BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Banyaknya
provider GSM (Global System for Mobile Communication) di Indonesia memberikan
layanan dan kemudahan akses internet. Dengan adanya persaingan operator ini
konsumen dituntut untuk jeli dalam memilih paket internet yang sesuai dengan
kebutuhan dan daya belinya. Sehingga tidak merugikan konsumen itu sendiri.
Hal ini tentunya
akan mempersulit para konsumen dalam menentukan pilihan yang tepat, sesuai
dengan kriteria yang diinginkannya (Prasetyo, dkk. 2013).
Internet tak
lagi dipandang sebagai sebuah kebutuhan sekunder, tetapi sudah menjadi
kewajiban. Bahkan, survei secara global yang dilakukan oleh Centre for International
Governance Innovation (CIGI) dan Ipsos menyimpulkan bahwa responden dari 24 negara berpendapat bahwa
kemudahan akses ke internet harus menjadi salah satu hak asasi manusia
(Noviadhista, 2015).
Untuk mengatasi
masalah tersebut maka akan dibuat suatu sistem pendukung keputusan yang
memudahkan konsumen dalam memilih paket internet yang akan digunakan. Dengan
adanya sistem pendukung keputusan ini diharapkan dapat membantu konsumen dalam
menentukan pilihan paket Internet yang sesuai kebutuhan. Sistem pendukung
keputusan merupakan salah satu cabang kecerdasan buatan (artificial
intelligence) yang banyak digunakan. Terdapat banyak metode yang dapat
digunakan oleh pengambil keputusan untuk membantu menemukan solusi atau alternatif
yang optimum untuk sebuah masalah. Dalam sistem pendukung keputusan ini metode
yang digunakan adalah Metode SMART (Simple Multi Attribute Rating Technuque)
dan Metode WP (Weighted Product).
Metode pembobotan SMART merupakan metode
pendukung keputusan yang paling sederhana. Dalam metode ini dilihat beberapa
parameter yang menjadi penentu keputusan tersebut. Parameter tersebut mempunyai
range nilai dan bobot yang berbeda-beda. Nilai tersebut nantinya akan menjadi
penentu keputusan yang diambil (Yulianti, 2015). Sedangkan Metode Weighted
Product merupakan bagian dari konsep Multi-Attibute Decision Making (MADM)
dimana diperlukan normalisasi pada perhitungannya (Alfita, 2011).
Contoh Skripsi Computer Science:Implementasi Metode Smart (Simple Multi Attribute Rating Technique) dan Metode WP (Weighted Product) pada Sistem Pendukung Keputusan dalam Menentukan Paket Internet
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : Penulisan Laporan Tugas Akhir, Contoh Judul Skripsi Terlengkap, Contoh Skripsi 2017, Koleksi Skripsi Lengkap Dari Berbagai Jurusan, Kumpulan Artikel Skripsi, Membuat Riset Skripsi Lebih Mudah dan Cepat