Skripsi Manajemen: PENGARUH PRODUCT PLACEMENT PRODUK APPLE DALAM FILM IRON MAN 2TERHADAP PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS SUMATERA UTARA


BAB I  PENDAHULUAN  
1.1   Latar Belakang   
Persaingan berbagai merek di setiap industri sangat ketat dan sudah  memasuki kategori hypercompetitiveatau mega-competition. Perusahaan yang  mampu bersaing akan tetap berdiri dan melebarkan sayapnya, sedangkan  perusahaan yang tidak mampu bersaing, akantersisihkan dari peta persaingan  bisnis.
Persepsi konsumen merupakan suatu hal yang penting yang perlu  diperhatikan dalam aktivitas pemasaran. Persepsi konsumen merupakan makna  yang kita pertalikan berdasarkan pengalaman masa lalu, stimuli (rangsanganrangsangan) yang kita terima melalui limaindera. Stimuli atau stimulus dapat  berupa bentuk fisik, visual, atau komunikasi verbal yang dapat mempengaruhi  individu. Persepsi tiap konsumen terhadap suatu objek akan berbeda-beda oleh  karena itu seorang pemasar harus mampu menyediakan sesuatu yang khusus  sebagai stimuli jika ia ingin menarik perhatian konsumen (Setiadi, 2003:160).
 Pemasar umumnya mengunakan iklan sebagai suatu strategi untuk  menginformasikan, membujuk maupun mengingatkan produk mereka kepada  konsumen maupun calon konsumennya.
Akan tetapi lambat laun periklanan mulai  berkurang keefektifitasannya karena konsumen cenderung mengabaikan  keberadaan iklan tersebut. Sebuah survey di Amerika Serikat mengungkapkan  bahwa 78% perusahaan menyatakan bahwa iklan televisi berdurasi 30 detik sudah  tidak efektif lagi karena konsumen cenderung melewatkannya (www.swa.co.id ).
Oleh karena itu,dibutuhkan cara alternatif untuk mendekati konsumen dalam  memasarkan produk atau jasa. Salah satucara yang sebenarnya bukan merupakan  hal baru adalah product placement.
Product placementialah bentuk strategiyang banyak dilakukan  perusahaan untuk menunjukkan bagaimana produk seolah-olah merupakan bagian  dari sebuah film atau acara televisi (Hill, 2007:286). Product placementjuga  dapat kita artikan sebagai sebuah aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan  perusahaan untuk mempromosikan produknya melalui film, program tv, dan  berbagai media entertainment lainnya. Kegiatan pemasar menyelipkan produk  kedalam film dilandasi keyakinan bahwa upaya persuasif akan menjadi efektif  ketika audience tidak merasa sedang dipersuasi (Bhatmagar dalam Brotoharsojo,  2005:8).
Product placementmembuka wawasan dari pemasar untuk membuka  peluang baru periklanan produknya melalui suatu media tertentu. Konsep ini  mirip dengan sponsorship, tapi perbedaannya terletakpada tidak disebutkannya  kata sponsor dalam tampilan film atau acara yang diikutinya, karena tampil  sebagai bagian dari film atau acara televisi tersebut. Selain itu pada sponsorship biaya yang dikeluarkan lebih besar daripada  product placement,  karena  sponsorship menunjukkan produk tertentu pada keseluruhan film atau acara yang  diikutinya sehingga sponsorship memiliki brand recall yang lebih tinggi daripada  product placement yang hanya muncul pada beberapabagian dari film atau acara  yang diikutinya (Belch dan Belch, 2004: 157).
 Peran product placementsangatlah luas bila kita lihat dari setiap sektor  media, secara khusus peneliti membatasi penelitian product placementyang  terdapat di dalam film. Menurut D’astous dan Chartier (2002), ada tiga alasan  mengapa para pemasar ingin menerapkan product placement di film-film.
 Pertama, menonton sebuah film menyita sebuah perhatian yang tinggi dan  melibatkan aktivitas. Menampilkan sebuah product placement dalam sebuah film  kepada penonton yang sangat memperhatikannya dapat menghasilkan brand  awareness yang sangat tinggi.
Kedua, film-film yang sukses dapat menarik penonton dalam jumlah yang  besar. Sebagai contoh, Terminator II selama pemutarannya di bioskop saja telah  disaksikan oleh jutaan orang, dan ini belum termasuk pembelian dan penyewaan  videonya, dan pemutarannya di televisi selama bertahun-tahun setelahnya. Karena  itu, bila dilihat dari cost per viewer, product placement dalam sebuah film akan  sangat menguntungkan.


Download lengkap Versi PDF