BAB PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Seiring dengan
perkembangan teknologi dewasa ini, sebagian besar sekolah-sekolah yang ada di Indonesia khsnya di daerah
perkotaan telah banyak yang memanfaatkan
media komputer sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar.
Pembelajaran Berbantuan Komputer
atau Computer Aided Instruction yang biasa
disingkat dengan CAI merupakan suatu sistem pembelajaran dan pengajaran yang mendayagunakan perangkat komputer sebagai
alat bantu dalam proses belajar mengajar.
Computer Aided Instruction adalah pengembangan dari teknologi informasi terpadu yang saling mendukung yakni
pencitraan, audio, video dan komunikasi (interaktif)
yang dikemas dengan sebutan teknologi multimedia. Sedangkan multimedia dapat didefinisikan sebagai
kombinasi dari teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan elemen-elemen video yang
dimanipulasi secara digital. (Vaughan, 2004, hal: 2).
Pendayagunaan perangkat komputer dalam menunjang proses belajar mengajar baik itu oleh guru maupun siswa
secara personal sangat diperlukan didalam menujang pemahaman para siswa untuk memahami
teori yang dipaparkan.
Proses belajar mengajar yang
komunikatif, efektif dan efisien mutlak dibutuhkan
untuk mencapai tujuan pendidikan yang ideal, yakni menghasilkan siswasiswi yang
memahami konsep pelajaran yang disampaikan dan kegunaannya pada kehidupan sehari-hari.
Pada penynan skripsi ini, penulis merancang
aplikasi pembelajaran berbantuan
komputer berbasis multimedia dengan studi kasus barisan dan deret aritmatika. Barisan dan deret aritmatika
merupakan salah satu bahan ajar untuk mata pelajaran matematika. Biasanya untuk pelajaran
yang satu ini para siswa kurang bahkan
tidak menunjukkan minatnya karena memang untuk pelajaran ini tingkat kesulitannya cukup tinggi. Untuk itu penulis
berusaha menuangkan pelajaran ini dalam
nuansa multimedia, disini para siswa dapat belajar dengan visual dan efek sound yang menarik sehingga diharapkan minat
siswa untuk pelajaran matematika khsnya
barisan dan deret aritmatika dapat ditingkatkan.
Disamping itu pelajaran barisan dan deret aritmatika juga
sering dimasukkan dalam ujian nasional
dan juga sering diterapkan dalam ujian saringan masuk suatu universitas maupun dalam melamar suatu
pekerjaan. Untuk itu diharapkan penynan
skripsi ini dapat menjadi alat bantu dalam pembelajaran barisan dan deret aritmatika.
1.2 Perumusan Masalah Dalam penynan
skripsi ini penulis menitikberatkan tentang bagaimana rancangan aplikasi pembelajaran komputer yang dibangun
dapat diimplementasikan untuk semua mata
pelajaran yang ada.
1.3 Batasan Masalah Didalam
perancangan aplikasi pembelajaran berbantuan komputer, penulis membatasi masalah-masalah yang akan dibahas, meliputi: a. Ruang lingkup pembelajaran yang dibahas hanya
mata pelajaran barisan dan deret aritmatika
b. Materi pada aplikasi CAI yang
dibangun hanya mencakup tutorial dan latihan.
c.
Penyajian materi pada aplikasi CAI ini menggunakan penyajian tutorial
linier yakni menyajikan suatu topik ke
topik berikutnya sesuai dengan urutan yang telah ditetapkan pemrogram.
d. Latihan pada aplikasi CAI hanya berupa
pilihan berganda.
e. Penyajian latihan pada aplikasi CAI ini
bersifat statis.
f. Pada pembuatan aplikasi pembelajaran penulis
akan menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash Professional 8, Adobe Photoshop dan beberapa perangkat lunak lain yang menunjang pembuatan
aplikasi pembelajaran.
1.4 Tujuan Penelitian Tujuan
skripsi ini adalah untuk membangun aplikasi pembelajaran berbantuan komputer yang dapat digunakan secara user
friendly.
1.5 Manfaat Penelitian Manfaat
yang dapat diambil dari penulisan skripsi ini, meliputi: a. Dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran yang
dipakai para guru untuk mengajarkan mata
pelajaran barisan dan deret aritmatika.
b. Dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran yang
digunakan para siswa dalam belajar
mandiri karena adanya unsur interaktif dalam perangkat lunak ini.
1.6 Metode Penelitian Dalam penulisan skripsi,
penulis menggunakan beberapa metode. Metode itu mencakup: a.
Pembelajaran secara literatur, yakni mempelajari buku-buku referensi
yang berkaitan dengan pembelajaran
berbantuan komputer, perangkat lunak Macromedia
Flash dan Adobe Photoshop.
b. Perancangan aplikasi pembelajaran berbantuan
komputer.
c. Pengkodean aplikasi pembelajaran dengan
Macromedia Flash.
d. Pengujian terhadap aplikasi pembelajaran yang
dihasilkan.
1.7 Sistematika Penulisan Sistematika
penulisan skripsi ini dibagi dalam lima bab, masing-masing bab diuraikan sebagai berikut: BAB I PENDAHULUAN Bab ini menjelaskan Latar
Belakang Pemilihan Judul, Rumusan Masalah, Batasan Masalah, Tujuan Penulisan,
Manfaat Penulisan, Metode Penulisan dan
Sistematika Penulisan.
BAB II TINJAUAN TEORI Bab ini berisikan penjelasan
Pembelajaran Berbantuan Komputer/Computer
Aided Instruction (CAI), penjelasan
tentang Multimedia, konsep-konsep
Macromedia Flash Professional 8, dan penjelasan mengenai barisan dan deret
aritmatika.
BAB III
PERANCANGAN APLIKASI Bab ini membahas analisis perancangan sistem
pembelajaran berbantuan komputer yang
meliputi Diagram Pohon, Diagram Aliran Data, FlowChart, perancangan tampilan dan
storyboard.
BAB IV IMPLEMENTASI Bab ini menjelaskan bagaimana
perancangan yang telah dibangun pada bab
III diimplementasikan dengan perangkat lunak Macromedia Flash Professional 8
yang menggunakan ActionScript
2.0 sebagai bahasa pemrogramannya.
Contoh Skripsi Computer Science:Perancangan Aplikasi Pembelajaran Berbantuan Komputer Berbasis Multimedia
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, contohskripsi, c0ntoh proposal, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.