PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Penelitian
Kinerja birokrasi
pada era reformasi dan otonomi daerah menjadi masalah yang sangat strategis dan
menjadi sorotan publik. Kinerja birokrasi disinyalir masih relatif rendah dan
belum sepenuhnya bisa memenuhi harapan dan pilihan publik. Banyak masalah
strategis yang dihadapi dalam birokrasi publik untuk melaksanakan apa yang
menjadi tugas pokok, fungsi, kewenangan, dan tanggung jawab yang telah
diamanatkan.
Disamping
berasal dari kompleksitas masalah lingkungan internal birokrasi publik, masalah
tersebut juga berasal dari lingkungan eksternal, yakni berupa dinamika
masyarakat dan tumbuh kembangnya masalah yang dihadapi oleh masyarakat sebagai
pihak yang dilayani. Untuk mengatasi belum optimalnya kinerja birokrasi dalam
melaksanakan tugas pokoknya, birokrasi perlu dibangun kembali. Pembangunan
kembali birokrasi ini diarahkan pada peningkatan kompetensi dan profesionalisme
birokrasi dalam melaksanakan tugas utamanya.
Salah satu
pendekatan membangun birokrasi yang profesional adalah membangun birokrasi
melalui aspek atau dimensi kelembagaan. Membangun birokrasi dari dimensi
perangkat kelembagaan, berarti melakukan penataan kembali baik lembaga
(organisasi) maupun struktur kelembagaan. Lembaga yang dibentuk harus
benar-benar lembaga yang dibutuhkan oleh masyarakat dan sesuai dengan kondisi,
potensi, dan karakteristik yang dimiliki daerah.
Simamora didalam buku Mangkunegara (2009:14)
bahwa kinerja (performance) dipengaruhi oleh tiga faktor yaitu : 1. Faktor
individual yang terdiri dari : Kemampuan dan keahlian, latar belakang, dan
demografi.
2. Faktor
psikologis yang terdiri dari : Persepsi, attitude, personality, pembelajaran,
dan motivasi.
3. Faktor
organisasi yang terdiri dari : Sumber daya, kepemimpinan, penghargaan,
struktur, dan desain pekerjaan.
Membangun
birokrasi dengan pendekatan kelembagaan menjadikan struktur organisasi menjadi
variabel yang cukup penting terhadap kinerja yang ingin dicapai. Untuk mencapai
tujuan itu diperlukan proses pengorganisasian, dan proses ini tercermin dalam
struktur organisasi.
Contoh Skripsi Manajemen:Pengaruh Struktur Organisasi Dan Desain Pekerjaan Terhdap Kinerja Pegawai Pada Bidang Pendapatan Dinas Pengelolaan Keuangan Dan Aset (DPKA)
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.