Contoh Skripsi Hukum Pidana:Analisa Hukum Mengenai Eksistensi Sifat Melawan Hukum Dalam Tindak Pidana Korupsi Pasca Keluarnya Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 003PUU-IV2006



BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang  
Didalam kehidupan bernegara dan berbangsa, permasalahan penegak  hukum merupakan suatu dinamika sosial yang pasti akan ditemukan oleh sebuah  negara tak terkecuali negara apapun itu termasuk Indonesia. Permasalahan ini  biasanya selalu diikuti dengan adanya suatu norma sebagai solusi dalam  mengatasi masalah tersebut. Jauh sebelumnya, seorang filsuf yang bernama  Cicero mengatakan “Ubi Societas, Ibi Ius, Ibi Crimen ” (ada masyarakat, ada  hukum dan ada kejahatan). Masyarakat saling menilai, menjalin interkasi dan  komunikasi, tidak jarang timbul konflik atau pertikaian.

 Korupsi merupakan budaya peninggalan masa lalu. Ini merupakan suatu  budaya yang sulit dirubah karena melekat pada diri manusia itu sendiri. Hal ini  bisa dilihat dari hasil penelitian dari tahun ke tahun, Komisi Pemberantas Korupsi  (KPK) selalu mencoba mengembangkan inovasi atau strategi penindakan, sembari  terus meningkatkan metode sebelumnya. Dalam rentang waktu dari tahun 2008-Satu dari sekian banyak permasalahan penegakan hukum yang terjadi  khnya di Indonesia adalah tindak pidana korupsi. Tindak pidana korupsi bukan  hal baru di Indonesia. Sejak zaman VOC sampai bubarnya VOC karena korupsi,  korupsi sudah lama dikenal. Upeti dizaman kerajaan dimasa lalu adalah salah satu  bentuk korupsi.
 Mien Rukmini, Aspek Hukum Pidana  dan Kriminologi  (sebuah bunga rampai),  (Bandung: PT Alumni, 2006), hal. 94.
2011, rata-rata capaian perkara yang disidik KPK pertahun berkisar antara 35-40  kasus, dan pelaku korupsi yang berhasil divonis penjara (inkracht) antara 30-35  orang. Sedangkan di tahun 2012 (hingga per Agustus 2012), dilakukan  penyelidikan 53 perkara, penyidikan 43 perkara, penuntutan 22 perkara, inkracht 16 perkara, dan eksekusi 20 perkara  Ada beberapa kasus korupsi yang sampai sekarang tidak diketahui ujung  pangkalnya. Salah satunya adalah kasus korupsi yang dilakukan oleh seorang  pegawai pajak golongan IIIA yaitu Gayus Tambunan. Apa yang telah dilakukan  oleh Gayus Tambunan adalah suatu hal sangat tidak yang wajar. Karena apabila melihat dari statusnya yang hanyalah seorang pegawai negeri biasa, tetapi  memiliki tabungan yang begitu banyak, senilai Rp. 25 Miliar, tentu saja hal ini  Hal ini menunjukan kalau permasalahan korupsi yang sedang di hadapi  negeri ini bagaikan sebuah penyakit yang tidak akan pernah sembuh. Berbagai  fakta dan kenyataan yang diungkapkan oleh media seolah-olah merepresentasikan  jati diri bangsa yang dapat dilihat dari budaya korupsi yang telah menjadi hal  yang biasa bagi semua kalangan, mulai dari bawah hingga kaum elite. Mungkin  banyak yang tidak sadar kalau budaya korupsi bisa terjadi dirumah, sekolah,  masyarakat, maupun di intansi-instansi dan dalam pemerintahan. Mereka yang  melakukan korupsi terkadang menganggap remeh hal yang dilakukan itu. Hal ini  sangat mengkhawatirkan, sebab bagaimanapun, apabila suatu organisasi dibangun  dari korupsi akan dapat merusaknya.


Contoh Skripsi Hukum Pidana:Analisa Hukum Mengenai Eksistensi Sifat Melawan Hukum Dalam Tindak Pidana Korupsi Pasca Keluarnya Putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 003PUU-IV2006
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.