BAB1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Pada
zaman sekarang ini,
perkembangan dan pengaruh
teknologi informasi di Indonesia semakin
canggih. Terutama dalam
bidang dunia internet
yang terus berkembang
dengan pesat yang
berpengaruh pada dunia
perdagangan. Menurut Sutarman
(2007) Internet berasal
dari kata interconnection networking
yang mempunyai arti
hubungan berbagai komputer
dan berbagai tipe komputer
yang membentuk sistem
jaringan yang mencakup
seluruh dunia (jaringan
global) dengan melalui jaringan
telekomunikasi seperti, wireless dan lainnya.
Perdagangan
sebenarnya merupakan kegiatan
yang dilakukan manusia sejak awal peradabannya. Sejalan dengan
perkembangan manusia, cara dan sarana yang
digunakan untuk berdagang senantiasa berubah. Bentuk perdagangan terbaru yang kian memudahkan penggunanya kini ialah
e-commerce(Ronni Purba, 2010).
Deris (2002) menyatakan bahwa
komputer bisa digunakan sebagai sarana bisnis online.Salah satunya adalah dengan
memanfaatkan sistem informasi berbasis ecommerce.
Dengan
digunakannya e-commerce dalam
perdagangan bahan kerajinan misalnya penjualan handmade(kerajinan tangan)
dapat meningkatkan keuntungan selain melakukan
perdagangan secara manual.
Dengan adanya sistem
ecommerce, proses penjualan handmademenjadi lebih mudah dan cepat,
sehingga orang yang
akan melakukan transaksi
dapat lebih nyaman
dan tidak perlu ketempat yang
jauh hanya untuk
membeli kerajinan tangan
yang diinginkan (Deris, 2002).
Oleh
karena itu, dengan
argumentasi latar belakang
inilah penulis mengambil
judul “Sistem Penjualan
Produk Handmade Berbasis Ecommerce” (Kerajinan tangan yang membuat segala jenis,
tas, sandal, bantal, boneka).
1.2 Identifikasi Masalah Berdasarkan
latar belakang di atas ada
beberapa masalah yang melatarbelakangi pembuatan aplikasi ini, diantaranya : a.
Masih banyak perusahaan melakukan perdagangan secara manual.
b. Membuat
pelanggan merasa nyaman
dan percaya dalam
melakukan transaksi pembelian
secara online.
1.3 Batasan Masalah Dalam merancang Sistem Penjualan ini terdapat
beberapa batasan yaitu : a. Aplikasi
Sistem ini merupakan
aplikasi yang cukup
sederhana, sehingga tidak terlalu banyak fitur di dalamnya.
b. Aplikasi ini hanya mengatur penjualan
handmadesaja.
1.4 Rumusan Masalah Berdasarkan
uraian di atas,
maka yang akan
menjadi masalah adalah
sebagai berikut : a.
Sulitnya pelanggan mempercayai penjualan secara online.
b. Bagaimana
agar suatu perusahaan
lebih banyak menemukan
pelanggan dan rekan bisnis yang
baru.
1.5 Tujuan Tujuan dari pembuatan handmade(kerajinan
tangan) ini adalah : a. Merancang
perangkat lunak yang
sesuai guna membantu
masyarakat dalam melakukan
transaksi pembelian secara online.
b. Merancang
perangkat lunak yang
dapat dikembangkan dan
digunakan kehidupan sehari-hari.
c. Membuat orang tertarik dan percaya dengan
penjualan secara online.
d. Mendapatkan
pelanggan yang banyak
serta rekan bisnis
yang baru bagi perusahaan.
e. Memperluas
daerah pemasaran produk,
dan mempermudah customer membeli
kerajinan tangan yang menarik.
1.6 Manfaat Manfaat
yang dapat diperoleh
dari pembangunan aplikasi
sistem penjualan handmadeberbasis e-commerce adalah : a.
Mempermudah pelanggan untuk
membeli kerajinan tangan
yang diinginkan.
b. Menambah
kreatifitas yang ingin
dibuat, dan untuk
menambah inspirasi dari produk-produk yang penulis buat.
c. Mempermudah
transaksi pembayaran dalam
pembelian kerajinan tangan online 1.7
Sistematika Penulisan Pembahasan dalam
laporan ini terbagi dalam beberapa bab dan setiap bab terbagi pula atas beberapa sub bab. Secara umum
sistematis yang penulis gunakan dalam penyusunan
laporan Tugas Akhir adalah : BAB1 PENDAHULUAN Bab
ini menguraikan tentang
latar belakang masalah,
identifikasi masalah, batasan
masalah, rumusan masalah,
tujuan, manfaat dan sistematika
penulisan.
BAB 2 LANDASAN TEORI Pada bab ini berisikan teori yang membahas
tentang pengertian dan mengenai bahasa
pemrograman yang mendukung
perancangan aplikasi.
BAB 3 PERANCANGAN SISTEM Bab
ini menguraikan tentang
rancangan sistem yang
akan dibuat, pengertian
perancangan sistem, persiapan database, data
flow diagram, serta flowchart.
BAB 4 IMPLEMENTASI SISTEM Pada
bab ini menguraikan
tentang definisi, tujuan,
dan langkahlangkah dalam
implementasi sistem, spesifikasi
sistem, pengujian di browser,
tampilan halaman.
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN Bab
ini berisi tentang
kesimpulan dan saran
dari hasil penelitian yang diperoleh penulis.
Skripsi Teknologi Informasi:Sistem Penjualan Produk Handmade Berbasis Ecommerce
Download lengkap Versi PDF