Skripsi Teknologi Informasi:Visualisasi Tiga Dimensi (3D) Penyusunan Barang Pada Gudang Menggunakan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing


BAB 1  PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang Proses  kerja  sebuah  pabrik  atau  perusahaan  saat  ini  tidak  terlepas  dari  penggunaan  fungsi gudang sebagai tempat penyimpanan barang-barang. Karena tingginya tingkat  penggunaan  gudang  sebagai  tempat  penyimpanan  barang  maka  efisiensi  peletakan  (tata letak) barang pada ruang gudang sangat dibutuhkan.
Pada  proses  penynan  barang  dalam  gudang,  sering  sekali  tidak  dipertimbangkan aturan peletakan atau penynan barang yang dapat mengakibatkan  penggunaan  gudang  tambahan  serta  rusaknya  barang  karena  ditumpuk  tanpa  memperhitungkan  batas  maksimal  tumpukan  barang-barang.  Salah  satu  penyebab  penynan barang yang sembarangan adalah karena kurangnya informasi tentang tata  letak  barang  yang  telah  tersimpan  dalam  gudang.   Oleh  karena  itu  dibutuhkan  visualisasi untuk penynan barang-barang yang akan dimasukkan ke dalam gudang  saat proses penyimpan barang di dalam gudang.
Pesatnya  perkembangan  teknologi  saat  ini  khsnya  pada  bidang  komputer  grafik   memampukan  pembuatan  visualisasi  yang  semakin  baik.  Visualisasi  adalah  rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram serta animasi untuk menampilkan suatu  informasi.  Perkembangan  animasi  juga  telah  banyak  membantu  dalam  bidang  visualisasi  yang  lebih  kompleks  dan  canggih.  Visualisasi  juga  merupakan  konversi  data  relasi  diantara  item  data  atau  atribut  yang  dapat  dianalisis  atau  dilaporkan  (Mardhoko, 2011).

