Contoh Skripsi Keperawatan:Karakteristik Gejala Dysmenorrhea dan Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Belajar



BAB 1
 PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang
Menstruasi merupakan satu bagian dari perjalanan hidup wanita yang  dimulai dari menarche sampai menopause. Siklus normal menstruasi lamanya  bervariasi anatara 21-45 hari, dan lama periode keluarnya darah berkisar antara3  sampai 7 hari (Smith, 2000). Menurut Walsh (1997) 60% wanita sekitar usia 15-44 tahun yang mengalami menstruasi mengeluhkan adanya gangguan pada saat  menstruasi, salah satu diantaranya adalah dysmenorrhea.  Suzannec (2001)  mendeskripsikan dysmenorrhea sebagainyeri saat menstruasipada perut bagian  bawah yang terasa seperti kram.

Berdasarkan derajat nyeri yang dirasakan sekitar 75% wanita yang  mengalami  dysmenorrhea dengan intensitas kram ringan atau sedang, tetapi  pada 10-25% lagi mengalami nyeri berat yang disertai mual, muntah, dan diare  yang dapat membuat penderita tidak berdaya sehingga  mengganggu aktivitas kerja dan aktivitas sehari-hari(Jones, 2001 & Baradero, 2006).
Wanita yang mengalami dysmenorrhea pada saat menstruasi mempunyai  lebih banyak hari libur kerja dan prestasinya kurang begitu baik di sekolah  dibandingkan wanita yang tidak terkena dysmenorrhea.  Di Amerika wanita  diperkirakan kehilangan 1,7 juta hari kerja setiap bulan karena dysmenorrhea (Reeder, 1997).
Penelitian di Swedia  yang dilakukan oleh Andersh, dkk (1982) menyatakan bahwa angka kejadian pada 72% dari 596 wanita usia 19-21 tahun  menderita dysmenorrhea, sedangkan dampak dari dysmenorrhea  itu 15% dari   mereka membatasi aktivitas harian ketika haid dan membutuhkan obat-obatan  penangkal nyeri, 8-10% tidak mengikuti atau masuk sekolah/kuliah  (Varney,  2004).  Penelitian di Indonesia yang dilakukan oleh Samsul et al. (1997)  melaporkan bahwa angka kejadian dysmenorrhea pada pekerja wanita sebanyak  10% pekerja wanita mengalami sakit yang serius dan tidak boleh bekerja. Selain  itu, penelitian Kurniawati (2008) melaporkan dampak dari dysmenorrhea pada  pelajar di Surakarta sebanyak 52% pelajar tidak dapat melakukan aktivitas harian  dengan baik selama menstruasi. Jika dysmenorrhea terjadi pada saat kuliah maka dampaknya  akan mempengaruhi partisipasi  mahasiswi terhadap angka  kehadirannya dalam proses belajar mengajar.   Survai awal yang dilakukan peneliti di S1 keperawatan kelas ekstensi  Fakultas Keperawatan  pada minggu ketiga bulan April 2010 dengan jumlah  mahasiswi kelas ekstensi yang masih aktif kuliah pada tahun ajaran 2009/2010  sejumlah 71 orang. Hasil survei awal penelitian dengan pemberian angket pada  mahasiswi S1 keperawatan kelas ekstensi untuk menentukan jumlah mahasiwi  yang mengalami dysmenorrhea  didapatkan data sebanyak 59,15% (42 orang)  yang mengalami dysmenorrhea. Maka dari latar belakang tersebut penulis tertarik  untuk melakukan penelitian tentang karakteristik gejala dysmenorrhea dan  pengaruh terhadap aktivitas belajar mahasiswi di S1 keperawatan kelas ekstensi.


 Contoh Skripsi Keperawatan:Karakteristik Gejala Dysmenorrhea dan Pengaruhnya Terhadap Aktivitas Belajar
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.