BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Dewasa ini,
pemasaran sangat mempengaruhi kehidupan manusia dalam sehari-harinya. Secara formal atau informal,
orang dan organisasi terlibat dalam sejumlah
besar aktivitas yang dapat kita sebut pemasaran. Pemasaran melekat dalam setiap hal yang kita lakukan, dari
pakaian yang kita pakai, situs internet yang
kita pergunakan, iklan yang kita lihat, dan lain sebagainya. Pemasaran yang baik telah menjadi elemen yang semakin vital
untuk kesuksesan bisnis.
Dalam sebuah
perusahaan, pemasaran merupakan bagian
yang sangat kompleks, karena manajer
pemasaran terus berfikir untuk mempelajari apa yang menjadi kebutuhan manusia. Setiap manusia
mempunyai cara berpikir ataupun latar
belakang yang berbeda.
Demikian juga halnya dengan kebutuhan mereka, berbeda dan beraneka ragam. Oleh karena itu,
perusahaan haruslah memiliki teknik
ataupun cara tersendiri guna mengakomodir kebutuhan yang sangat beraneka ragam tersebut. Untuk mengakomodir
semua kebutuhan manusia hampir dapat
disimpulkan adalah hal yang mustahil. Perusahaan cukup memfokuskan pada bagian pasar yang besar dan potensial.
Mereka melakukan strategi positioning,
segmentasi pasar, dan bauran pemasaran untuk menjangkau pasar tersebut (Kotler, 2005:5). Tetapi tidaklah
cukup jika sebuah perusahaan hanya mampu
mendapatkan pelanggan, tanpa bisa mempertahankannya. Agar penghasilan terus meningkat ataupun stabil
seperti yang diharapkan, perusahaan harus
dapat mempertahankan keloyalitasan pelanggannya. Untuk mencapai itu, tidak cukup hanya menerapkan strategi
pemasaran yang sudah tergolong lama, seperti
segmentasi pasar ataupun bauran pemasaran.
Perusahaan tidak
bisa hanya sebatas mengetahui kebutuhan pelanggan dan menciptakan produk yang dapat memenuhi
kebutuhan tersebut. Perlu suatu metode
atau teknik yang berfungsi untuk menjaga hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan secara
berkesinambungan untuk jangka waktu yang
lama. Metode ini sering disebut sebagai Relationship Marketing. Muncul dan langsung menjadi primadona,
setidak-tidaknya itulah kesan yang tertangkap bila kita mengamati relationship
marketing yang diterapkan oleh banyak perusahaan belakangan ini.
Perusahaan-perusahaan itu adalah perusahaan yang sangat berorientasi pada pelanggan. Perusahaan
ini amat menyadari bahwa nasib bisnis
mereka: berkembang atau mati sepenuhnya bergantung pada pelanggan (Chan, 2003: 11).
Contoh Skripsi Manajemen: Peranan Relationship Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan pada usaha Music Coffee
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.