Skripsi Manajemen: ANALISIS SWOT SEBAGAI STRATEGI MENINGKATKAN DAYA SAING PADA HOTEL CHERRY PINK KH.WAHID HASYIM MEDAN


BAB I PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang Masalah
Hotel merupakan suatu perusahaan yang dikelola oleh pemiliknya dengan  menyediakan pelayanan makanan, minuman dan fasilitas kamar untuk tidur  kepada orang-orang yang sedang melakukan perjalanan dan mampu membayar  dengan jumlah yang wajar sesuai dengan pelayanan yang diterima  (Sulastyono,2006:5). Berdasarkan SK. Menparpostel No. KM 37/PW 340/ MPPT-86 hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau  seluruh bangunan untuk menyediakan jasa penginapan, makanan dan minuman  serta jasa pengunjung lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi telah melahirkan era baru  dalam dunia bisnis perhotelan. Perusahaan perhotelan saling bersaing untuk  memenuhi pangsa pasar yang menuntut kualitas pelayanan yang semakin baik.
Oleh karena itu perusahaan perhotelan semakin banyak memperkuat strateginya  dalam bersaing agar menjadi perusahaan unggul.
Berdasarkan SK Direktorat  Jenderal Pariwisata penggolongan hotel ditandai dengan bintang yang disusun  mulai dari hotel berbintang satu sampai dengan yang tertinggi adalah hotel dengan  bintang lima. Sedangkan penginapan dengan fasilitas di bawah hotel berbintang,  yang disebut hotel melati. Di samping hotel berbintang dan melati, terdapat jenis  penginapan lain dengan nama wisma, home stay, losmen, dan sebagainya.
 Hotel melati semakin berkembang, para pesaing hotel melati semakin  banyak melakukan strategi-strategi dalam meningkatkan daya saing hotel. Hotel  Cherry Pink merupakan hotel melati yang menjadi tempat penginapan yang  banyak dikunjungi para wisatawan. Dengan letak yang strategis, berada di pusat  kota dan tidak jauh dari bandara Internasional Polonia Medan. Di samping itu  harga sewa kamar yang terjangkau bagi para wisatawan kalangan menengah ke bawah dan ke atas. Pelayanan yang diberikan juga memberikan kepuasan bagi  pelanggan dan dari segi fasilitas juga sangat memadai yaitu tersedianya peralatan  elektronik seperti televisi, dvd player, kulkas dan air conditioner di setiap kamar.
Hotel Cherry Pink juga mempunyai beberapa cabang seperti Cherry Red, Cherry  Green, dan Cherry Garden. Sehingga Hotel Cherry Pink termasuk hotel melati  yang berkembang dan banyak diminati para wisatawan domestik, yang tidak kalah  bersaing dengan hotel melati lainnya.
Hotel Cherry Pink mampu bertahan dan bersaing dengan hotel lainnya  karena Hotel Cherry Pink merupakan hotel keluarga yang bernuansa islami. Yang  sangat mengutamakan syariah islam yaitu hanya pasangan yang sudah menikah  yang boleh menginap satu kamar, juga mewajibkan karyawan memakai jilbab dan  peci, juga meningkatkan pelayanan kepada konsumen atau tamu hotel. Serta menjalin kerja sama dengan perusahaan taksi (blue bird) dalam hal pelayanan  trasportasi hotel. Sehingga memiliki citra yang baik di masyarakat khususnya di  daerah medan baru dan menjadikan suatu perbedaan dengan hotel-hotel melati sejenis lainnya. Berikut adalah harga sewa kamar di Hotel Cherry Pink  Tabel 1.
Harga Sewa Kamar Hotel Cherry Pink Tipe Kamar  Harga Standard Room  Rp. 120.
De Luxe Room  Rp. 150.
Executive Room  Rp. 170.
Cherry De Luxe  Rp. 200.
Cherry Suite  Rp. 250.
Sumber : Hotel Cherry Pink (2011) Dalam persaingan Hotel Cherry Pink yang menjadi tantangan terbesar  Hotel Cherry Pink pada saat sekarang ini adalah banyak terdapat hotel melati baru di sekitar daerah medan baru seperti: Aceh House, Darussalam House, Wahid Inn,  Jangga House. Adapun konsep yang diterapkan hotel melati yang ada di sekitar  daerah medan baru sama dengan yang diterapkan oleh konsep Hotel Cherry Pink  yaitu menerapkan hotel keluarga yang bernuansa islami dengan mengutamakan  syariah, juga mewajibkan karyawan  memakai jilbab dan peci serta hanya  membolehkan menginap satu kamar bagi pasangan yang sudah menikah. Oleh  karena itu Hotel Cherry Pink berusaha menawarkan yang berbeda dari pesaing  seperti dari segi harga Hotel Cherry Pink lebih terjangkau dari pada pesaing,  pelayanan yang semakin memuaskan dan brand image yang baik di kalangan  konsumen.
='mso-= � e u �� � Greenhaus).
Salah satu dari berbagai faktor yang perlu menjadi perhatian perusahaan  untuk mengurangi angka  turnover  karyawan adalah bagaimana perusahaan  mengelola iklim yang baik dan kondusif dalam aktivitas kerja karyawan dan  adanya upaya untuk mengelola sumber daya manusia yang baik dan  berkesinambungan untuk mengurangi tingkat stres yang dapat dialami oleh  karyawan.


Download lengkap Versi PDF