Contoh Skripsi Keperawatan: Pengaruh Stimulus Kutaneus Slow-Stroke Back Massage terhadap Intensitas Nyeri pada Penderita Low Back Pain



BAB  1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Setiap individu tidak terlepas dari aktivitas atau pekerjaan untuk  memenuhi kebutuhan hidup. Sebagian aktivitas dan pekerjaan tersebut  membutuhkan energi dan kekuatan otot yang cukup besar sehingga dapat  menimbulkan berbagai macam keluhan, salah satunya adalah nyeri pinggang  bawah. Hampir semua orang pernah  mengalami nyeri pinggang. Sekitar 80%  setiap orang dalam hidupnya pernah mengalami nyeri pada daerah pinggang  bawah karena kesalahan postural tanpa mengenal jenis kelamin, tingkat sosial dan  pekerjaan (Cailiet, 1981 dalam Ismiyati, 1997).

Angka kejadian nyeri pinggang bawah atau dalam bahasa Inggris disebut  Low Back Pain (LBP), hampir sama pada semua populasi masyarakat di seluruh  dunia, baik di negara maju maupun di negara berkembang (Elder LAM &  Burdoff, 2003 dalam Shocker, 2008). Dari hasil penelitian Cropcord Indonesia  (2004) menunjukkan bahwa penderita LBP pada jenis kelamin pria prevalensinya  sebesar 18,2% dan pada wanita sebesar 13,6%. Sedangkan dari populasi pernah  mengalami nyeri pinggang bawah sekali dan lebih selama hidupnya antara 60%  hingga 90% (Setyohadi, 2005).
Setyawan (2008) menyebutkan sekitar 90% dari seluruh kasus LBP disebabkan oleh faktor mekanik, yaitu LBP pada struktur anatomik normal yang  digunakan secara berlebihan atau akibat sekunder dari trauma atau deformitas,  yang menimbulkan stress atau strain pada otot, tendon dan ligamen. Selain itu,   dari segi anatomis dan fungsional, LBP juga dapat disebabkan karena adanya  kelainan pada spine, dimana  spine  merupakan struktur penyangga tubuh dan  kepala yang selalu terlibat dalam berbagai sikap tubuh dan gerakan sehingga  mudah sekali mengalami gangguan.
Nyeri pinggang bawah atau low back pain Menurut Rice (2002) dalam Shocker (2008) menyebutkan penyebab yang  paling sering ditemukan yang dapat mengakibatkan LBP adalah kekakuan dan  spasme otot punggung oleh karena aktivitas tubuh yang kurang baik serta  tegangnya postur tubuh. Selain itu berbagai penyakit juga dapat menyebabkan  LBP  seperti osteoarthritis,  osteoporosis,  fibromyalgia,  scoliosis, dan rematik.


 Contoh Skripsi Keperawatan: Pengaruh Stimulus Kutaneus Slow-Stroke Back Massage terhadap Intensitas Nyeri pada Penderita Low Back Pain
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.