Skripsi Teknologi Informasi:Analisis Perbandingan Algoritma Greedy Dan Brute Force Dalam Percarian Kartu Tertinggi Pada Kartu Remi


BAB 1  PENDAHULUAN  
1.1 Latar Belakang  Kartu bridgeatau remi adalah permainan yang sangat digemari sampai saat ini.
Permainan ini membandingkan tingkatan nilai dan kartu. Karena saking popularnya,  orang-orang menjadikan permainan ini sekarang kedalam dunia maya seperti poker,  solitaire, spider dan sebagainya. Dalam aturan poker, kartu memiliki tingkatan  berdasarkan nilai dan corak. Nilai terkecil kartu dimulai dari 2, 3, 4 sampai As.
Setelah nilai, corak juga punya tingkatan dimulai yang terkecil adalah wajik, keriting,  hati dan sekop.
Kartu remi merupakan objek yang  dapat dijadikan sampel untuk  membandingkan kinerja sebuah algoritma. Dalam dunia komputer, algoritma adalah  alur logika dalam penyelesaian suatu masalah manusia. Ada banyak algoritma yang  sering digunakan dalam menyelesaikan masalah komputasi tergantung kepada tujuan.
Misalnya untuk mencari rute terpendek daerah wilayah atau kota digunakan algoritma  seperti Djikstra, A*(A star) dan sebagainya.

Dalam analisis algoritma, semakin cepat eksekusi semakin baik algoritma  tersebut. Analisis algoritma dilakukan  salah satunya adalahuntuk mengetahui  efektifitas suatu algoritma dibanding dengan algoritma yang lain untuk persoalan yang  sama (Horowitz, Elis dan Srtaj Sahni, 1978, pl).
Berdasarkan hal tersebut, penulis tertarik untuk mencoba membandingkan  kartu remi dengan 2 algoritma. Dalam penelitian ini, penulis mencoba  menggunanakan algoritma pencarian Greedydan Brute Forcedalam pencarian kartu  tertinggi. Algoritma  Greedyadalah algoritma yang mencari solusi optimum.
Sedangkan Brute  Forceadalah algoritma yang lempang (straight  forward) dan  langsung pada pernyataan masalah tanpa mempertimbangkan konsekuensi diakhir.
 1.2 Rumusan Masalah  Perumusan masalah dalam penulisan tugas akhir ini adalah menganalisis  perbandingan algoritma Greedydan Brute Forcedalam pencarian kartu tertinggi pada  kartu remi dengan menggunakan software visual C# 2010.
1.3 Batasan Masalah  Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah :  1.  Jumlah kartu remi adalah 52 (tidak termasuk kartu joker).
2.  Urutan kartu adalah ascending, descendingdan random.
3.  Hukum perbandingan corak kartu pada permainan kartu poker berlaku mulai dari  tertinggi sampai terendah yaitusekop, hati, keriting, wajik.
4.  Sampel kartu yang diseleksi dalam pencarian kartu tertinggi sebanyak 7 kartu.
5.  Parameter perbandingan adalah kartu tertinggi, waktu eksekusi kartu kedua  algoritma dalam satuan miliseconddan Big Theta (ɵ).
6.  Simulasi dibuat menggunakan software visual C# 2010.
1.4 Tujuan Penelitian  Adapun tujuan dari penelitian ini adalah membuat simulasi perbandingan algoritma  Greedydan Brute Forcedalam pencarian kartu tertinggi pada kartu remi.
1.5 Manfaat Penelitian  Adapun manfaat penelitian ini adalah mengetahui perbandingan kompleksitas  algoritma Greedydan Brute Force dari pencarian kartu tertinggi.
 1.6 Metode Penelitian  Berikut ini adalah tahapan-tahapan yang dilaksanakan dalam pelaksanaan penelitian  ini:  a.  Studi Literatur  Penulisan ini dimulai dengan studi kepustakaan yaitu mengumpulkan bahan-bahan  referensi berupa buku, jurnal, buku elektronik, artikel, paper maupun situs internet  mengenai algoritma Greedydan Brute Force.
b.  Analisis dan Perancangan Sistem  Melakukan analisis kerja algoritma Greedydan Brute Force dalam pemilihan  kartu serta dilakukan perancangan desain antar muka dan alur kerja sistem dalam  bentuk flowchart dan pseudocode.
c.  Implementasi  Merupakan pembuatan sistem (program coding) sesuai analisis dan perancangan  antar muka yang sudah ditentukan.
d.  Pengujian Sistem  Setelah perancangan sistem selesai maka dilakukan pengujian untuk menentukan  kesesuaian teori dan implementasi sistem. Selain itu pengujian berguna untuk  mengetahui kesalahan-kesalahan pada sistem yang dibuat.
e.  Penynan laporan.
Pada tahap ini didapat kesimpulan akhir pengujian sistem sehingga dilakukan  penynan laporan.
 1.7 Sistematika Penulisan  Sistematika dalam penulisan skripsi adalah sebagai berikut :  BAB 1 PENDAHULUAN  Pada bab ini menjelaskan latar belakang masalah dari penelitian yang akan dilakukan  beserta batasannya, tujuandan manfaat penelitian, metodologi penelitian dan  sistematika penulisan skripsi ini  BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA  Bab ini akan menjelaskan tentang beberapa teori-teori dasar yang mendukung  penelitian seperti Algoritma Greedy dan Brute Force, big theta, dan selection sort.
BAB 3 ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM  Bab ini menjelaskan mengenai analisis dan perancangan simulasi pencarian kartu  tertinggi, model Unified Modelling Language(UML) yang digunakan antara lain use  case diagram, actifity diagram dan perancangan tampilan antar muka sistem.
BAB 4 IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN APLIKASI  Bab ini akan membahas mengenai hasil pengujian aplikasi dari penelitian berupa data  yang didapat.
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN  Bab ini menjelaskan mengenai hasil penelitian yang berisi kesimpulan dan saran yang  nantinya dapat dikembangkan dipelitian lain yang berkaitan dengan masalah ini.


Skripsi Teknologi Informasi:Analisis Perbandingan Algoritma Greedy Dan Brute Force Dalam Percarian Kartu Tertinggi Pada Kartu Remi
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads