BAB 1
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Aplikasi permainan
(game) sekarang ini
sudah semakin berkembang.
Hal ini dibuktikan melalui media yang dipakai
untuk game yang semakin beragam. Sekarang ini
game tidak hanya dapat dimainkan
melalui komputer ataupun console saja, tetapi sudah banyak yang menggunakan gadget sebagai
media untuk memainkan game.
Hexavex merupakan
permainan puzzle yang
dimainkan oleh satu
orang pemain. Cara
bermainnya yaitu, pemain
harus memindahkan segienam
(tile) yang telah
disediakan ke papan
permainan yang telah
disediakan dengan aturan
tertentu.
Aturannya adalah setiap sisi
tile yang berdampingan harus memiliki
angka yang sama.
Hexavex merupakan
pengembangan dari game
tetravex. Perbedaannya yaitu pada
jumlah angka yang ada pada setiap kotak
(tile). Jika pada tetravex
jumlah angka yang ada pada satu kotak adalah empat, sedangkan pada hexavex terdapat enam angka pada satu kotak
(tile). Karena pada hexavex,
setiap tile terdiri dari enam angka maka bentuk
tile dari hexavex
juga berbeda, pada
hexavex tile yang
digunakan adalah segienam beraturan.
Penelitian sebelumnya
yang pernah dilakukan
mengenai permainan tetravex diantaranya
adalah Perbandingan Algoritma
Breadth First Search
dan Depth First Search Pada Permainan Tetravex
(Wijaya, 2012), Implementasi Algoritma
DFS Pada Penyelesaian
Permainan Oktavex (Juwana,
2010), dan Penerapan
Algoritma Runut Balik Untuk Penyelesaian Tetravex
Puzzle (Fanani, 2007). Melihat berbagai algoritma yang
telah dipakai pada
penelitian sebelumnya, maka
penulis ingin mencoba
untuk melakukan pencarian yang
bersifat informed (heuristic) search.
Best-first search
merupakan salah satu
algoritma yang bersifat
heuristik.
Penulran pohon
pencariannya merupakan gabungan
dari algoritma Depth-first search
dan Breadth-first search.
Best-first search merupakan
contoh dari algoritma pohon
pencarian (Tree-Search) dimana
node yang dipilih
untuk ditelri dipilih berdasarkan nilai evaluation function. Biasanya
node dengan nilai evaluation function terendah akan
dipilih untuk ditelri,
karena nilai evaluation
function mengukur jarak untuk mencapai goal
(tujuan). Best-first
search dapat diimplementasikan pada framework
pencarian dengan antrian
prioritas, struktur data
yang akan memelihara penyelran sesuai urutan dari nilai
evaluation function secara ascending (Russel et al, 2003).
Platform Android
merupakan pemain baru
yang sangat menarik
di pasar perangkat
mobile saat ini. Selain
memiliki rating yang tinggi dalam jumlah fitur yang bagus pada perangkatnya, Smartphone
berbasis Android memiliki presentase tertinggi untuk tingkat pertumbuhan penjualan industri
mobile (Jordan, 2011).
Skripsi Teknologi Informasi:Applikasi Permainan Heavex Pada Plaform Android
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.