BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar
Belakang
Seiring dengan
perkembangan teknologi saat ini, komputer memiliki banyak manfaat di berbagai bidang
bagi manusia yaitu bidang informasi, edukasi, bisnis dan komunikasi. Begitu
banyak teknologi komputer yang berguna untuk mempermudah manusia dalam
menyelesaikan pekerjaan. Salah satu teknologi komputer yang sedang berkembang
pada saat ini adalah teknologi Augmented Reality (AR). Augmented Reality adalah
sebuah teknologi untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia maya.
Augmented
Reality menggunakan kamera (real time) yang akan menangkap sebuah gambar untuk
menampilan sebuah model visualisasi.
Teknologi AR
telah dikembangkan pada platform iOS dan Android. Sistem operasi mobile
keduanya tentunya begitu tren di kalangan masyarakat karena sangat mudah
digunakan dan stylish, terutama pada platform Android. Android adalah sistem operasi
yang berbasis linux yang telah dimodifikasi untuk digunakan di smartphone dan
juga tablet PC. Dengan keunggulan android gratis dan open source sehingga, banyak
aplikasi yang telah diciptakan para pengembang untuk berbagai piranti bergerak
sesuai dengan keinginan pasar.
Komponen
Elektronika sangat cocok untuk dijadikan sebagai teknologi AR karena minimnya
masyarakat tentang pengetahuan akan bentuk dan fungsi dari sebuah komponen.
Karena komponen elektronika berupa sebuah alat atau benda yang menjadi bagian
pendukung suatu rangkaian elektronika yang dapat bekerja sesuai dengan
kegunaannya. Benda yang menempel langsung pada papan rangkaian berupa PCB, CCB,
Protoboard maupun Veroboard dengan cara disolder.
Dengan adanya teknologi ini, akan mempermudah
dengan dibangunnya sebuah sistem dengan konsep yang meyerupai bentuk asli yaitu
Augmented Reality berupa objek 3D. Terdapat 5 bentuk objek yang akan
diimplementasikan ke dalam teknologi AR yang berguna dalam pembelajaran untuk
mewakili begitu banyak komponen yang berkaitan dengan dunia mikroelektronika.
Pembuatan aplikasi Augmented Reality ini akan menggunakan Unity sebagai
komponen utama yang ditambah library Augmented Reality untuk marker based
tracking yaitu Vuforia. Dan software yang digunakan untuk membuat objek 3D
adalah Blender 3D. Implementasi dalam pembuatan aplikasi berbasis android ini
pastinya berharap dapat memberikan informasi kepada masyarakat tentang
pengenalan dan pembelajaran berbagai jenis komponen elektronika.
Contoh Skripsi Computer Science:Implementasi Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran untuk Memperkenalkan Komponen Elektronika Berbasis Android
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.