Contoh Skripsi Electrical Engineering:Analisa Lamanya Waktu Block Rotor Yang Aman Pada Motor Induksi Rotor Sangkar




BAB I
PENDAHULUAN
I. 1. Latar Belakang
Motor induksi tiga phasa adalah motor listrik yang paling banyak digunakan  dalam industri dan jenis motor induksi yang paling banyak digunakan adalah motor  induksi rotor sangkar.
Apabila dioperasikan dalam selang waktu tertentu maka akan timbul panas  pada motor induksi. Dalam pengoperasian motor induksi secara normal, panas yang  dihasilkan tidak akan menyebabkan kenaikan temperatur yang tinggi. Hal ini  dikarenakan arus yang mengalir pada belitan stator tidak menghasilkan panas yang  besar, selain itu sebagian panas yang dibuang (didisipasikan) masih sebanding  dengan panas yang dihasilkan sehingga belitan tidak akan mencapai temperatur yang  tinggi.

Akan tetapi ada kondisi dimana dihasilkan panas yang besar sehingga  menyebabkan kenaikan temperatur yang sangat cepat, kondisi ini terjadi apabila  motor induksi dalam keadaan block rotor. Block rotor terjadi apabila torsi beban  yang dipikul motor induksi melebihi torsi maksimal yang sanggup dihasilkan motor  sehingga menyebabkan rotor berhenti berputar. Keadaan block rotor ada kalanya  dapat  terjadi pada motor induksi yang dioperasikan pada industri penggilingan,  pengeboran, ataupun pada motor-motor yang mengalami kerusakan pada bearing.
Dalam keadaan block rotor, maka keseluruhan daya yang disuplai pada motor  diubah menjadi energi panas, dimana besar arus yang mengalir pada motor dapat   mencapai lima kali arus yang mengalir pada saat beban penuh. Arus yang besar ini  akan menghasilkan panas yang sangat besar pada motor induksi, sehingga sebagian  panas yang dibuang (didisipasikan) tidak sebanding dengan panas yang dihasilkan,  hal ini akan menyebabkan temperatur pada stator maupun rotor akan meningkat  dengan sangat cepat. Apabila dibiarkan terus menerus maka panas yang timbul ini  dapat menyebabkan pengurangan umur isolasi belitan dan dapat menyebabkan  kerusakan pada isolasi. Oleh karena itu perlu diketahui lamanya waktu block rotor  yang aman pada motor induksi tanpa menyebabkan kerusakan pada motor tersebut.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi lamanya waktu block rotor yang aman,  diantaranya adalah kelas isolasi, suhu belitan sebelum terjadi block rotor, dan  besarnya arus pada saat terjadi block rotor.
Dilatar belakangi hal tersebut maka penulis melalui tugas akhir ini hendak  menganalisa lamanya waktu block rotor yang aman pada motor induksi rotor  sangkar. Lamanya waktu yang aman yang dibahas adalah lamanya waktu kenaikan  temperatur belitan stator untuk mencapai batas temperatur maksimal yang diijinkan  berdasarkan standar IEC 60034-18-1 sehingga temperatur tersebut tidak  menyebabkan pengurangan umur isolasi yang terlalu besar  I. 2. Tujuan dan Manfaat Penulisan Tujuan penulisan tugas akhir ini adalah mengetahui lamanya waktu block rotor  yang aman pada motor induksi rotor sangkar sesuai dengan kelas isolasinya.



Contoh Skripsi Electrical Engineering:Analisa Lamanya Waktu Block Rotor Yang Aman Pada Motor Induksi Rotor Sangkar
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.