Skripsi Teknologi Informasi:Permainan Pergeseran Angka Bentuk Bintang Menggunakan Algoritma Best First Search



BAB 1  
PENDAHULUAN  
1.1  Latar Belakang  
Permainan  (game)  merupakan  bidang  usaha  manusia  terhadap  kecerdasan  buatan,  salah satunya adalah  sliding puzzle. Permainan ini merupakan permainan yang dapat  melatih  kecerdasan.  Dalam  kehidupan  sehari-hari  maupun  dalam  literatur  dapat  ditemukan  berbagai  jenis  sliding  puzzle,  ada  yang  menggunakan  huruf,  gambar  dan  angka. Namun  yang  akan  dibahas  pada  tugas  akhir  ini  adalah  sliding  puzzle  yang  menggunakan  angka.  Permainan  pergeseran  angka  biasanya  dimainkan  dalam  kotak  berbentuk persegi atau persegi panjang. Pada jenis ini cenderung lebih mudah untuk  dimainkan  dan  diselesaikan.  Permainan  ini  akan  menjadi  jauh  lebih  rumit  apabila  dimainkan  dalam  wadah  yang  berbentuk  bintang.  Bentuk  wadah  ini  menyebabkan  arah proses pergeseran angka menjadi terbatas (Dewi, 2010).

Walaupun  permainan  ini  terlihat  sederhana  namun  untuk  bisa  menempatkan  semua  angka  berada  pada  posisi  sebenarnya  merupakan  suatu  masalah.  Permainan  pergeseran angka pada bentuk bintang ini dapat  diselesaikan dengan bantuan pohon  pencarian (search tree).  Struktur pohon pencarian digunakan untuk menggambarkan  keadaan  secara  hirarkis,  dimana  akar  dari  pohon  berupa  keadaan  awal  dan  cabang  berupa  keadaan-keadaan  yang  mungkin  terjadi  dari  keadaan  sebelumnya  serta  daun  merupakan keadaan akhir, yang dapat dijadikan sebagai solusi dari permasalahan atau  bisa merupakan jalan buntu (dead end).
Ada  dua  metode  untuk  membangun  sebuah  pohon  pencarian,  salah  satunya  adalah  metode  pencarian  heuristik.  Metode  pencarian  heuristik  mampu  melakukan  pencarian solusi langsung pada cabang dari pohon yang memuat tujuan (goal) tanpa  harus  mengunjungi  node-node  lain  yang  tidak  perlu,  dengan  demikian  waktu  pencarian  solusi  dapat  diminimalkan  terutama  terhadap  pencarian  dengan  solusi    penyelesaian yang panjang. Ada beberapa algoritma pencarian yang bersifat heuristik,  namun  yang  akan  digunakan  dalam  penyelesaian  permainan  pergeseran  angka  pada  bentuk bintang ini adalah algoritma Best First Search. Algoritma ini adalah salah satu  algoritma  pencarian  heuristik  yang  merupakan  kombinasi  dari  dua  algoritma  pencarian buta (blind search), yaitu breadth first searchdan depth first searchdengan  mengambil kelebihan dari kedua algoritma tersebut. Pada algoritma  best first search,  pencarian diperbolehkan mengunjungi simpul yang ada dilevel yang lebih rendah, jika  ternyata simpul pada level yang lebih tinggi memiliki nilai heuristik lebih buruk.


Skripsi Teknologi Informasi:Permainan Pergeseran Angka Bentuk Bintang Menggunakan Algoritma Best First Search
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.