Contoh Skripsi Economic Development:Analisi Alokasi Pengeluaran Pemerintah Pada Sektor Publik Terhadap Pertumbuhan Ekonomi


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang  
Kebijakan fiskal adalah kebijakan yang dilakukan pemerintah berkaitan  dengan penerimaan (pendapatan) dan pengeluaran (belanja) uang oleh pemerintah  yang dapat mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi. Kebijakan yang ditetapkan  pemerintah akan bergantung dari keadaan, apakah dalam keadaan inflasi, deflasi,  atau keadaan normal. Realisasi dari kebijakan fiskal ini adalah kebijaksanaan  anggaran.
Instrumen fiskal yang digunakan pemerintah dalam mempengaruhi  kegiatan ekonomi adalah (1) pajak sebagai pendapatan pemerintah yang dapat  digunakan sebagai sumber bagi belanja pemerintah, (2) belanja (pengeluaran)  pemerintah yang dapat mendorong pertumbuhan ekonomi; dalam pengeluaran  terdapat juga transfer, seperti tunjangan sosial yang merupakan bantuan  penghasilan, (3) regulasi atau pengaturan dan pengendalian yang merupakan  pengarahan bagi masyarakat dalam aktivitas ekonomi (Samuelson dan  Nordhaus,1994:388).
Dalam menjalankan berbagai kegiatannya, pemerintah memerlukan  anggaran. Anggaran adalah alat perencanaan mengenai pengeluaran dan  pendapatan di masa yang akan datang dalam periode tertentu dan sebagai alat  kontrol atau pengawasan terhadap pengeluaran maupun pendapatan di masa yang  akan  datang. Sebagai alat kontrol atau pengawasan, anggaran (budget)  mempunyai tiga fungsi utama yaitu fungsi pemenuhan kebutuhan masyarakat   (publik), fungsi perbaikan distribusi pendapatan, dan fungsi stabilisasi  perekonomian. Pemerintah daerah wajib untuk menyediakan barang dan jasa yang  dampaknya bersifat terbatas pada penduduk di suatu wilayah tertentu, seperti  penerangan jalan, penyediaan lampu lalu lintas, prasarana jalan raya dan  sebagainya melalui anggaran (Suparmoko,2002).
Pengeluaran pemerintah sebagai kebijakan yang dilakukan untuk  mensejahterakan masyarakat dan menuju pertumbuhan ekonomi. Salah satu tolak  ukur dari ukuran pertumbuhan ekonomi adalah pendapatan nasional. Pendapatan  nasional dapat menunjukkan seberapa besar aktivitas perekonomian berlangsung  secara keseluruhan. Konsep pendapatan nasional adalah ukuran yang sering  dipakai sebagai indikator pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi adalah  sebuah proses, bukan merupakan suatu gambaran ekonomi pada suatu periode  tertentu, ada perkembangan atau perubahan dan penggunaan waktu,  (Boediono,1999).


Contoh Skripsi Economic Development:Analisi Alokasi Pengeluaran Pemerintah Pada Sektor Publik Terhadap Pertumbuhan Ekonomi
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.