BAB PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Komputer
merupakan kata yang sudah tidak asing di abad ini. Seiring jalannya waktu semakin canggih pula perkembangannya.
Teknologi komputer membantu kehidupan seseorang menjadi
lebih praktis dan
cepat dalam arti
menghemat waktu dan
juga menguntungkan dalam
arti menghemat biaya.Ilmu
penerapan komputer atau
yang lebih dikenal
dengan komputerisasi telah
menjamur disegala bidang,
dan hampir semua aspek kehidupan tidak terlewat untuk
tidak disentuh oleh komputerisasi.Salah satu manfaat
komputerisasi adalah perubahan
sistem manual menjadi
sistem yang modern.
Segala macam proses
yang sebelumnya dilakukan
oleh manusia dan menghabiskan
banyak waktu dan biaya dapat dihemat dengan adanya pergantian kerja yang dilakukan oleh komputer. Komputer
merupakan media yang dapat menyuguhkan suatu tampilan,
yaitu teks, gambar,
suara, animasi, dan
video disatukan dalam komputer
untuk disimpan, diproses, dan disajikan.
Dizaman modern seperti sekarang
ini game menjadi sesuatu hal yang sangat digemari masyarakat terutama anak-anak
sekolah. Baik itu game online maupun offline. Tidak
sedikit dari mereka
yang bermain game
sampai 4 jam
lebih. Dengan kebiasaan
bermain game yang
terlalu lama ini
sehingga berpengaruh pada
nilai akademiknya karena waktu
belajarnya sudah dipakai untuk bermain
game. Tiada hari tanpa bermain
game itulah yang sering terucap dari mulut mereka.
Kebiasaan bermain game
ini sudah menjadi seperti gaya hidup bagi mereka.
Membuat forum
diskusi khs mengenai
game ini juga
mereka lakukan. Mereka memanfaatkan
sosial media sebagai
alat komunikasinya. Disana
mereka berbagi informasi mengenai
game yang mereka
mainkan. Dari trik-trik
yang bisa dipakai sampai dengan voucher-voucher yang bisa dibeli untuk menaikkan level game
yang dimainkan.
Dari berbagai game online diatas hanya sebagian kecil yang
mempunyai unsur edukasi. Kebanyaakan
dari game online
itu hanya menawarkan
kesenangan belaka yang membuat konsumennya lalai terutama para
pelajar. Selain menghabiskan waktu game
online ini juga menghabiskan uang konsumennya. Dari membayar paket internet sampai
membeli voucher-voucher game
yang tidak sedikit
nilainya yaitu mulai
dari Rp 10.000,- sampai dengan Rp
100.000,-.
Bagi orang yang penghasilannya
besar ini memang bukan masalah yang besar kalau kita pandang dari sudut materi. Namun
tetap berpengaruh juga terutama pada mental si
konsumen. Kita tahu
tidak sedikit pembunuhan
dan perampokan akibat pengaruh dari game ini.
Oleh karena itulah penulis
mencoba membuat suatu game yang mendidik dan mengajak kita untuk berpikir. Game ini akan
membuat kita mempunyai wawasan yang luas. Karena
setiap tantangan pada
game ini akan
dibuat berdasarkan pelajaranpelajaran disekolah
sehingga bisa mengingatkan
para pemakai tentang
pelajaranpelajaran sekolahnya tanpa harus membuka buku terus.
1.2 Identifikasi Masalah Adanya game
ini diharapkan mampu
membantu anak-anak untuk
mengurangi kejenuhannya dari
aktifitas-akifitas disekolah yang mungkin membuat mereka jenuh.
Di era digital
sekarang ini, permainan-permainan tradisional tidak dapat
lagi menarik minat anak-anak , mereka
sudah cenderung lebih tertarik dengan game-game modern yang
menawarkan banyak pilihan
, baik dari
segi tampilan dan
tantangan-tantangan yang terdapat
dalam game tersebut. Maka dari itu,
penulis mencoba membuat sebuah game yang
mungkin dapat menghibur anak-anak yang suka bermain game dikomputer ataupun laptop mereka.
1.3 Batasan Masalah Pada
penulisan karya ilmiah
ini, penulis membatasi
pembahasan hanya bagaimana membuat
aplikasi visulisasi game
yang akan digunakan
anak-anak dengan menggunakan
bahasa pemograman Visual
Basic versi 6.0,
dikarenakan bahasa ini memiliki
tools yang mempermudah programmer untuk membangun sebuah aplikasi.
1.4 Rumusan Masalah Rumusan masalah
yang dapat ditarik
dari pembangunan program
aplikasi game ini adalah: 1. Bagaimana
merancang dan mengimplementasikan aplikasi
visualisasi, dalam hal ini adalah mengenai game.
2. Perkembangan
zaman yang memicu
masyarakat menggunakan media komputer.
3. Sejauh
mana aplikasi game
ini dapat membantu
user untuk menghilangkan kejenuhannya.
1.5 Maksud dan Tujuan Adapun maksud dan tujuan penulisan ini adalah
sebagai berikut: 1. Untuk membantu anak-anak menghilangkan
kejenuhannya bantuan komputer.
2. Bagi
anak-anak, aplikasi ini
dapat membantu mereka
menghilangkan kebosanan setelah
belajar terus-menerus.
3. Dengan
penggunaan media komputer
membuat anak terbiasa
menggunakan fasilitas komputer
yang pada masa
sekarang ini komputer
sudah banyak dipelajari disekolah-sekolah.
4. Memenuhi persyaratan untuk menyelesaikan
pendidikan dan mengambil gelar ahli
madya (amd).
1.6 Metode Penelitian Penelitian yang dilakukan penulis dalam
mengerjakan tugas akhir ini melalui beberapa tahapan. Adapun uraian dari masing-masing
tahapan tersebut adalah sebagai berikut: 1. Studi literatur Melakukan studi
kepustakaan terhadap berbagai referensi
yang berkaitan dengan penelitian yang
dilakukan. Seperti: mencari,
mengumpulkan, serta membaca literatur-literatur yang berhubungan dengan
penulisan.
2. Perancangan dan desain Pada
tahap ini dilakukan
perancangan dan desain
untuk membuat aplikasi
game dengan menggunakan Microsoft visual basic 6.0.
3. Prosedur pembuatan aplikasi Pada tahap ini rancangan yang akan dibuat dan
diimplementasikan dalam beberapa tahap
yaitu: 1. Analisis sistem yaitu tahap
untuk mengidentifikasi masalah.
2. Desain yaitu tampilan program semenarik
mungkin.
3. Codingyaitu membuat kode pada program.
4. Debuggingyaitu tahap pencarian kesalahan pada
program.
5. Compilingyaitu membuat program menjadi
executable.
6. Membuat petunjuk pengoperasian program.
4. Pengujian Pada tahap ini dilakukan proses pengujian
terhadap program yang dihasilkan untuk mengetahui apakah
program sudah berjalan
dengan benar dan
sesuai dengan perancangan yang dilakukan Pengujian.
5. Perbaikan Memperbaiki
kesalahan atau kelemahan
yang ditemukan dan
memperbaikinya untuk
memaksimalkan aplikasi.
6. Penynan laporan dan kesimpulan akhir Membuat laporan hasil analisa
dan perancangan ke dalam format penulisan tugas akhir dengan disertai kesimpulan akhir.
Skripsi Teknologi Informasi:Membuat Game Tom And Jerry Dengan Visual Basic 6.0
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|