BAB PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Game
pembelajaran sangat menarik
untuk dikembangkan. Ada
beberapa kelebihan dari game pembelajaran
dibandingkan dengan metode
pembelajaran konvensional. Salah
satu kelebihan utama
game pembelajaran adalah
pada visualisasi dari
permasalahan nyata.
Sehingga dapat
menunjang proses pembelajaran
konvensional. Salah satu
keunggulan nya adalah adanya animasi yang membuat game
menjadi lebih menarik. Hal ini tentu saja akan membuat
anak senang dan
termotivasi bermain sehingga
pembelajaran yang ada
di game dapat
diterima oleh anak
dalam waktu yang
lebih lama dibandingkan
dengan metode pengajaran konvensional.
Secara umum,
game pembelajaran telah
banyak dikembangkan, sebagai
contoh banyak mahasiswa
Universitas Sumatera Utara
memilih merancang game
pembelajaran sebagai tugas akhir
ataupun skripsi mereka. sayangnya, kebanyakan game dirancang tidak orisinil. Sebagian besar gambar yang ada pada
game diambil dari internet. Hal ini tentunya membatasi
kreatifitas untuk menciptakan
game pembelajaran yang
menarik. Kurang nya kreatifitas
tentu akan menghasilkan game ang tidak menarik. Jika game yang ditunjukkan pada siswa playgroup tidak mendidik dan
menarik , para siswa pasti akan mudah bosan dan
tidak mendapat ilmu
dari game ini,
ini sangat disayangkan
karena manfaat pembelajaran
yang ada menjadi
sia-sia. Jadi, gameyang
dirancang tidak berguna
karena tujuan pembuatan tidak
tercapai.
Membuat game
untuk siswa playgroup
haruslah mendidik, memiliki
system pembelajaran yang
mudah dimengerti, untuk
itulah kreatifitas yang
tinggi diperlukan dalam membuat game seperti ini. Adobe flash
menjadi tempat yang tepat bagi programmer dalam menciptakan
gambar digital orisinil.
Pen tool dan pencil
tool pada adobe flash memberikan kebebasan
dalam membuat gambar.
Jadi programmer dapat
menkreasikan gambar-gambar
menarik dalam membuat game.
Berdasarkan masalah diatas, penulis ingin
membuat game pembelajaran yang ditulis dalam
bentuk tugas akhir berjudul “Perancangan Game Pembelajaran Huruf –Angka pada Playgroup Berbasis Multimedia”.
1.2 Rumusan Masalah Permasalahan
yang dicoba untuk
diselesaikan dalam tulisan
ini adalah bagaimana membangun game pembelajaran yang mendidik dan
dapat memberikan ketertarikan pada siswa
playgroup untuk memainkan sehingga dapat melatih daya ingat siswa.
1.3 Tujuan Penelitian Pennelitian
bertujuan untuk membuat
game pembelajaran yang
menarik dengan menggunakan
Adobe flash CS3
Professional yang dapat
diimplementasikan di lingkungan umum guna mencapai tujuan untuk mencapai
tujuan yang sudah disebutkan di latar bela 1.4
Manfaat Penelitian Adapunmanfaat
dari sistem informasi ini adalah: a. Manfaat Teoritis Secara Teoritis,
Penelitian ini diharapkan
dapat mempunyai manfaat
terutama dalam bidang
pendidikan, serta dapat
membuktikan kebenaran teori
tentang manfaat media pembelajaran yang
di kemukakan oleh
(Azhar Arsyad, 2002:26)
yang menyatakan bahwa
manfaat praktis dari
media pembelajaran dalam
proses belajar salah
satunya adalah media pembelajaran
dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga dapat memperlancar dan meningkatkan hasil
belajar.
b. Bagi Siswa playgroup Siswa dapat melakukan
proses belajar sambil bermain game. Siswa akan dilatih daya ingatnya sambil mengenal huruf dan angka.
Melalui game ini anak juga dapat di didik oleh guru dalam belajar dan bermain..
c. Bagi orang tua Dengan penelitian
ini diharapkan orangtua
dapat menambah pengetahuan
tentang media pembelajaran
berbasis game atau
multimedia yang dapat
dijadikan referensi sebagai media pembelajaran untuk anak. Juga,
menciptakan aktivitas bermain orangtua dan
anak yang edukatif.
1.5 Sistematika Penulisan Adapunsistematika penulisanlaporanTugas ini
adalahsebagai berikut : BAB 1:
PENDAHULUAN Dalam bab ini
penulis menguraikan Latar
Belakang, Rumusan Masalah,
Maksud Dan Tujuan Penelitian, Batasan Masalah, Metode Penelitian dan Sistematika Penulisan.
BAB 2: LANDASAN TEORI Menguraikan landasan
teori yang membahas
masalah secara teoritis
yaitu teori-teori yang berkaitan
dengan menciptakan aktivitas bermain orangtua dengan anak yang edukatif serta penjelasan
mengenai perangkat lunak yang digunakan
dalam pembuatan game ini yaitu Adobe flash CS3 professional.
BAB 3: PERANCANGANSISTEM Menguraikan
analisis system yang berjalan serta perancangan system yang akan dibangun.
BAB 4: IMPLEMENTASI SISTEM Menguraikan
hasil tampilan dari game yang dirancang.
BAB 5: KESIMPULAN DANSARAN Menguraikan
tentang kesimpulan dan saran-saran dari hasil akhir pembuatan game serta pemecahan masalah untuk
kesempurnaan game.
Skripsi Teknologi Informasi:Perancangan Game Pembelajaran Huruf Angka pada Playgroup Berbasis Multimedia
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|