BAB 1 PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Proses kerja
sebuah pabrik atau
perusahaan saat ini
tidak terlepas dari
penggunaan fungsi gudang sebagai
tempat penyimpanan barang-barang. Karena tingginya tingkat penggunaan
gudang sebagai tempat
penyimpanan barang maka
efisiensi peletakan (tata letak) barang pada ruang gudang sangat
dibutuhkan.
Pada proses
penynan barang dalam gudang,
sering sekali tidak dipertimbangkan
aturan peletakan atau penynan barang yang dapat mengakibatkan penggunaan
gudang tambahan serta
rusaknya barang karena
ditumpuk tanpa memperhitungkan batas
maksimal tumpukan barang-barang. Salah
satu penyebab penynan barang yang sembarangan adalah karena
kurangnya informasi tentang tata letak barang
yang telah tersimpan
dalam gudang. Oleh
karena itu dibutuhkan visualisasi untuk penynan barang-barang yang
akan dimasukkan ke dalam gudang saat
proses penyimpan barang di dalam gudang.
Pesatnya perkembangan
teknologi saat ini khsnya pada
bidang komputer grafik
memampukan pembuatan visualisasi
yang semakin baik.
Visualisasi adalah rekayasa dalam pembuatan gambar, diagram serta
animasi untuk menampilkan suatu informasi. Perkembangan
animasi juga telah
banyak membantu dalam
bidang visualisasi yang
lebih kompleks dan
canggih. Visualisasi juga
merupakan konversi data
relasi diantara item
data atau atribut
yang dapat dianalisis
atau dilaporkan (Mardhoko, 2011).
Kemajuan teknologi
saat ini membuat
banyak aplikasi yang
dapat memudahkan aktivitas
manusia dalam pekerjaan
sehari-hari. Salah satunya
yaitu aplikasi web yang
merupakan aplikasi yang
dapat diakses melalui
jaringan internet menggunakan
teknologi web browser. Pada tugas akhir ini akan dibuat sebuah aplikasi visualisasi tiga dimensi (3D) untuk penynan
barang pada gudang yang berbasiskan web.
2 Aplikasi ini
dapat membantu penynan
barang dalam gudang
dengan menampilkan penynan
barang secara tiga
dimensi (3D) menggunakan
PHP dan MySql, JavaScript,
HTML5 dan WebGL. Dalam
pembuatan aplikasi ini
penulis menggunakan algoritma
Steepest Ascent Hill Climbing.
Beberapa penelitian
sebelumnya mengenai aplikasi
penynan barang serta visualisasi
tiga dimensi (3D) yaitu: Optimasi Pola
Penynan Barang dalam Ruang Tiga Dimensi
menggunakan Metode Genetic
Algorithms (Gunadi, Julistiono
& Hariyanto, 2003),
Pengembangan Algoritma Bee
Swarm Optimization untuk Penyelesaian
Container Stowage Problem
(Putmawa & Santosa,
2011), Pengembangan Algoritma
Greedy untuk Optimalisasi Penataan
Peti Kemas pada Kapal
Pengangkut(Angga & Munir, 2012), Sistem Alokasi Penyimpanan Barang pada Gudang(Hambali, 2011),
Optimasi Pengambilan dan
Penataan Ulang Barang
di Gudang dengan
Penerapan Stack menggunakan Metode
Genetic Algorithm(Lim, Gunadi & Gang), Penerapan Teknologi
WebGLpada Virtual AquariumBerbasis Tiga Dimensi
(3D) (Hendry, 2011), dan Pembuatan Simulasi Pergerakan Objek 3D
(Tiga Dimensi) Menggunakan OpenGL
(Suhardiman, D., et al. 2012).
1.2. Rumusan Masalah Penynan barang dalam gudang
yang sering dilakukan sembarangan sehingga dapat menyebabkan
rusaknya barang yang
ditumpuk. Berdasarkan latar
belakag di atas maka
rumusan masalah pada
tugas akhir ini
yaitu bagaimana mengetahui
tata letak barang yang disn dalam gudang.
