Contoh Skripsi Computer Science:Perancangan Aplikasi Pembelajaran Berbantuan Komputer Berbasis Multimedia


BAB  PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Seiring dengan perkembangan teknologi dewasa ini, sebagian besar sekolah-sekolah  yang ada di Indonesia khsnya di daerah perkotaan telah banyak yang  memanfaatkan media komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar.
Pembelajaran Berbantuan Komputer atau Computer Aided Instruction yang  biasa disingkat dengan CAI merupakan suatu sistem pembelajaran dan pengajaran  yang mendayagunakan perangkat komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar  mengajar. Computer Aided Instruction adalah pengembangan dari teknologi informasi  terpadu yang saling mendukung yakni pencitraan, audio, video dan komunikasi  (interaktif) yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia.  Sedangkan  multimedia dapat didefinisikan sebagai kombinasi dari teks, foto, seni grafis, suara,  animasi, dan elemen-elemen video yang dimanipulasi secara digital. (Vaughan, 2004,  hal: 2).  Pendayagunaan perangkat komputer dalam menunjang proses belajar  mengajar baik itu oleh guru maupun siswa secara personal sangat diperlukan didalam  menujang pemahaman para siswa untuk memahami teori yang dipaparkan.

Proses belajar mengajar yang komunikatif, efektif dan efisien mutlak  dibutuhkan untuk mencapai tujuan pendidikan yang ideal, yakni menghasilkan siswasiswi yang memahami konsep pelajaran yang disampaikan dan kegunaannya pada  kehidupan sehari-hari.
 Pada penynan skripsi ini, penulis merancang aplikasi pembelajaran  berbantuan komputer berbasis multimedia dengan studi kasus barisan dan deret  aritmatika. Barisan dan deret aritmatika merupakan salah satu bahan ajar untuk mata  pelajaran matematika. Biasanya untuk pelajaran yang satu ini para siswa kurang  bahkan tidak menunjukkan minatnya karena memang untuk pelajaran ini tingkat  kesulitannya cukup tinggi. Untuk itu penulis berusaha menuangkan pelajaran ini  dalam nuansa multimedia, disini para siswa dapat belajar dengan visual dan efek  sound yang menarik sehingga diharapkan minat siswa untuk pelajaran matematika  khsnya barisan dan deret aritmatika dapat ditingkatkan.
Disamping itu  pelajaran barisan dan deret aritmatika juga sering dimasukkan  dalam ujian nasional dan juga sering diterapkan dalam ujian saringan masuk suatu  universitas maupun dalam melamar suatu pekerjaan. Untuk itu diharapkan  penynan skripsi ini dapat menjadi alat bantu dalam pembelajaran barisan dan deret  aritmatika.
1.2 Perumusan Masalah Dalam penynan skripsi ini penulis menitikberatkan tentang bagaimana rancangan  aplikasi pembelajaran komputer yang dibangun dapat diimplementasikan untuk semua  mata pelajaran yang ada.
1.3 Batasan Masalah Didalam perancangan aplikasi pembelajaran berbantuan komputer, penulis membatasi  masalah-masalah yang akan dibahas, meliputi: a.  Ruang lingkup pembelajaran yang dibahas hanya mata pelajaran barisan dan deret  aritmatika b.  Materi pada aplikasi CAI yang dibangun hanya mencakup tutorial dan latihan.
 c.  Penyajian materi pada aplikasi CAI ini menggunakan penyajian tutorial linier  yakni menyajikan suatu topik ke topik berikutnya sesuai dengan urutan yang telah  ditetapkan pemrogram.
d.  Latihan pada aplikasi CAI hanya berupa pilihan berganda.
e.  Penyajian latihan pada aplikasi CAI ini bersifat statis.
f.  Pada pembuatan aplikasi pembelajaran penulis akan menggunakan perangkat  lunak  Macromedia Flash Professional 8,  Adobe Photoshop  dan beberapa  perangkat lunak lain yang menunjang pembuatan aplikasi pembelajaran.
1.4 Tujuan Penelitian Tujuan skripsi ini adalah untuk membangun aplikasi pembelajaran berbantuan  komputer yang dapat digunakan secara user friendly.
1.5 Manfaat Penelitian Manfaat yang dapat diambil dari penulisan skripsi ini, meliputi: a.  Dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran yang dipakai para guru untuk  mengajarkan mata pelajaran barisan dan deret aritmatika.
b.  Dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran yang digunakan para siswa dalam  belajar mandiri karena adanya unsur interaktif dalam perangkat lunak ini.
 1.6 Metode Penelitian Dalam penulisan skripsi, penulis menggunakan beberapa metode. Metode itu  mencakup:  a.  Pembelajaran secara literatur, yakni mempelajari buku-buku referensi yang  berkaitan dengan pembelajaran berbantuan komputer, perangkat lunak  Macromedia Flash dan Adobe Photoshop.
b.  Perancangan aplikasi pembelajaran berbantuan komputer.
c.  Pengkodean aplikasi pembelajaran dengan Macromedia Flash.
d.  Pengujian terhadap aplikasi pembelajaran yang dihasilkan.
1.7 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan skripsi ini dibagi dalam lima bab, masing-masing bab diuraikan  sebagai berikut: BAB I   PENDAHULUAN Bab ini menjelaskan Latar Belakang Pemilihan Judul, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan, Manfaat Penulisan,  Metode Penulisan dan Sistematika Penulisan.
BAB II  TINJAUAN TEORI Bab ini berisikan penjelasan Pembelajaran Berbantuan  Komputer/Computer Aided Instruction  (CAI), penjelasan tentang  Multimedia, konsep-konsep Macromedia Flash Professional 8,  dan  penjelasan mengenai barisan dan deret aritmatika.
 BAB III   PERANCANGAN APLIKASI Bab ini membahas analisis perancangan sistem pembelajaran  berbantuan komputer yang meliputi Diagram Pohon, Diagram Aliran  Data,  FlowChart, perancangan tampilan dan storyboard.
BAB IV   IMPLEMENTASI Bab ini menjelaskan bagaimana perancangan yang telah dibangun pada  bab III diimplementasikan dengan perangkat lunak Macromedia Flash  Professional 8  yang menggunakan ActionScript  2.0  sebagai bahasa  pemrogramannya.


Contoh Skripsi Computer Science:Perancangan Aplikasi Pembelajaran Berbantuan Komputer Berbasis Multimedia
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, contohskripsi, c0ntoh proposal, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.