Contoh Skripsi Keperawatan:Gambaran Pengetahuan Dan Perilaku Pencegahan Gastritis



BAB 1
 PENDAHULUAN  
I.1. Latar Belakang
Kasus dengan gastritis merupakan salah satu jenis kasus yang umumnya  diderita oleh kalangan remaja, khsnya penyakit ini meningkat pada kalangan  mahasiswa.  disebabkan oleh berbagai faktor misalnya tidak teraturnya pola  makan, gaya hidup yang salah dan meningkatnya aktivitas (tugas perkuliahan)  sehingga mahasiswa tersebut tidak sempat untuk mengatur pola makannya dan  malas untuk makan.(Fahrur, 2009).
Penyebab dari gastritis menurut Herlan tahun 2001 yaitu asupan alkohol  berlebihan (20%), merokok (5%), makanan berbumbu (15%), obat-obatan (18%)  dan terapi radiasi (2%), sedangkan menurut Hasna dan Hurih tahun 2009 gastritis  bisa juga disebabkan karena, infeksi bakteri, stress, penyakit autoimun, radiasi  dan Chron’s Disease.

Salah satu penyebab dari gastritis adalah infeksi dari bakteri Helicobacter  pylori (H. pylori) dan merupakan satu-satunya bakteri yang hidup di lambung.
Bakteri ini dapat menginfeksi lambung sejak anak-anak dan menyebabkan  penyakit lambung kronis. Bahkan diperkirakan lebih dari 50% penduduk dunia  terinfeksi  bakteri ini sejak kecil. Jika dibiarkan, akan menimbulkan masalah  sepanjang hidup (Soemoharjo, 2007). Menurut Perkumpulan Gastroenterologi  Indonesia (PGI) dan Kelompok Studi Helicobacter Pylori Indonesia (KSHPI) tahun 2001, menyatakan diperkirakan 20 % dari penduduk Negara Indonesia telah terinfeksi oleh H. Pylori (Daldiyono, 2004) . Penemuan infeksi Helicobacter Pylori   ini mungkin berdampak pada tingginya kejadian gastritis, pada beberapa daerah di  Indonesia menunjukkan angka kejadian gastritis yang cukup tinggi.
Gejala yang umum terjadi pada penderita gastritis adalah rasa tidak  nyaman pada perut, perut kembung, sakit kepala dan mual yang dapat menggangu  aktivitas sehari-hari, rasa tak nyaman di epigastrium, nausea, muntah, Perih atau  sakit seperti terbakar pada perut bagian atas yang dapat menjadi lebih baik atau  lebih buruk ketika makan, hilang selera makan, bersendawa, dan kembung. Dapat  pula disertai demam, menggigil (kedinginan), cegukan (hiccups Bila penyakit gastritis ini terus dibiarkan, akan berakibat semakin parah  dan akhirnya asam lambung akan membuat luka-luka (ulkus) yang dikenal dengan  tukak lambung.  Bahkan bisa juga disertai muntah darah (Arifianto, 2009).


 Contoh Skripsi Keperawatan:Gambaran Pengetahuan Dan Perilaku Pencegahan Gastritis
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.