Skripsi Teknologi Informasi:Perancangan Game Pembelajaran Huruf Angka pada Playgroup Berbasis Multimedia


BAB  PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang  Game  pembelajaran  sangat  menarik  untuk  dikembangkan.  Ada  beberapa  kelebihan  dari  game  pembelajaran  dibandingkan  dengan  metode  pembelajaran  konvensional.  Salah  satu  kelebihan  utama  game  pembelajaran  adalah  pada  visualisasi  dari  permasalahan  nyata.
Sehingga  dapat  menunjang  proses  pembelajaran  konvensional.  Salah  satu  keunggulan  nya  adalah adanya animasi yang membuat game menjadi lebih menarik. Hal ini tentu saja akan  membuat  anak  senang  dan  termotivasi  bermain  sehingga  pembelajaran  yang  ada  di  game  dapat  diterima  oleh  anak  dalam  waktu  yang  lebih  lama  dibandingkan  dengan  metode  pengajaran konvensional.
Secara  umum,  game  pembelajaran  telah  banyak  dikembangkan,  sebagai  contoh  banyak  mahasiswa  Universitas  Sumatera  Utara  memilih  merancang  game  pembelajaran  sebagai tugas akhir ataupun skripsi mereka. sayangnya, kebanyakan game dirancang tidak  orisinil. Sebagian besar gambar yang ada pada game diambil dari internet. Hal ini tentunya  membatasi  kreatifitas  untuk  menciptakan  game  pembelajaran  yang  menarik.  Kurang  nya  kreatifitas tentu akan menghasilkan game ang tidak menarik. Jika game yang ditunjukkan  pada siswa playgroup tidak mendidik dan menarik , para siswa pasti akan mudah bosan  dan  tidak  mendapat  ilmu  dari  game  ini,  ini  sangat  disayangkan  karena  manfaat   pembelajaran  yang  ada  menjadi  sia-sia.  Jadi,  gameyang  dirancang  tidak  berguna  karena  tujuan pembuatan tidak tercapai.

Membuat  game  untuk  siswa  playgroup  haruslah  mendidik,  memiliki  system  pembelajaran  yang  mudah  dimengerti,  untuk  itulah  kreatifitas  yang  tinggi  diperlukan  dalam membuat game seperti ini. Adobe flash menjadi tempat yang tepat bagi programmer  dalam  menciptakan  gambar  digital  orisinil.  Pen  tool dan  pencil  tool pada  adobe  flash  memberikan  kebebasan  dalam  membuat  gambar.  Jadi  programmer  dapat  menkreasikan  gambar-gambar menarik dalam membuat game.
 Berdasarkan masalah diatas, penulis ingin membuat game pembelajaran yang ditulis  dalam bentuk tugas akhir berjudul “Perancangan Game Pembelajaran Huruf  –Angka  pada Playgroup Berbasis Multimedia”.
1.2  Rumusan Masalah  Permasalahan  yang  dicoba  untuk  diselesaikan  dalam  tulisan  ini  adalah  bagaimana  membangun game pembelajaran yang mendidik dan dapat memberikan ketertarikan pada  siswa playgroup untuk memainkan sehingga dapat melatih daya ingat siswa.
1.3  Tujuan Penelitian  Pennelitian  bertujuan  untuk   membuat  game  pembelajaran  yang  menarik  dengan  menggunakan  Adobe  flash  CS3  Professional  yang  dapat  diimplementasikan  di  lingkungan  umum guna mencapai tujuan untuk mencapai tujuan yang sudah disebutkan di latar bela  1.4  Manfaat Penelitian  Adapunmanfaat dari sistem informasi ini adalah:   a.  Manfaat Teoritis Secara  Teoritis,  Penelitian  ini  diharapkan  dapat  mempunyai  manfaat  terutama  dalam  bidang  pendidikan,  serta  dapat  membuktikan  kebenaran  teori  tentang  manfaat  media  pembelajaran  yang  di  kemukakan  oleh  (Azhar  Arsyad,  2002:26)  yang  menyatakan  bahwa  manfaat  praktis  dari  media  pembelajaran  dalam  proses  belajar  salah  satunya  adalah media pembelajaran dapat memperjelas penyajian pesan dan informasi sehingga  dapat memperlancar dan meningkatkan hasil belajar.
b.  Bagi Siswa playgroup Siswa dapat melakukan proses belajar sambil bermain game. Siswa akan dilatih daya  ingatnya sambil mengenal huruf dan angka. Melalui game ini anak juga dapat di didik  oleh guru dalam belajar dan bermain..
c.  Bagi orang tua Dengan  penelitian  ini  diharapkan  orangtua  dapat  menambah  pengetahuan  tentang  media  pembelajaran  berbasis  game  atau  multimedia  yang  dapat  dijadikan  referensi  sebagai media pembelajaran untuk anak. Juga, menciptakan aktivitas bermain orangtua  dan anak yang edukatif.
1.5  Sistematika Penulisan  Adapunsistematika penulisanlaporanTugas ini adalahsebagai berikut :  BAB 1: PENDAHULUAN Dalam   bab   ini  penulis   menguraikan   Latar   Belakang,   Rumusan  Masalah,  Maksud  Dan   Tujuan Penelitian, Batasan Masalah, Metode  Penelitian dan Sistematika Penulisan.
 BAB 2: LANDASAN TEORI Menguraikan  landasan  teori  yang  membahas  masalah  secara  teoritis  yaitu  teori-teori yang berkaitan dengan menciptakan aktivitas bermain orangtua  dengan anak yang edukatif serta penjelasan mengenai perangkat lunak yang  digunakan dalam pembuatan game ini yaitu Adobe flash CS3 professional.
BAB 3: PERANCANGANSISTEM Menguraikan analisis system yang berjalan serta perancangan system yang  akan dibangun.
BAB 4: IMPLEMENTASI SISTEM Menguraikan hasil tampilan dari game yang dirancang.
BAB 5: KESIMPULAN DANSARAN Menguraikan tentang kesimpulan dan saran-saran dari hasil akhir pembuatan  game serta pemecahan masalah untuk kesempurnaan game.


Skripsi Teknologi Informasi:Perancangan Game Pembelajaran Huruf Angka pada Playgroup Berbasis Multimedia
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads