BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Kartu bridgeatau remi adalah permainan yang
sangat digemari sampai saat ini.
Permainan ini membandingkan
tingkatan nilai dan kartu. Karena saking popularnya, orang-orang menjadikan permainan ini sekarang
kedalam dunia maya seperti poker, solitaire,
spider dan sebagainya. Dalam aturan poker, kartu memiliki tingkatan berdasarkan nilai dan corak. Nilai terkecil
kartu dimulai dari 2, 3, 4 sampai As.
Setelah nilai, corak juga punya
tingkatan dimulai yang terkecil adalah wajik, keriting, hati dan sekop.
Kartu remi merupakan objek
yang dapat dijadikan sampel untuk membandingkan kinerja sebuah algoritma. Dalam
dunia komputer, algoritma adalah alur
logika dalam penyelesaian suatu masalah manusia. Ada banyak algoritma yang sering digunakan dalam menyelesaikan masalah
komputasi tergantung kepada tujuan.
Misalnya untuk mencari rute
terpendek daerah wilayah atau kota digunakan algoritma seperti Djikstra, A*(A star) dan sebagainya.
Dalam analisis algoritma, semakin
cepat eksekusi semakin baik algoritma tersebut.
Analisis algoritma dilakukan salah
satunya adalahuntuk mengetahui efektifitas
suatu algoritma dibanding dengan algoritma yang lain untuk persoalan yang sama (Horowitz, Elis dan Srtaj Sahni, 1978,
pl).
Berdasarkan hal tersebut, penulis
tertarik untuk mencoba membandingkan kartu
remi dengan 2 algoritma. Dalam penelitian ini, penulis mencoba menggunanakan algoritma pencarian Greedydan
Brute Forcedalam pencarian kartu tertinggi.
Algoritma Greedyadalah algoritma yang
mencari solusi optimum.
Sedangkan Brute Forceadalah algoritma yang lempang
(straight forward) dan langsung pada pernyataan masalah tanpa
mempertimbangkan konsekuensi diakhir.
1.2 Rumusan Masalah Perumusan masalah dalam penulisan tugas akhir
ini adalah menganalisis perbandingan
algoritma Greedydan Brute Forcedalam pencarian kartu tertinggi pada kartu remi dengan menggunakan software visual
C# 2010.
1.3 Batasan Masalah Adapun batasan masalah dalam penelitian ini
adalah : 1. Jumlah kartu remi adalah 52 (tidak termasuk
kartu joker).
2. Urutan kartu adalah ascending, descendingdan
random.
3. Hukum perbandingan corak kartu pada permainan
kartu poker berlaku mulai dari tertinggi
sampai terendah yaitusekop, hati, keriting, wajik.
4. Sampel kartu yang diseleksi dalam pencarian
kartu tertinggi sebanyak 7 kartu.
5. Parameter perbandingan adalah kartu
tertinggi, waktu eksekusi kartu kedua algoritma
dalam satuan miliseconddan Big Theta (ɵ).
6. Simulasi dibuat menggunakan software visual
C# 2010.
1.4 Tujuan Penelitian Adapun tujuan dari penelitian ini adalah
membuat simulasi perbandingan algoritma Greedydan
Brute Forcedalam pencarian kartu tertinggi pada kartu remi.
1.5 Manfaat Penelitian Adapun manfaat penelitian ini adalah
mengetahui perbandingan kompleksitas algoritma
Greedydan Brute Force dari pencarian kartu tertinggi.
1.6 Metode Penelitian Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang
dilaksanakan dalam pelaksanaan penelitian ini: a. Studi Literatur Penulisan ini dimulai dengan studi kepustakaan
yaitu mengumpulkan bahan-bahan referensi
berupa buku, jurnal, buku elektronik, artikel, paper maupun situs internet mengenai algoritma Greedydan Brute Force.
b. Analisis dan Perancangan Sistem Melakukan analisis kerja algoritma Greedydan
Brute Force dalam pemilihan kartu serta
dilakukan perancangan desain antar muka dan alur kerja sistem dalam bentuk flowchart dan pseudocode.
c. Implementasi Merupakan pembuatan sistem (program coding)
sesuai analisis dan perancangan antar
muka yang sudah ditentukan.
d. Pengujian Sistem Setelah perancangan sistem selesai maka
dilakukan pengujian untuk menentukan kesesuaian
teori dan implementasi sistem. Selain itu pengujian berguna untuk mengetahui kesalahan-kesalahan pada sistem
yang dibuat.
e. Penynan laporan.
Pada tahap ini didapat kesimpulan
akhir pengujian sistem sehingga dilakukan penynan laporan.
1.7 Sistematika Penulisan Sistematika dalam penulisan skripsi adalah
sebagai berikut : BAB 1 PENDAHULUAN Pada bab ini menjelaskan latar belakang
masalah dari penelitian yang akan dilakukan beserta batasannya, tujuandan manfaat
penelitian, metodologi penelitian dan sistematika
penulisan skripsi ini BAB 2 TINJAUAN
PUSTAKA Bab ini akan menjelaskan tentang
beberapa teori-teori dasar yang mendukung penelitian seperti Algoritma Greedy dan Brute
Force, big theta, dan selection sort.
BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN
SISTEM Bab ini menjelaskan mengenai
analisis dan perancangan simulasi pencarian kartu tertinggi, model Unified Modelling
Language(UML) yang digunakan antara lain use case diagram, actifity diagram dan perancangan
tampilan antar muka sistem.
BAB 4 IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
APLIKASI Bab ini akan membahas mengenai
hasil pengujian aplikasi dari penelitian berupa data yang didapat.
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN Bab ini menjelaskan mengenai hasil penelitian
yang berisi kesimpulan dan saran yang nantinya
dapat dikembangkan dipelitian lain yang berkaitan dengan masalah ini.
Skripsi Teknologi Informasi:Analisis Perbandingan Algoritma Greedy Dan Brute Force Dalam Percarian Kartu Tertinggi Pada Kartu Remi
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|