BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Perkembangan
ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini berdampak pada persaingan dunia usaha yang semakin
meningkat, baik perusahaan yang bergerak
dalam bidang industri, perdagangan maupun jasa.
Berbagai upaya dilakukan
perusahaan agar bisa memiliki daya tarik yang kuat tertancap di pikiran konsumen dan pada akhirnya dapat meraih pangsa
pasar yang luas, sehingga mampu bersaing
dengan kompetitor lain. Fenomena persaingan yang ada dalam era globalisasi akan semakin mengarahkan
sistem perekonomian Indonesia ke mekanisme
pasar yang akan memposisikan pemasar untuk selalu mengembangkan dan merebut pangsa pasar (market share)
(Darmadi, 2001 :1).
Salah satu upaya dan asset yang dilakukan
perusahaan adalah dengan membentuk
identitas produk yang kuat melalui sebuah simbol yaitu merek (Brand). Kemunculan berbagai produk dan jasa
dengan berbagai merek di pasar dalam
maupun luar negeri semakin meramaikan persaingan pasar di Indonesia.
Maka
dari itu, merek menjadi sangat penting saat ini, karena beberapa faktor, seperti : 1.
Emosi konsumen terkadang naik turun, sehingga merek mampu membuat janji emosi menjadi konsisten dan stabil.
2.
Merek mampu menembus setiap pagar budaya dan pasar. Bisa dilihat bahwa suatu merek yang kuat mampu diterima
diseluruh dunia dan budaya. Contoh yang
paling fenomenal adalah Coca Cola yang berhasil menjadi “Global Brand” diterima dimana saja
dan kapan saja.
3.
Merek mampu menciptakan komunikasi interaksi dengan konsumen.
Semakin kuat suatu merek, semakin kuat pula
interaksinya dengan konsumen dan semakin
banyak brand association (asosiasi merek) yang terbentuk dalam merek tersebut.
4.
Merek sangat berpengaruh dalam membentuk perilaku konsumen. Merek yang kuat akan sanggup merubah perilaku
konsumen.
5.
Merek memudahkan proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen. Dengan adanya merek, konsumen dapat
dengan mudah membedakan produk yang akan
dibelinya dengan produk lain sehubungan dengan
kualitas, kepuasan, kebanggaan, ataupun atribut lain yang melekat pada merek tersebut.
Contoh Skripsi Manajemen: Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Minuman Ringan Coca-Cola Pada SiswaSiswi Smu
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.