Contoh Skripsi Computer Science:Implementasi Augmented Reality Pada Alat Musik Bonang Jawa Berbasis Android

BAB 1
 PENDAHULUAN
Pada bab ini akan menjelaskan mengenai latar belakang pemilihan judul skripsi “Implementasi Augmented Reality pada Alat Musik Bonang Jawa Berbasis Android”, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi penelitian, dan sistematika penulisan.
1.1. Latar Belakang
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan semakin cepat dan pesat. Kemajuan tersebut ditandai dengan adanya teknologi komputer yang semakin canggih. Tentunya dapat berpangaruh dalam berbagai aspek dan bidang, salah satunya adalah seni dan budaya. Saat ini, hampir seluruh bidang seni dan budaya membutuhkan teknologi komputer sebagai media pembelajaran dan penyampaian informasi dan juga dapat dijadikan sebagai media pembudidayaan dan pelestarian seni dan budaya yang ada di Indonesia.

Salah satu teknologi komputer yang berkembang saat ini adalah Augmented Reality. Augmented Reality merupakan penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata, dan terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata.
Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai, interaktivitas yang dimungkinkan melalui perangkat-perangkat input tertentu, dan integrasi yang baik serta memerlukan penjejakan yang efektif. (Ronald T. Azuma.
1997). Augmented Reality memiliki kelebihan dalam interaksi manusia dengan komputer yang disebabkan karena tampilan objek yang menarik dan berbentuk objek 3 dimensi sehingga terlihat lebih jelas, dinamis dan real-time.
Menurut Hanif (2013) teknologi Augmented Reality banyak digunakan pada bidang kesehatan, militer dan pelenggaraan hukum, kendaraan, ruang percobaan, wisata, arsitektur, pertunjukkan atau bioskop (cinema), hiburan, penterjemahan, ramalan cuaca, pertelevisian, astronomi, iklan dan navigasi. Augmented Reality juga dapat digunakan pada sarana pendidikan dalam dunia kesenian, salah satunya yakni alat-alat musik tradisional daerah, contohnya Alat Musik Bonang Jawa. Bonang merupakan salah satu alat musik yang digunakan dalam gamelan Jawa. Bonang juga merupakan instrumen melodi terkemuka di Degung Gamelan Sunda. Dimainkan dengan cara dipukul atau ditabuh pada bagian atasnya yang menonjol atau disebut dengan pencu (pencon) dengan menggunakan dua pemukul khs yang terbuat dari tongkat berlapis yang disebut dengan sebutan bindhi. Pada umumnya, aplikasi yang memanfaatkan teknologi Augmented Reality dalam penerapannya bertujuan untuk menyajikan informasi kepada pengguna secara jelas, interaktif dan real-time. Hal ini sangat mendukung untuk menjadikan alat musik Bonang Jawa ke dalam aplikasi Augmented Reality berbasis Android sehingga tampilan yang dihasilkan dapat menyerupai nyata dan lebih menarik.

Saat ini, perhatian dan minat bakat masyarakat khsnya generasi muda mulai menurun untuk mempelajari, memperkenalkan dan melestarikan alat musik daerah yang dimiliki. Menurunnya minat dan keinginan tersebut disebabkan karena generasi muda lebih menyukai alat musik modern dibandingkan dengan alat musik tradisional dikarenakan pergeseran zaman dan pasar industri alat musik modern lebih dominan dibandingkan dengan alat musik tradisional. Hal ini dapat diakibatkan oleh kurangnya peranan pemerintah dalam mempromosi dan membudidayakan alat-alat musik tradisional baik di daerahnya sendiri maupun secara nasional serta peranan sekolah yang kurang maksimal dalam pelaksanaan dan pelestarian alat-alat musik tradisional khsnya Bonang Jawa.

Contoh Skripsi Computer Science:Implementasi Augmented Reality Pada Alat Musik Bonang Jawa Berbasis Android
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.