur  Pada  tahap  ini,  peneliti  mencari  metode  pengajaran  yang  berbeda  dari  sebelumnya.  Mempelajari  kembali  apa  yang  kurang  dipahami  dengan  referensi-referensi,  buku-buku,  ataupun  via  internet  dan  dengan  orang  yang  memahami benar pembelajaran madtersebut.

Skripsi Teknologi Informasi:Perancangan Aplikasi Pembelajaran Mad dalam Al-Qur'an Berbasis Android
Download lengkap Versi PDF