BAB PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Minesweeper
merupakan salah satu permainan (game) yang pada umumnya ditemukan pada sistem operasi Windows.
Permainan minesweeper ini cukup sulit diselesaikan,
sehingga sangat jarang seorang pemain bisa dipastikan memenangkan permainan ini. Tema yang diangkat dalam
permainan ini adalah menemukan seluruh ranjau
yang tersebar pada petak yang telah disediakan tanpa meledakkannya. Ranjau dapat ditemukan dengan menggunakan petunjuk
yang tertera, yakni nilai yang ditampilkan
pada petak yang telah terbuka.
Solusi permainan minesweeper
termasuk golongan pemecahan masalah NPComplete. Bahkan Clay Mathematics
Institute of Chambridge, Massachusetts (CMI) menggolongkannya ke dalam salah satu dari
tujuh masalah millenium yang dikenal dengan
nama Prize Problems. CMI akan menganugrahkan $1 juta bagi yang dapat memecahkan salah satu masalah tersebut terkait
hal masalah P = NP (Sansani, 2009, hal:1).
Minesweeper termasuk ke dalam
NP-Complete, hal ini menunjukka n tidak ada algoritma yang dapat digunakan untuk
menyelesaikan masalah tersebut dalam waktu polinomial. Walaupun begitu, tetap ada
langkah-langkah yang dapat digunakan untuk mencoba memecahkan masalah tersebut. Salah
satu cara yang dapat digunakan untuk menyelesaikan
masalah ini adalah menggunakan salah satu algoritma pencarian terbaik pertama (best first search) yaitu
greedy best first search dengan menggunakan fungsi heuristik. Menurut George Poyla,
heuristik merupakan studi metode dan kaidah yang dinyatakan sebagai aturan untuk melakukan
pemilihan cabang-cabang dalam 2 ruang keadaan yang paling tepat sehingga
mencapai solusi permasalahan yang dapat diterima
(Desiani. A dan Arhami. M, 2006). Dalam kasus minesweeper, heuristik dapat
digunakan untuk melakukan pemilihan cabang-cabang dalam ruang keadaan yang paling tepat untuk menemukan posisi
ranjau. Ruang keadan tersebut dapat direpresentasikan
dalam pohon keadaan.
Berdasarkan hal tersebut di atas,
penulis memilih judul tugas akhir ini, yakni Analisis dan Implementasi Penyelesaian Game
Minesweeper Menggunakan Algoritma Greedy Best First Search. Untuk mendukung
penelitian ini, penulis terlebih dahulu membuat
simulasi dari game minesweeper.
1.2 Rumusan Masalah Dari uraian
latar belakang sebelumnya, maka yang menjadi masalah dalam tulisan ini adalah : 1.
Bagaimana penerapan algoritma depth first search di dalam simulasi game
untuk menentukan daerah bebas ranjau
terkait lainnya ketika user mengklik suatu petak dalam game.
2. Bagaimana
penerapan algoritma greedy
best first search untuk membantu menemukan posisi petak ranjau dan posisi petak
aman dalam kotak seleksi (kotak analisa)
4x4.
3. Bagaimana keoptimalan algoritma greedy best
first search pada penyelesaian game minesweeper dalam kotak seleksi.
1.3 Batasan Masalah Ruang lingkup
penelitian ini dibatasi pada : 1.
Penelitian ini membahas implementasi algoritma depth first search pada
proses pembuatan simulasi game, yakni
untuk menentukan daerah aman terkait lainnya ketika user mengklik suatu petak dan
implementasi algoritma greedy best first search untuk membantu menyelesaikan game.
3 2. Solusi pencarian lokasi ranjau dan bebas
ranjau menggunakan kotak seleksi berukuran
4x4.
3. Kotak seleksi tidak serta merta memberikan
solusi langsung untuk penyelesaian game.
4. Aplikasi dirancang dengan menggunakan bahasa
pemograman Visual Basic 6.0.
1.4 Tujuan Penelitian Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1. Menganalisis dan mengimplementasikan
algoritma depth first search dan algoritma greedy best first search dalam game
minesweeper.
2. Membantu pemain agar dapat menyelesaikan
permainan minesweeper dengan menggunakan kotak seleksi berukuran 4 x 4.
1.5 Manfaat Penelitian Manfaat
dari penelitian ini adalah : 1. Untuk menganalisis cara menyelesaikan game
minesweeper dengan menggunakan algoritma
greedy best first search yang direpresentasikan dalam kotak seleksi berukuran 4x4.
2. Merancang perangkat lunak game minesweeper beserta kotak seleksi dengan menggu nakan bahasa pemrogr aman Visual Basic
6.0.
1.6 Metode Penelitian Tahapan yang
dilakukan dalam penelitian ini adalah: 1.
Studi Literatur Pada tahap ini dilakukan dengan mempelajari buku-buku
referensi atau sumbersumber yang berkaitan dengan skripsi ini, baik dari text
bookmaupun internet.
2. Analisis Data
4 Pada tahap ini dilakukan
analisis terhadap algoritma greedy best first search sebagai metode pencarian
untuk membantu menyelesaikan game minesweeper.
3. Implementasi algoritma Pada tahap ini
dilakukan pengkodean program perangkat lunak game minesweeper beserta kotak seleksi pembantu penyelesaian
sesuai dengan algoritma program.
4. Pembuatan Laporan Pembuatan laporan skripsi
bertujuan untuk dijadikan sebagai dokumentasi hasil penelitian dalam bentuk skripsi.
1.7 Sistematika Penulisan Sistematika
penulisan dari skripsi ini terdiri dari lima bagian utama sebagai berikut: BAB
1: PENDAHULUAN Bab ini akan menjelaskan tentang latar belakang, rumusan
masalah, batasan masalah, tujuan
penelitian, manfaat penelitian, metode penelitian, dan sistematika penulisan.
BAB 2: LANDASAN TEORI Pada bab
ini dibahas tentang teori yang berhubungan dengan algor itma pencarian, algoritma pencarian mendalam pertama (depth
first search), pencarian heuristik, algoritma pencarian terbaik pertama (best
first search), analisis algoritma, kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI), game
playing dan NP-Complete.
Contoh Skripsi Computer Science:Analisis Dan Implementasi Penyelesaian Game Minesweeper Menggunakan Algoritma Greedy Best First Search
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, contohskripsi, c0ntoh proposal, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.