Skripsi Teknologi Informasi:Membuat Game Tom And Jerry Dengan Visual Basic 6.0


BAB  PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Komputer merupakan kata yang sudah tidak asing di abad ini. Seiring jalannya waktu  semakin canggih pula perkembangannya. Teknologi komputer membantu kehidupan  seseorang  menjadi  lebih  praktis  dan  cepat  dalam  arti  menghemat  waktu  dan  juga  menguntungkan  dalam  arti  menghemat  biaya.Ilmu  penerapan  komputer  atau  yang  lebih  dikenal  dengan  komputerisasi  telah  menjamur  disegala  bidang,  dan  hampir  semua aspek kehidupan tidak terlewat untuk tidak disentuh oleh komputerisasi.Salah  satu  manfaat  komputerisasi  adalah  perubahan  sistem  manual  menjadi  sistem  yang  modern.  Segala  macam  proses  yang  sebelumnya  dilakukan  oleh  manusia  dan  menghabiskan banyak waktu dan biaya dapat dihemat dengan adanya pergantian kerja  yang dilakukan oleh komputer. Komputer merupakan media yang dapat menyuguhkan  suatu  tampilan,  yaitu  teks,  gambar,  suara,  animasi,  dan  video  disatukan  dalam  komputer untuk disimpan, diproses, dan disajikan.
Dizaman modern seperti sekarang ini  game menjadi sesuatu hal  yang sangat  digemari masyarakat terutama anak-anak sekolah. Baik itu game online maupun    offline.  Tidak  sedikit  dari  mereka  yang  bermain  game  sampai  4  jam  lebih.  Dengan  kebiasaan  bermain  game  yang  terlalu  lama  ini  sehingga  berpengaruh  pada  nilai  akademiknya karena waktu belajarnya sudah dipakai untuk bermain  game. Tiada hari  tanpa bermain game itulah yang sering terucap dari mulut mereka.

