Contoh Skripsi Farmasi:Optimasi Fase Gerak Metanol-Dapar Fosfat dan Laju Alir pada Penetapan Kadar Natrium Benzoat dan Kalium Sorbat dalam Sirup dengan Metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT)



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Bahan Tambahan Makanan (BTM) atau food additives adalah senyawa  atau campuran berbagai senyawa yang sengaja ditambahkan ke dalam makanan  dan terlibat dalam proses pengolahan, pengemasan dan penyimpanan, bukan  merupakan bahan utama. Penambahan BTM secara umum bertujuan untuk  meningkatkan nilai gizi makanan, memperbaiki nilai sensori makanan dan  memperpanjang umur simpan makanan (Wisnu, 2002).

Zat pengawet adalah bahan yang ditambahkan kedalam makanan dengan  tujuan untuk menghambat kerusakan oleh mikroorganisme (bakteri, khamir,  kapang) sehingga proses pembkan dan pengasaman akibat penguraian dapat  dicegah. Bahan pengawet pada makanan berfungsi menekan pertumbuhan  mikroorganisme yang merugikan, menghindarkan oksidasi makanan sekaligus  menjaga nutrisi makanan.
Jenis pengawet yang umum digunakan pada makanan dan minuman  adalah asam benzoat dan asam sorbat. Biasanya pengawet ini digunakan dalam  bentuk garamnya karena bersifat lebih larut air dari pada bentuk asamnya. Tujuan  penambahan pengawet ini adalah untuk mencegah pertumbuhan bakteri, jamur  dan kapang (Rimbawan, 2001).
Kombinasi pengawet natrium benzoat dan kalium sorbat banyak  digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman seperti jus buah, air  soda, kecap, margarin, mentega, minuman ringan, sambal, saus salad, saus tomat,  selai, sirup buah dan lainnya (Nova, 2007).
 18  Bahan makanan atau minuman yang menggunakan bahan pengawet seperti  natrium benzoat dan kalium sorbat, jika dikonsumsi secara terus menerus akan  terakumulasi dan menimbulkan efek yang merugikan bagi kesehatan. Penggunaan  pengawet tersebut dalam jangka panjang dapat menimbulkan penyakit Lupus atau  Systemic Lupus Erithematosus  (SLE) (Yamauchi, et.al., 2004).  Berdasarkan  PERMENKES RI Nomor 722/Menkes/Per/IX/88, batas maksimum penggunaan  natrium benzoat dan kalium sorbat dalam sirup masing-masing1000  mg/kg dan  800 mg/kg.


Contoh Skripsi Farmasi:Optimasi Fase Gerak Metanol-Dapar Fosfat dan Laju Alir pada Penetapan Kadar Natrium Benzoat dan Kalium Sorbat dalam Sirup dengan Metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT)
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.