Contoh Skripsi Akuntansi:Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah
Pasar modal (capital market) adalah pasar yang menyediakan sumber  pembelanjaan dengan jangka waktu yang relatif panjang, yang diinvestasikan  pada barang modal untuk menciptakan dan memperbanyak alat-alat produksi dan  akhirnya meningkatkan keuntungan perusahaan (Latumaerissa, 2011:314). Pasar  modal sebagai pasar dari berbagai instrumen keuangan (sekuritas) jangka panjang  yang dapat diperjualbelikan, menjalankan fungsi ekonomi dan keuangan yang  dapat menunjang sekaligus menjadi  salah satu indikator  terpenting  dalam mendukung kemajuan perekonomian  suatu negara. Dalam melaksanakan  fungsinya, pasar modal menjadi penghubung bagi pihak yang mempunyai  kelebihan dana (investor) dan pihak yang membutuhkan dana (emiten) dalam  tranksaksi pemindahan dana.  Bagi investor, pasar modal dapat memberikan  alternatif investasi yang lebih variatif sehingga memberikan peluang untuk meraih  keuntungan yang lebih besar. Bagi emiten, pasar modal dapat memberikan sumber  pendanaan lain untuk melakukan kegiatan operasional termasuk ekspansi usaha  selain kredit perbankan. Modal yang diperjualbelikan dalam pasar modal terbagi  menjadi dua, yaitu  Debt Capital atau modal hutang dan Equity Capital atau  modal ekuitas (Gitosudarmo dan Basri, 2002:239).

Obligasi merupakan salah satu jenis modal hutang yang diperjualbelikan  dalam pasar modal. Obligasi adalah surat hutang jangka menengah - panjang yang   dapat dipindahtangankan yang berisi janji dari pihak yang menerbitkan untuk membayar imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok  hutang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut  (Latumaerissa, 2011:353). Obligasi menarik bagi investor dikarenakan kelebihan  dalam hal keamanannya bila dibandingkan dengan saham, yaitu (1) volatilitas  saham lebih tinggi dibandingkan dengan obligasi sehingga daya tarik saham  berkurang, dan (2) obligasi menawarkan tingkat  return  yang positif dan  memberikan pendapatan yang tetap.
Investor yang rasional dalam membuat keputusan investasi membutuhkan  informasi. Investor seringkali menggunakan informasi yang diumumkan kepada  publik karena informasi tersebut mempunyai sinyal mengenai prospek perusahaan  di masa yang akan datang. Investor obligasi memerlukan informasi yang dapat  dijadikan acuan dalam mengkomunikasikan keputusan investasinya, sehingga  informasi keuangan suatu entitas bisnis yang berkualitas sangat diperlukan  sebagai pertanggungjawaban atas pengelolaan dana yang ditanamkan. Seorang  investor yang akan membeli obligasi hendaknya tetap memperhatikan default risk,  yaitu peluang dimana emiten akan mengalami kondisi tidak mampu memenuhi  kewajiban keuangannya  (gagal bayar).  Menurut Manurung dkk. (2008)  menyatakan bahwa “obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah, biasanya  mendapatkan peringkat obligasi investment grade  (level A), dikarenakan  pemerintah dianggap akan mampu untuk melunasi kupon dan pokok hutang saat  obligasi jatuh tempo. Namun obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan (corporate  bonds), terdapat  default risk, yang bergantung pada kesehatan keuangan   perusahaan emiten”.  Untuk menghindari risiko tersebut, investor harus  memperhatikan beberapa hal, salah satunya adalah peringkat obligasi (bond  rating) perusahaan emiten.


Contoh Skripsi Akuntansi:Analisis Pengaruh Rasio Keuangan Dan Non Keuangan Terhadap Peringkat Obligasi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.