BAB 1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Seiring
dengan perkembangan teknologi
dan persaingan usaha yang
sangat ketat saat ini dan masa mendatang, mendorong perusahaan meningkatkan mutu dan daya saing dengan cara
melakukan perbaikan secara konsisten dan
terus - menerus, agar dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan yang semakin meningkat.
Melihat kondisi ini, tidak ada pilihan
lain lagi bagi instansi untuk bertahan dan mengembangkan usahanya dengan selalu
meningkatkan mutu pelayanan kepada
pelanggan melalui peningkatan kinerja.
Pelayanan umum dapat
didefinisikan sebagai segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik
maupun jasa publik yang pada prinsipnya
menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh Instansi Pemerintah di Pusat, di Daerah, dan di
lingkungan Badan Usaha Milik Negara
(BUMN) atau Badan Usaha Milik Daerah, dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun dalam
rangka pelaksanaan ketentuan peraturan
perundang-undangan (Moenir,2008).
Untuk meningkatkan kualitas
pelayanan kepada masyarakat, Disnakertrans
Kabupaten langkat melakukan perubahan dan peningkatan dalam kualitas peningkatan jasa dan layanannya
kepada masyarakat di Kabupaten Langkat.
Disnakertrans Kabupaten Langkat merupakan salah satu dari tujuh Disnakertrans yang ada di
Indonesia yang mendapatkan serifikat ISO
9001:2008 pada tahun 2013. Menurut Syarizal (2009), 14 “ISO
9001:2008 adalah suatu standar internasional untuk sistem manajemen mutu. Sistem manajemen mutu ISO
9001:2008 adalah persyaratan standar
yang digunakan untuk mengakses kemampuan organisasi dalam memenuhi persyaratan
pelanggan dan peraturan yang sesuai”.
Setiap organisasi atauinstansi
dalam melaksanakan sistem selalu diarahkan
untuk mencapai tujuan perusahaan. Salah satu caranya dengan meningkatkan kinerja karyawan. Dalam rangka
mempersiapkan Disnakertrans Kabupaten
Langkat untuk menjadi lembaga yang mandiri dan profesional dalam melaksanakankegiatan
memberikan pelayanan kepada masyarakat,
maka merupakan suatu keharusan bagi institusi ini untuk melaksanakan sistem manajemen mutu
berdasarkan standar ISO 9001:2008,hal
ini perlu dilakukan agar mutu pelayanan yang berikan oleh Disnakertrans Kabupaten langkat, khsnya
departemen Bursa Tenaga Kerja yang telah
mendapatkan sertifikat ISO 9001:2008 untuk lebih meningkatkan standar kualifikasi
bertaraf Internasional dan konsistensi
mutu pelayanan dari waktu ke waktu demi kepuasan pelanggan maupun peningkatan kinerja
pegawainya. Menurut Lembaga Administrasi
Negara (1992) “kinerja berasal dari kata Job performance yaitu prestasi kerja
yang dicapai seseorang. Performancediterjemahkan menjadi kinerja, juga berarti prestasi kerja,
pelaksanaan kerja, pencapaian kerja atau
hasil kerja, penampilan”.
Dalam sistem manajemen mutu ISO
9001:2008 terdapat beberapa klal yang
penerapannya berkaitan dengan kinerja karyawan khsnya pada klal 6 (enam), antara lain adalah:
15 1.
Karakteristik Organisasi, 2. Karakteristik Sumber Daya Manusia.
Hal ini sejalan dengan pendapat
Gasperz (2008) tentang elemenelemen yang terdapat dalam ISO 9001:2008, yakni
mengenai manajemen sumber daya terdiri
dari: 1.
Penyediaan sumber daya, 2. Sumber daya manusia, 3.
Infrastruktur, 4. Dan lingkungan kerja.
Disnakertrans Kabupaten Langkat
melakukan peningkatan manajemen untuk
mengantisipasi tuntutan masyarakat dengan menerapkan sistem manajemen mutu (SMM) ISO
9001:2008. Konsep dari penerapan ISO
9001:2008 yang dilakukan di lingkungan Disnakertrans
Kabupaten Langkat adalahstandarisasi sistem pelayanan dan perbaikan mutu pelayanan dengan tujuan
adanya perbaikan mutu layanan yang
diberikan oleh Disnakertrans Kabupaten Langkat, sehingga diperolehnya standar yang sesuai.
Disnakertrans Kabupaten Langkat, merupakan
kantor pelayanan umum di bidang Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang telah mendapatkan
sertifikasi ISO 9001:2008.
Fenomena yang terjadi berkaitan
dengan penerapan SMM ISO 9001:2008
terhadap kinerja pegawai di Disnakertrans Kabupaten Langkat adalah, terjadinya reformasi birokrasi
ke arah yang lebih baik, di mana para
pegawai menjadi lebih disiplin dan lebih terukur kinerjanya, hal ini dapat terlihat dari hasil audit KAN
(Komite Akreditasi Nasional) 16 yang mengaudit institusi-institusi maupun
perusahaan-perusahaan yang mendapatkan
sertifikat ISO 9001:2008 yang dilakukan setiap tahun.
Contoh Skripsi Akuntansi:Analisis Pengaruh Karakteristik Individu dan Karakteristik Organisasi dalam Penerapan SMM ISO 90012008 Terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.