1.3. Batasan Masalah Adapun batasan masalah dalam
penelitian ini adalah: 1. Input yang dimasukkan adalah ukuran ruangan,
ukuran barang, berat barang.
2. Jenis barang yang digunakan berbentuk kubus
dan balok.
3. Diasumsikan barang masuk dari atas ruangan.
4. Tidak memperhatikan jenis barang serta cara
keluar dan masuknya barang.
1.4. Tujuan Penelitian Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menampilkan dalam bentuk visual penynan barang
yang disimpan pada
gudang secara tiga
dimensi (3D) sehingga
dapat 3 mengetahui
tata letak barang
yang disn di
dalam gudang berdasarkan
algoritma Steepest Ascent Hill
Climbing.
1.5. Manfaat Penelitian Manfaat dari penelitian
ini yaitu: 1. Pengguna dapat
mengetahui tata letak
barang yang telah
dimasukkan ke dalam gudang
melalui visualisasi 3D.
2. Sarana
pembelajaran mengenai konsep
algoritma Steepest Ascent
Hill Climbing pada proses penynan barang pada gudang dan
penerapannya pada lingkungan web browser.
3. Sarana
pembelajaran mengenai pengembangan
aplikasi tiga dimensi
(3D) berbasis web browser.
1.6. Metodologi Penelitian Adapun metodologi yang
digunakan pada penelitian ini adalah: 1.
Studi Literatur Pada tahap
ini peneliti mencari
algoritma yang berbeda
dari yang telah digunakan
sebelumnya untuk penynan barang pada gudang. Memahami lebih
dalam mengenai penynan
barang pada gudang
serta pembuatan visualisasi 3D (tiga dimensi) melalui
referensi-referensi dari buku maupun melalui
situs internet.
2. Desain Sistem Pada tahap ini, peneliti membuat flowchart system, use case, dan arsitektur umum dari sistem yang akan dibuat.
4. Pembuatan Sistem Pada tahap ini peneliti memulai mengkodekan
sistem dengan menggunakan bahasa pemrograman
PHP, JavaScript, dengan
database MySQL pada HTML5
dan WebGL.
5. Pengujian Sistem Pada tahap ini, peneliti melakukan pengujian
dari sistem yang telah dibuat.
Pengujian akan menampilkan gambar visual tiga dimensi (3D) barang yang telah disn dalam gudang dengan algoritma.
4 6. Dokumentasi Pada tahap ini peneliti menyn laporan terhadap
sistem yang telah dibuat.
1.7. Sistematika Penulisan Adapun bagian utama dari sistematika penulisan
skripsi ini, yaitu: BAB 1. PENDAHULUAN Bab ini berisikan latar belakang diangkatnya
judul skripsi, perumusan masalah yang diambil, batasan-batasan masalahnya,
tujuan, dan manfaat
penelitian, metodologi penulisan, serta sistematika penulisan dari
penynan skripsi ini.
BAB 2. TINJAUAN PUSTAKA Bab ini menjelaskan mengenai landasan teori
dan penelitian terdahulu.
BAB 3. ANALISIS DAN PERANCANGAN
SISTEM Bab ini
menjelaskan analisis dari
metode/algoritma yang akan
digunakan yaitu algoritma
Steepest Ascent Hill Climbingdan perancangan aplikasi
yang akan dibuat yaitu aplikasi
visualisasi tiga dimensi (3D) penynan barang pada gudang berbasis web.
BAB 4. IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN
Bab
ini menjelaskan implementasi
dari analisis yang
dilakukan dan pengujian terhadap sistem.
BAB 5. KESIMPULAN DAN SARAN Bab
ini menguraikan rangkuman
dari masing-masing subbab
yang ada serta memberikan
saran agar bermanfaat untuk pengembangan sistem selanjutnya.
Skripsi Teknologi Informasi:Visualisasi Tiga Dimensi (3D) Penyusunan Barang Pada Gudang Menggunakan Algoritma Steepest Ascent Hill Climbing
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|