Contoh Skripsi Economic Development:Potensi dan Prospek Pembiayaan Syariah Bagi Petani Sawit di Kabupaten Madina



 BAB 1  
PENDAHULUAN  
1.1. Latar Belakang  
Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa ekonomi syariah cukup  berkembang baik pada dataran teoritis maupun praktis. Dari segi teoritis, semakin  banyak karya ilmiah yang dilahirkan oleh para sarjana peminat ekonomi syariah.
 Teori-teori yang dikemukakan hampir meliputi semua aspek yang juga dikaji  dalam ekonomi konvensional seperti teori ekonomi pembangunan, manajemen,  akuntansi, keuangan, perbankan, dan sebagainya. Meskipun telah dibandingkan  dengan ekonomi konvensional. (Antonio, 2001).

 Perkembangan bank syariah di Negara-negara Islam berpengaruh pada  perbankan di Indonesia. Pada awal periode 1980-an, diskusi mengenai bank  syariah sebagai pilar ekonomi Islam mulai dilakukan. Beberapa uji coba pada  skala yang relatif terbatas mulai diwujudkan di Indonesia sebagai contoh adalah  Baitul Tamwil-Salman di Bandung yang sempat tumbuh mengesankan. Di  Jakarta juga di bentuk lembaga serupadalam bentuk koperasi, yakni Koperasi  Ridho Gusti dan lain-lain.
 Akan tetapi, prakarsa lebih khs untuk mendirikan bank Islam di  Indonesia baru dilakukan pada tahun 1990. Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada  tanggal 18-20 Agustus 1990 menyelenggarakan Lokakarya Bunga Bank dan  Perbankan di Cisarua, Bogor, Jawa Barat.Hasil Loka Karya Tersebut di bahas  lebih mendalam pada Musyawarah Nasional IV MUI yang berlangsung di Hotel       Sahid Jaya Jakarta, 22-25 Agustus 1990. Berdasarkan amanat Munas IV MUI, di  bentuk kelompok kerja untuk mendirikan bank Islam di Indonesia. ( Antonio,  2001:25)  Negara Indonesia terdapat dua jenis bank yang melakukan aktivitas dalam  lingkup yang berbeda, yaitu bank konvensional dengan konsep bunga dan bank  syariah dengan konsep bebas bunga serta bagi hasil. Bagi bank yang berdasarkan  pada prinsip syariah tidak dikenal bungadalam memberikan jasa simpanan  maupun pinjaman. Di bank ini jasa bank yang diberikan disesuaikan dengan  hukum Islam. Prinsip pembiayaan syariah yang diterapkan oleh bank syariah  adalah pembiayaan berdasarkan prinsip bagi hasil (mudharabah), pembiayaan  berdasarkan prinsip penyertaan modal (musyarakah), prinsip jual beli barang  dengan memperoleh keuntungan (murabahah) atau pembiayaan barang modal  berdasarkan prinsip sewa murni tanpa pilihan (ijarah)atau dengan adanya pilihan  pemindahan kepemilikan atas barang yang disewa dari pihak bank oleh pihak lain  (ijarah wa aqtina) (Kashmir, 2004:25).


 Contoh Skripsi Economic Development:Potensi dan Prospek Pembiayaan Syariah Bagi Petani Sawit di Kabupaten Madina
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.