Contoh Skripsi Computer Science:Analisis Dan Implementasi Penyelesaian Game Minesweeper Menggunakan Algoritma Greedy Best First Search


BAB  PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Minesweeper merupakan salah satu  permainan  (game) yang pada umumnya  ditemukan pada sistem operasi Windows. Permainan minesweeper ini cukup sulit  diselesaikan, sehingga sangat jarang seorang pemain bisa dipastikan memenangkan  permainan ini. Tema yang diangkat dalam permainan ini adalah menemukan seluruh  ranjau yang tersebar pada petak yang telah disediakan tanpa meledakkannya. Ranjau  dapat ditemukan dengan menggunakan petunjuk yang tertera, yakni nilai yang  ditampilkan pada petak yang telah terbuka.

Solusi permainan minesweeper termasuk golongan pemecahan masalah NPComplete. Bahkan Clay Mathematics Institute of Chambridge, Massachusetts (CMI)  menggolongkannya ke dalam salah satu dari tujuh masalah millenium yang dikenal  dengan nama Prize Problems. CMI akan menganugrahkan $1 juta bagi yang dapat  memecahkan salah satu masalah tersebut terkait hal masalah P = NP (Sansani, 2009,  hal:1).
Minesweeper termasuk ke dalam NP-Complete, hal ini menunjukka n tidak ada  algoritma yang dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah tersebut dalam waktu  polinomial. Walaupun begitu, tetap ada langkah-langkah yang dapat digunakan untuk  mencoba memecahkan masalah tersebut. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk  menyelesaikan masalah ini adalah menggunakan salah satu algoritma pencarian  terbaik pertama (best first search) yaitu greedy best first search dengan menggunakan  fungsi heuristik. Menurut George Poyla, heuristik merupakan studi metode dan kaidah  yang dinyatakan sebagai aturan untuk melakukan pemilihan cabang-cabang dalam   2  ruang keadaan yang paling tepat sehingga mencapai solusi permasalahan yang dapat  diterima (Desiani. A dan Arhami. M, 2006). Dalam kasus minesweeper, heuristik dapat digunakan untuk melakukan pemilihan cabang-cabang dalam ruang keadaan  yang paling tepat untuk menemukan posisi ranjau. Ruang keadan tersebut dapat  direpresentasikan dalam pohon keadaan.
Berdasarkan hal tersebut di atas, penulis memilih judul tugas akhir ini, yakni Analisis  dan Implementasi Penyelesaian Game Minesweeper  Menggunakan Algoritma  Greedy Best First Search. Untuk mendukung penelitian ini, penulis terlebih dahulu  membuat simulasi dari game minesweeper.
1.2 Rumusan Masalah Dari uraian latar belakang sebelumnya, maka yang menjadi masalah dalam tulisan ini  adalah :  1.  Bagaimana penerapan algoritma depth first search di dalam simulasi game untuk  menentukan daerah bebas ranjau terkait lainnya ketika user mengklik suatu petak  dalam game.
2.  Bagaimana  penerapan algoritma greedy  best  first search  untuk membantu  menemukan posisi petak ranjau dan posisi petak aman dalam kotak seleksi (kotak  analisa) 4x4.
3.  Bagaimana keoptimalan algoritma greedy best first search  pada penyelesaian  game minesweeper dalam kotak seleksi.
1.3 Batasan Masalah Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada : 1.  Penelitian ini membahas implementasi algoritma depth first search pada proses  pembuatan simulasi game, yakni untuk menentukan daerah aman terkait lainnya  ketika user mengklik suatu petak dan implementasi algoritma greedy best first  search untuk membantu menyelesaikan game.
 3  2.  Solusi pencarian lokasi ranjau dan bebas ranjau menggunakan kotak seleksi  berukuran 4x4.
3.  Kotak seleksi tidak serta merta memberikan solusi langsung untuk penyelesaian  game.
4.  Aplikasi dirancang dengan menggunakan bahasa pemograman Visual Basic 6.0.
1.4 Tujuan Penelitian  Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1.  Menganalisis dan mengimplementasikan algoritma depth first search  dan  algoritma greedy best first search dalam game minesweeper.
2.  Membantu pemain agar dapat menyelesaikan permainan  minesweeper  dengan  menggunakan kotak seleksi berukuran 4 x 4.
1.5 Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini adalah :  1.  Untuk menganalisis cara menyelesaikan game minesweeper dengan menggunakan  algoritma greedy best first search yang direpresentasikan dalam kotak seleksi  berukuran 4x4.
2.  Merancang perangkat lunak game  minesweeper beserta kotak seleksi dengan  menggu nakan bahasa pemrogr aman Visual Basic 6.0.
1.6 Metode Penelitian Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah: 1.  Studi Literatur Pada tahap ini dilakukan dengan mempelajari buku-buku referensi atau sumbersumber yang berkaitan dengan skripsi ini, baik dari text bookmaupun internet.
2.  Analisis Data  4  Pada tahap ini dilakukan analisis terhadap algoritma greedy best first search sebagai metode pencarian untuk membantu menyelesaikan game minesweeper.
3.  Implementasi algoritma Pada tahap ini dilakukan pengkodean program perangkat lunak game minesweeper  beserta kotak seleksi pembantu penyelesaian sesuai dengan algoritma program.
4.  Pembuatan Laporan Pembuatan laporan skripsi bertujuan untuk dijadikan sebagai dokumentasi hasil  penelitian dalam bentuk skripsi.
1.7 Sistematika Penulisan Sistematika penulisan dari skripsi ini terdiri dari lima bagian utama sebagai berikut: BAB 1: PENDAHULUAN Bab ini akan menjelaskan tentang latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah,  tujuan penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB 2: LANDASAN TEORI Pada bab ini dibahas tentang teori yang berhubungan dengan algor itma pencarian,  algoritma pencarian mendalam pertama (depth first  search), pencarian heuristik,  algoritma pencarian terbaik pertama (best first search), analisis algoritma, kecerdasan  buatan (artificial intelligence/AI), game playing dan NP-Complete.


Contoh Skripsi Computer Science:Analisis Dan Implementasi Penyelesaian Game Minesweeper Menggunakan Algoritma Greedy Best First Search
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, contohskripsi, c0ntoh proposal, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.