BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Revolusi
industri telah membawa kehidupan umat manusia lebih maju. Era demi era bergeser seiring kemajuan zaman. Pada
awalnya revolusi industri membawa dampak
baik kehidupan manusia. Kesejahteraan yang meningkat dan kemudahan terhadap akses kebutuhan jauh lebih
baik. Namun, tampaknya ada yang terlupa,
bahwa kebutuhan dalam jangka pendek akan sangat cepat terpenuhi.
Sementara bumi yang menjadi tempat
hidup menjadi korban secara terus
menerus, karena yang terjadi adalah eksploitasi besar-besaran tanpa memikirkan apa yang yang akan terjadi nanti.
Mengambil maksimalisasi laba dengan
mengesampingkan kepentingan lingkungan sama artinya dengan berpandangan jangka pendek merupakan bencana
jangka panjang. Kegiatan perusahaan yang
menitikberatkan pada keuntungan ternyata sekarang telah bergeser. Proposisi teori klasik sebagaimana
dirumuskan oleh Adam Smith tugas
korporasi diletakkan semata-mata mencari keuntungan, “ the only duty of the corporation is to make profit” .
Perusahaan yang ingin baik pencitraannya dimata publik haruslah memikirkan dampak lebih
yang dapat mereka bagi terhadap
lingkungan dan manusia di sekitar mereka. Menurut Friedman dalam Djalil (2003) “ the Social Responsibilities of
Businnes is to increase its profit”.
Kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk
mengakomodir kebaikannya terhadap
lingkungan sosial dikenal sebagai Corporate Social Responsibility yang xiii selanjutnya disebut sebagai CSR.
Tujuan utama perusahaan adalah meningkatkan
nilai perusahaan. Nilai perusahaan akan
meningkat secara berkelanjutan apabila dalam menjalankan operasinya perusahaan memperhatikan dimensi
ekonomi, dimensi sosial dan dimensi
lingkungan hidup. Dimensi ekonomi dapat diproksikan melalui profitabilitas perusahaan, sementara dimensi
sosial dan dimensi lingkungan hidup tergambarkan
melalui CSR. Menurut Bowman&Haire (1976) dan Preston (1978) dalam Hackston&Milne (1996) dalam
Anggraini (2006) semakin tinggi tingkat profitabilitas
perusahaan maka semakin besar pengungkapan informasi sosial yang dilakukan perusahaan. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa, Corporate Social Responsibility
akan meningkatkan nilai perusahaan pada saat profitabilitas perusahaan meningkat.
Contoh Skripsi Akuntansi:Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure Terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Struktur Modal Sebagai Variabel Pemoderasi pada Perusahaan Properti yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.