BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Permainan (game)
merupakan bidang usaha
manusia terhadap kecerdasan
buatan, salah satunya adalah sliding puzzle. Permainan ini merupakan
permainan yang dapat melatih kecerdasan.
Dalam kehidupan sehari-hari
maupun dalam literatur
dapat ditemukan berbagai
jenis sliding puzzle,
ada yang menggunakan
huruf, gambar dan angka.
Namun yang akan
dibahas pada tugas
akhir ini adalah
sliding puzzle yang menggunakan angka.
Permainan pergeseran angka
biasanya dimainkan dalam
kotak berbentuk persegi atau
persegi panjang. Pada jenis ini cenderung lebih mudah untuk dimainkan
dan diselesaikan. Permainan
ini akan menjadi
jauh lebih rumit
apabila dimainkan dalam
wadah yang berbentuk
bintang. Bentuk wadah
ini menyebabkan arah proses pergeseran angka menjadi terbatas
(Dewi, 2010).
Walaupun permainan
ini terlihat sederhana
namun untuk bisa
menempatkan semua angka
berada pada posisi
sebenarnya merupakan suatu
masalah. Permainan pergeseran angka pada bentuk bintang ini
dapat diselesaikan dengan bantuan pohon pencarian (search tree). Struktur pohon pencarian digunakan untuk
menggambarkan keadaan secara
hirarkis, dimana akar
dari pohon berupa
keadaan awal dan cabang
berupa
keadaan-keadaan yang mungkin
terjadi dari keadaan
sebelumnya serta daun merupakan
keadaan akhir, yang dapat dijadikan sebagai solusi dari permasalahan atau bisa merupakan jalan buntu (dead end).
Ada dua
metode untuk membangun sebuah
pohon pencarian, salah
satunya adalah metode
pencarian heuristik. Metode
pencarian heuristik mampu
melakukan pencarian solusi
langsung pada cabang dari pohon yang memuat tujuan (goal) tanpa harus
mengunjungi node-node lain
yang tidak perlu,
dengan demikian waktu pencarian solusi
dapat diminimalkan terutama
terhadap pencarian dengan
solusi penyelesaian yang
panjang. Ada beberapa algoritma pencarian yang bersifat heuristik, namun
yang akan digunakan
dalam penyelesaian permainan
pergeseran angka pada bentuk
bintang ini adalah algoritma Best First Search. Algoritma ini adalah salah satu
algoritma pencarian
heuristik yang merupakan
kombinasi dari dua
algoritma pencarian buta (blind
search), yaitu breadth first searchdan depth first searchdengan mengambil kelebihan dari kedua algoritma
tersebut. Pada algoritma best first
search, pencarian diperbolehkan
mengunjungi simpul yang ada dilevel yang lebih rendah, jika ternyata simpul pada level yang lebih tinggi
memiliki nilai heuristik lebih buruk.
Skripsi Teknologi Informasi:Permainan Pergeseran Angka Bentuk Bintang Menggunakan Algoritma Best First Search
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.