Contoh Skripsi Elektrical Engineering:Analisis Karakteristik Tegangan Dan Efisiensi Motor Induksi Tiga Fasa Sebagai Generator Induksi Dengan Keluaran Satu Fasa



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Permintaan kebutuhan listrik semakin lama selalu mengalami peningkatan,  seiring dengan kemajuan ilmu dan teknologi yang berkembang pesat. Sumbersumber energi primer tak terbarukan seperti minyak bumi, gas bumi, dan batu  bara yang digunakan untuk pembangkitan energi listrik semakin lama jumlahnya  semakin menipis, sementara sumber energi primer lainnya seperti air, angin,  tenaga matahari, dan ombak laut ada dalam jumlah yang besar dan belum  digunakan secara maksimal.

Penggunaan motor induksi sangkar tupai sebagai generator induksi  penguatan sendiri yang digerakan oleh mikrohidro dan tenaga angin menjadi suatu  alternatif untuk mengatasi kebutuhan energi listrik, terutama untuk pelistrikan  daerah-daerah terpencil. Ada beberapa keuntungan yang menjadi alasan  digunakannya motor induksi sangkar tupai sebagai generator yaitu sederhana,  dimana generator induksi tidak memerlukan suplai DC sebagai sumber eksitasi, ketersediaannya di pasaran, harganya terjangkau, dan konstruksinya kokoh.
Pada daerah-daerah terpencil kebutuhan konsumen akan energi listrik tidaklah begitu besar. Beban-beban konsumen yang terhubung ke pembangkit  listrik umumnya adalah beban satu fasa seperti lampu sebagai penerangan dan  juga setrika. Untuk itu dibutuhkan generator yang memproduksi daya keluaran  satu fasa, tentunya juga karena biaya distribusi dan proteksinya yang lebih rendah  dibanding dengan sistem tiga fasa.
Universitas Sumatera Utara 2  Motor induksi satu fasa dapat digunakan sebagai generator, tetapi  harganya lebih mahal dibanding motor induksi tiga fasa, umumnya hanya tersedia pada daya keluaran yang kecil, dan lebih rumit dalam penentuan dan pengaturan  kapasitor eksitasi yang dibutuhkan sehingga digunakanlah motor induksi tiga fasa  sebagai generator induksi dengan  keluaran satu fasa dengan menggunakan  hubungan C-2C pada konfigurasi kapasitor eksitasi dimana motor induksi sendiri  pada belitan statornya terhubung segitiga (∆).
Pada generator induksi tiga fasa dengan keluaran satu fasa, pembebanan  yang terjadi sangat mempengaruhi nilai tegangan keluaran dan efisiensi, dan  pembebanan yang besarnya jauh dibawah rating mesin dapat menyebabkan  pemanasan yang berlebihanpada generator. Oleh karena itu, penulis dalam tugas  akhir ini berkesempatan untuk melakukan analisis terhadap karakteristik tegangan  dan efisiensi generator induksi tiga fasa dengan keluaran satu fasa, dengan  pembebanan yang bersifat resistif, untuk mendapatkan karakteristik tegangan dan  efisiensi maksimum generator dengan melakukan pengaturan pada besarnya nilai  beban, nilai kapasitansi kapasitor, dan kecepatan putaran generator.


Contoh Skripsi Elektrical Engineering:Analisis Karakteristik Tegangan Dan Efisiensi Motor Induksi Tiga Fasa Sebagai Generator Induksi Dengan Keluaran Satu Fasa
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.