BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Permasalahan Antrian
merupakan suatu fenomena alam yang terjadi apabila permintaan terhadap suatu pelayanan pada waktu tertentu
melebihi kapasitas pelayananpada waktu
yang sama (Sukaria, 2008).Pembahasan teori antrian lebih difokuskan pada upaya penguraian waktu tunggu yang terjadi
dalam barisan antrian. Peristiwa antrian
sangat sering terjadi yang dialami dalam kehidupan sehari-hari seperti mengantri untuk mendapatkan pelayanan
kesehatan di rumah sakit dimana komponen
dasar antrian terdiri dari kedatangan, pelayanan, dan antrian itu sendiri.
Rumah sakit merupakan suatu tempat
yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan
yang meliputi kuratif, dan preventif melalui pelayanan medis, rawat inap, dan administratif.Fungsi utama rumah
sakit adalah menyediakan dan menyelenggarakan
upaya kesehatan yang bersifat penyembuhan dan pemulihan pasien (Soeprapto, 2006).Berdasarkan Keputusan
Menteri Kesehatan RI No.983/SK/MENKES/XI/92,
rumah sakit mempunyai misi memberikan pelayanan
kesehatan yang bermutu dan terjangkau oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan
masyarakat.Antrian yang terjadi di rumah sakit dapat berdampak pada fungsi tersebut, sehingga
dapat menurunkan kualitas pelayanan yang
dirasakan oleh masyarakat.
Penelitian ini membahas tentang
antrian pada pengurusan Asuransi Kesehatan
(ASKES) yang dalam hal ini telah berubah menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) mulai
tanggal 1 Januari 2014 yang terdapat pada
RSUP. dr. Pirngadi . BPJS ini untuk berguna untuk meringankan biaya rumah sakit dari pasien yang berobat di
rumah sakit tersebut.Jumlah pengunjung
yang terlalu banyak tidak sebanding dengan kecepatan pelayanan sehingga sangat sering terjadi antrian pada
kasus ini.
Sumber : RSUP. dr.Pirngadi Gambar 1.1 Foto Antrian pada Pusat Pelayanan
Asuransi Kesehatan (ASKES/BPJS) di
RSUP.dr. Pirngadi Penyedia layanan
kesehatan di RSUP.dr. Pirngadi harus
dengan sigap melayani dan melakukan
tindakan untuk keselamatan setiap pasien yang dirawatnya. Untuk mencegah keterlambatan
proses penanganan pasien akibat mengurus
administrasi bagi masyarakat yang menggunakan BPJS, maka rumah sakit ini perlu mempersiapkan sistem
pelayanannya dengan baik.
Skripsi Industrial Engineering:Rancangan Model dan Simulasi Sistem Antrian pada Pusat Pelayanan Asuransi Kesehatan (ASKESBPJS)
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.