Contoh Skripsi Civil Engineering:Studi Optimasi Pola Tanam Pada Daerah Irigasi Namu Sira-sira dengan Program Linier



BAB I
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang  
Hasil produksi pertanian secara umum dipengaruhi oleh pengelolaan areal  pertanian yang baik dan benar. Salah satu faktor yang mempengaruhi pengelolaan areal  pertanian adalah tersedianya sumber daya air untuk pengelolaan tanah dan pemenuhan  kebutuhan air tanaman. Untuk memenuhi kebutuhan air tanaman sepanjang tahun dapat  dilakukan melalui irigasi. Irigasi dimaksudkan untuk mendukungproduktivitas usaha  tani guna meningkatkan produksi pertanian dalam rangkaketahanan pangan nasional  dan kesejahteraan masyarakat, khsnya petani yangdiwujudkan melalui keberlanjutan  sistem irigasi.

Tujuan irigasi adalah mengalirkan air secara teratur sesuai kebutuhantanaman  pada saat persedian air tanah tidak mencukupi untuk mendukungpertumbuhan tanaman,  sehingga tanaman bisa tumbuh secara normal. Pemberianair irigasi yang efisien selain  dipengaruhi oleh tata cara aplikasi, juga ditentukanoleh kebutuhan air guna mencapai  kondisi air tersedia yang dibutuhkan tanaman.Hal ini tidak terlepas dari usaha teknik  irigasi yaitu memberikan airdengan kondisi tepat mutu, tepat ruang dan tepat waktu  dengan cara yang efektifdan ekonomis.
Daerah irigasi (D.I.) adalah suatu wilayah daratan yang kebutuhan  airnyadipenuhi oleh sistem irigasi. Daerah irigasi biasanya merupakan areal  persawahanyang  membutuhkan banyak air untuk produksi padi. Untuk  meningkatkanproduksi pada areal persawahan dibutuhkan sistem irigasi yang handal,  yaitusistem irigasi yang dapat memenuhi kebutuhan air irigasi sepanjang tahun.Daerah  Irigasi Namu Sira-sira dilihat dari letak geografis terletak pada posisi3⁰27’ - 3⁰36’ LU  dan 98⁰23’ - 98⁰31’ BT. Kebutuhan air irigasi pada D.I. Namu Sira-sira diambil dari   2  sungai Bingei yang dibendung. Daerah irigasi ini dibagi menjadi dua saluran primer  yaitu saluran primer kanan dan saluran primer kiri. Dimana dalam penelitian ini hanya  membahas tentang saluran primer kanan. Saluran primer kanan pada D.I. Namu Sirasira memliki luas lahan 3654 Ha dengan rencana 3 kali musim tanam dalam satu tahun,  namun dalam pelaksanaan dilapangan hanya bisa  dilakukan 2 kali musim tanam.
Musim tanam pertama dimulai pada bulan Februari hingga Juni, musim tanam kedua  dimulai pada bulan Juli hingga November.
Pola tanam yang diterapkan di D.I. Namu Sira-sira kanan dibuat berdasarkan  keputusan bersama antara Dinas Pertanian dan P3A, yang mana selanjutnya pola tanam  yang telah disetujui tersebut diserahkan kepada Dinas Pengairan untuk dilakukan  penjadwalan pembagian air. Umumnya komoditas yang ditanam di D.I. Namu Sira-sira  adalah padi sawah dan jagung. Berdasarkan data dari Dinas Pengairan Sei Bingei total  lahan yang ditanami untuk 2 kali musim tanam adalah sekitar 6524 Ha, luas tanam ini  harusnya dapat mencapai 7308 Ha.

Contoh Skripsi Civil Engineering:Studi Optimasi Pola Tanam Pada Daerah Irigasi Namu Sira-sira dengan Program Linier
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.