Kebiasaan bermain  game  ini sudah menjadi seperti gaya hidup bagi mereka.
Membuat  forum  diskusi  khs  mengenai  game  ini  juga  mereka  lakukan.  Mereka  memanfaatkan  sosial  media  sebagai  alat  komunikasinya.  Disana  mereka  berbagi  informasi  mengenai  game  yang  mereka  mainkan.  Dari  trik-trik  yang  bisa  dipakai  sampai dengan voucher-voucher  yang bisa dibeli untuk menaikkan level  game  yang  dimainkan.
Dari berbagai game  online diatas hanya sebagian kecil yang mempunyai unsur  edukasi.  Kebanyaakan  dari  game  online  itu  hanya  menawarkan  kesenangan  belaka  yang membuat konsumennya lalai terutama para pelajar. Selain menghabiskan waktu  game online ini juga menghabiskan uang konsumennya. Dari membayar paket internet  sampai  membeli  voucher-voucher  game  yang  tidak  sedikit  nilainya  yaitu  mulai  dari  Rp 10.000,- sampai dengan Rp 100.000,-.
Bagi orang yang penghasilannya besar ini memang bukan masalah yang besar  kalau kita pandang dari sudut materi. Namun tetap berpengaruh juga terutama pada    mental  si  konsumen.  Kita  tahu  tidak  sedikit  pembunuhan  dan  perampokan  akibat  pengaruh dari game ini.
Oleh karena itulah penulis mencoba membuat suatu  game  yang mendidik dan  mengajak kita untuk berpikir. Game ini akan membuat kita mempunyai wawasan yang  luas.  Karena  setiap  tantangan  pada  game  ini  akan  dibuat  berdasarkan  pelajaranpelajaran  disekolah  sehingga  bisa  mengingatkan  para  pemakai  tentang  pelajaranpelajaran sekolahnya tanpa harus membuka buku terus.
1.2 Identifikasi Masalah Adanya  game  ini  diharapkan  mampu  membantu  anak-anak  untuk  mengurangi  kejenuhannya dari aktifitas-akifitas disekolah yang mungkin membuat mereka jenuh.
Di era  digital  sekarang  ini,  permainan-permainan tradisional tidak dapat lagi menarik  minat anak-anak , mereka sudah cenderung lebih tertarik dengan game-game modern  yang  menawarkan  banyak  pilihan  ,  baik  dari  segi  tampilan  dan  tantangan-tantangan  yang terdapat dalam game tersebut.  Maka dari itu, penulis mencoba membuat sebuah  game yang mungkin dapat menghibur anak-anak yang suka bermain game dikomputer  ataupun laptop mereka.
  1.3 Batasan Masalah Pada  penulisan  karya  ilmiah  ini,  penulis  membatasi  pembahasan  hanya  bagaimana  membuat  aplikasi  visulisasi  game  yang  akan  digunakan  anak-anak  dengan  menggunakan  bahasa  pemograman  Visual  Basic  versi  6.0,  dikarenakan  bahasa  ini  memiliki tools yang mempermudah programmer untuk membangun sebuah aplikasi.
1.4 Rumusan Masalah Rumusan  masalah  yang  dapat  ditarik  dari  pembangunan  program  aplikasi  game  ini adalah: 1.  Bagaimana  merancang  dan  mengimplementasikan  aplikasi  visualisasi,  dalam  hal ini adalah mengenai game.
2.  Perkembangan  zaman  yang  memicu  masyarakat  menggunakan  media  komputer.
3.  Sejauh  mana  aplikasi  game  ini  dapat  membantu  user  untuk  menghilangkan  kejenuhannya.
1.5 Maksud dan Tujuan  Adapun maksud dan tujuan penulisan ini adalah sebagai berikut:    1.   Untuk membantu anak-anak menghilangkan kejenuhannya bantuan komputer.
2.   Bagi  anak-anak,  aplikasi  ini  dapat  membantu  mereka  menghilangkan  kebosanan setelah belajar terus-menerus.
3.  Dengan  penggunaan  media  komputer  membuat  anak  terbiasa  menggunakan  fasilitas  komputer  yang  pada  masa  sekarang  ini  komputer  sudah  banyak  dipelajari disekolah-sekolah.
4.   Memenuhi persyaratan untuk menyelesaikan pendidikan dan mengambil gelar  ahli madya (amd).
1.6 Metode Penelitian  Penelitian yang dilakukan penulis dalam mengerjakan tugas akhir ini melalui beberapa  tahapan. Adapun uraian dari masing-masing tahapan tersebut adalah sebagai berikut: 1. Studi literatur Melakukan studi kepustakaan terhadap berbagai referensi  yang berkaitan dengan  penelitian  yang  dilakukan.  Seperti:  mencari,  mengumpulkan,  serta  membaca  literatur-literatur yang berhubungan dengan penulisan.
  2. Perancangan dan desain Pada  tahap  ini  dilakukan  perancangan  dan  desain  untuk  membuat  aplikasi  game dengan menggunakan Microsoft visual basic 6.0.
3. Prosedur pembuatan aplikasi  Pada tahap ini rancangan yang akan dibuat dan diimplementasikan dalam beberapa  tahap yaitu: 1.  Analisis sistem yaitu tahap untuk mengidentifikasi masalah.
2.  Desain yaitu tampilan program semenarik mungkin.
3.  Codingyaitu membuat kode pada program.
4.  Debuggingyaitu tahap pencarian kesalahan pada program.
5.  Compilingyaitu membuat program menjadi executable.
6.  Membuat petunjuk pengoperasian program.
4. Pengujian  Pada tahap ini dilakukan proses pengujian terhadap program yang dihasilkan untuk  mengetahui  apakah  program  sudah  berjalan  dengan  benar  dan  sesuai  dengan  perancangan yang dilakukan Pengujian.
5. Perbaikan  Memperbaiki  kesalahan  atau  kelemahan  yang  ditemukan  dan  memperbaikinya  untuk memaksimalkan aplikasi.
  6. Penynan laporan dan kesimpulan akhir Membuat laporan hasil analisa dan perancangan ke dalam format penulisan tugas  akhir dengan disertai kesimpulan akhir.


Skripsi Teknologi Informasi:Membuat Game Tom And Jerry Dengan Visual Basic 6.0
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads