Skripsi Teknologi Informasi:Sistem Penjualan Produk Handmade Berbasis Ecommerce

BAB1  PENDAHULUAN  
1.1 Latar Belakang  Pada  zaman  sekarang  ini,  perkembangan  dan  pengaruh  teknologi  informasi  di  Indonesia  semakin  canggih.  Terutama  dalam  bidang  dunia  internet  yang  terus  berkembang  dengan  pesat  yang  berpengaruh  pada  dunia  perdagangan.  Menurut  Sutarman  (2007)  Internet  berasal  dari  kata interconnection  networking  yang  mempunyai  arti  hubungan  berbagai  komputer  dan berbagai  tipe  komputer  yang  membentuk  sistem  jaringan  yang  mencakup  seluruh  dunia  (jaringan  global)  dengan melalui jaringan telekomunikasi seperti, wireless dan lainnya.
 Perdagangan  sebenarnya  merupakan  kegiatan  yang  dilakukan  manusia  sejak awal peradabannya. Sejalan dengan perkembangan manusia, cara dan sarana  yang digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru  yang kian memudahkan penggunanya kini ialah e-commerce(Ronni Purba, 2010).

Deris (2002) menyatakan bahwa komputer bisa digunakan sebagai sarana bisnis  online.Salah satunya adalah dengan memanfaatkan  sistem  informasi berbasis ecommerce.
 Dengan  digunakannya e-commerce dalam  perdagangan  bahan  kerajinan  misalnya penjualan handmade(kerajinan tangan) dapat meningkatkan keuntungan  selain  melakukan  perdagangan  secara  manual.  Dengan  adanya  sistem  ecommerce, proses penjualan handmademenjadi lebih mudah dan cepat, sehingga  orang  yang  akan  melakukan  transaksi  dapat  lebih  nyaman  dan  tidak  perlu  ketempat  yang  jauh  hanya  untuk  membeli  kerajinan  tangan   yang  diinginkan  (Deris, 2002).
 Oleh  karena  itu,  dengan  argumentasi  latar  belakang  inilah  penulis  mengambil  judul  “Sistem  Penjualan  Produk Handmade Berbasis Ecommerce”  (Kerajinan tangan yang membuat segala jenis, tas, sandal, bantal, boneka).
1.2 Identifikasi Masalah  Berdasarkan  latar belakang di atas  ada beberapa masalah  yang melatarbelakangi  pembuatan aplikasi ini, diantaranya :  a.  Masih banyak perusahaan melakukan perdagangan secara manual.
b.  Membuat  pelanggan  merasa  nyaman  dan  percaya  dalam  melakukan  transaksi pembelian secara online.
1.3 Batasan Masalah  Dalam merancang Sistem Penjualan ini terdapat beberapa batasan yaitu :  a.  Aplikasi  Sistem  ini  merupakan  aplikasi  yang  cukup  sederhana,  sehingga  tidak terlalu banyak fitur di dalamnya.
b.  Aplikasi ini hanya mengatur penjualan handmadesaja.
1.4 Rumusan Masalah  Berdasarkan  uraian  di  atas,  maka  yang  akan  menjadi  masalah  adalah  sebagai  berikut :  a.  Sulitnya pelanggan mempercayai penjualan secara online.
b.  Bagaimana  agar  suatu  perusahaan  lebih  banyak  menemukan  pelanggan  dan rekan bisnis yang baru.
 1.5 Tujuan  Tujuan dari pembuatan handmade(kerajinan tangan) ini adalah :  a.  Merancang  perangkat  lunak  yang  sesuai  guna  membantu  masyarakat  dalam melakukan transaksi pembelian secara online.
b.  Merancang  perangkat  lunak  yang  dapat  dikembangkan  dan  digunakan  kehidupan sehari-hari.
c.  Membuat orang tertarik dan percaya dengan penjualan secara online.
d.  Mendapatkan  pelanggan  yang  banyak  serta  rekan  bisnis  yang  baru  bagi  perusahaan.
e.  Memperluas  daerah  pemasaran  produk,  dan  mempermudah customer membeli kerajinan tangan yang menarik.
1.6 Manfaat  Manfaat  yang  dapat  diperoleh  dari  pembangunan  aplikasi  sistem  penjualan  handmadeberbasis e-commerce adalah :  a.  Mempermudah  pelanggan  untuk  membeli  kerajinan  tangan  yang  diinginkan.
b.  Menambah  kreatifitas  yang  ingin  dibuat,  dan  untuk  menambah  inspirasi  dari produk-produk yang penulis buat.
c.  Mempermudah  transaksi  pembayaran  dalam  pembelian  kerajinan  tangan  online  1.7 Sistematika Penulisan  Pembahasan dalam laporan ini terbagi dalam beberapa bab dan setiap bab terbagi  pula atas beberapa sub bab. Secara umum sistematis yang penulis gunakan dalam  penyusunan laporan Tugas Akhir adalah :   BAB1  PENDAHULUAN  Bab  ini  menguraikan  tentang  latar  belakang  masalah,  identifikasi  masalah,  batasan  masalah,  rumusan  masalah,  tujuan,  manfaat  dan  sistematika penulisan.
BAB 2  LANDASAN TEORI  Pada bab ini berisikan teori yang membahas tentang pengertian dan  mengenai  bahasa  pemrograman  yang  mendukung  perancangan  aplikasi.
BAB 3  PERANCANGAN SISTEM  Bab  ini  menguraikan  tentang  rancangan  sistem  yang  akan  dibuat,  pengertian  perancangan  sistem,  persiapan database,  data  flow diagram, serta flowchart.
BAB 4  IMPLEMENTASI SISTEM  Pada  bab  ini  menguraikan  tentang  definisi,  tujuan,  dan  langkahlangkah  dalam  implementasi  sistem,  spesifikasi  sistem, pengujian  di browser, tampilan halaman.
BAB 5  KESIMPULAN DAN SARAN  Bab  ini  berisi  tentang  kesimpulan  dan  saran  dari  hasil  penelitian  yang diperoleh penulis.



Skripsi Teknologi Informasi:Sistem Penjualan Produk Handmade Berbasis Ecommerce
Download lengkap Versi PDF