Kemajuan  teknologi  saat  ini  membuat  banyak  aplikasi  yang  dapat  memudahkan  aktivitas  manusia  dalam  pekerjaan  sehari-hari.  Salah  satunya  yaitu  aplikasi  web yang  merupakan  aplikasi  yang  dapat  diakses  melalui  jaringan  internet menggunakan teknologi web browser. Pada tugas akhir ini akan dibuat sebuah aplikasi  visualisasi tiga dimensi (3D) untuk penynan barang pada gudang yang berbasiskan  web.
 2  Aplikasi  ini  dapat  membantu  penynan  barang  dalam  gudang  dengan  menampilkan  penynan  barang  secara  tiga  dimensi  (3D)  menggunakan  PHP dan  MySql,  JavaScript,  HTML5 dan  WebGL.  Dalam  pembuatan  aplikasi  ini  penulis  menggunakan algoritma Steepest Ascent Hill Climbing.
Beberapa  penelitian  sebelumnya  mengenai  aplikasi  penynan  barang  serta  visualisasi tiga dimensi (3D)  yaitu: Optimasi Pola Penynan Barang dalam Ruang  Tiga  Dimensi  menggunakan  Metode  Genetic  Algorithms  (Gunadi,  Julistiono  &  Hariyanto,  2003),  Pengembangan  Algoritma  Bee  Swarm  Optimization untuk  Penyelesaian  Container  Stowage  Problem  (Putmawa  &  Santosa,  2011),  Pengembangan  Algoritma  Greedy untuk  Optimalisasi  Penataan  Peti  Kemas  pada  Kapal Pengangkut(Angga & Munir, 2012), Sistem Alokasi Penyimpanan Barang pada  Gudang(Hambali,  2011),  Optimasi  Pengambilan  dan  Penataan  Ulang  Barang  di  Gudang  dengan  Penerapan  Stack menggunakan  Metode  Genetic  Algorithm(Lim,  Gunadi & Gang), Penerapan Teknologi WebGLpada Virtual AquariumBerbasis Tiga  Dimensi (3D)  (Hendry, 2011),  dan Pembuatan Simulasi Pergerakan Objek 3D (Tiga  Dimensi) Menggunakan OpenGL (Suhardiman, D., et al. 2012).
1.2.  Rumusan Masalah Penynan barang dalam gudang yang sering dilakukan sembarangan sehingga dapat  menyebabkan  rusaknya  barang  yang  ditumpuk.  Berdasarkan  latar  belakag  di  atas maka  rumusan  masalah  pada  tugas  akhir  ini  yaitu  bagaimana  mengetahui  tata  letak  barang yang disn dalam gudang.
1.3.  Batasan Masalah Adapun batasan masalah dalam penelitian ini adalah:  1.  Input yang dimasukkan adalah ukuran ruangan, ukuran barang, berat barang.
2.  Jenis barang yang digunakan berbentuk kubus dan balok.
3.  Diasumsikan barang masuk dari atas ruangan.
4.  Tidak memperhatikan jenis barang serta cara keluar dan masuknya barang.
1.4.  Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menampilkan dalam bentuk visual penynan  barang  yang  disimpan  pada  gudang  secara  tiga  dimensi  (3D)  sehingga  dapat   3  mengetahui  tata  letak  barang  yang  disn  di  dalam  gudang  berdasarkan  algoritma  Steepest Ascent Hill Climbing.
1.5.  Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian ini yaitu: 1.  Pengguna  dapat  mengetahui  tata  letak  barang  yang  telah  dimasukkan  ke  dalam  gudang melalui visualisasi 3D.
2.  Sarana  pembelajaran  mengenai  konsep  algoritma  Steepest  Ascent  Hill  Climbing  pada proses penynan barang pada gudang dan penerapannya pada lingkungan  web browser.
3.  Sarana  pembelajaran  mengenai  pengembangan  aplikasi  tiga  dimensi  (3D)  berbasis web browser.
1.6.  Metodologi Penelitian Adapun metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah: 1.  Studi Literatur  Pada  tahap  ini  peneliti  mencari  algoritma  yang  berbeda  dari  yang  telah  digunakan sebelumnya untuk penynan barang pada gudang. Memahami  lebih  dalam  mengenai  penynan  barang  pada  gudang  serta  pembuatan  visualisasi 3D (tiga dimensi) melalui referensi-referensi dari buku maupun  melalui situs internet.
2.  Desain Sistem  Pada tahap ini, peneliti membuat  flowchart system,  use case, dan arsitektur  umum dari sistem yang akan dibuat.
4.  Pembuatan Sistem  Pada tahap ini peneliti memulai mengkodekan sistem dengan menggunakan  bahasa  pemrograman  PHP,  JavaScript,  dengan  database  MySQL  pada  HTML5 dan WebGL.
5.  Pengujian Sistem  Pada tahap ini, peneliti melakukan pengujian dari sistem yang telah dibuat.
Pengujian akan menampilkan  gambar visual tiga dimensi (3D) barang yang  telah disn dalam gudang dengan algoritma.
 4  6.  Dokumentasi  Pada tahap ini peneliti menyn laporan terhadap sistem yang telah dibuat.
1.7.  Sistematika Penulisan  Adapun bagian utama dari sistematika penulisan skripsi ini, yaitu:  BAB 1. PENDAHULUAN  Bab ini berisikan latar belakang diangkatnya judul skripsi, perumusan masalah yang  diambil,  batasan-batasan  masalahnya,  tujuan,  dan  manfaat  penelitian,  metodologi  penulisan, serta sistematika penulisan dari penynan skripsi ini.
BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA  Bab ini menjelaskan mengenai landasan teori dan penelitian terdahulu.
BAB 3. ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM  Bab  ini  menjelaskan  analisis  dari  metode/algoritma  yang  akan  digunakan  yaitu  algoritma  Steepest  Ascent Hill  Climbingdan perancangan  aplikasi  yang akan dibuat  yaitu aplikasi visualisasi tiga dimensi (3D) penynan barang pada gudang berbasis  web.
BAB 4. IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN  Bab  ini  menjelaskan  implementasi  dari  analisis  yang  dilakukan  dan  pengujian  terhadap sistem.
BAB 5. KESIMPULAN DAN SARAN  Bab  ini  menguraikan  rangkuman  dari  masing-masing  subbab  yang  ada  serta  memberikan saran agar bermanfaat untuk pengembangan sistem selanjutnya.


Skripsi Teknologi Informasi:Visualisasi Tiga Dimensi (3D) Penyusunan Barang Pada Gudang Menggunakan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads