BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Pendidikan
mempunyai peranan besar dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan dan
kemajuan bangsa. Pendidikan diharapkan mampu membentuk sumber daya manusia yang
berkualitas dan unggul serta berdaya saing. Diera globalisasi sekarang ini yang
semakin ketat, lembaga pendidikan ditutut agar terus-menerus meningkatkan
kinerja dan pelayanan agar mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.
Perguruan tinggi
sebagai lembaga pendidikan diharapkan dapat memberikan pelayanan yang
berkualitas berupa perbaikan perangkat pelayanan dan memaksimalkan pelayanan
yang ada untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan terhadap konsumen dan
pelanggannya.
Hal ini diperlukan agar mampu bersaing dengan perguruan tinggi
lainnya yang kian menjamur dimana-mana. Bahkan sekarang ini, persaingan tidak
hanya diantara perguruan tinggi yang satu dengan yang lainnya, tetapi juga
diantara fakultas-fakultas yang ada di dalam ruang lingkup universitas itu
sendiri.
Tuntutan
terhadap perguruan tinggi dan setiap fakultas bahkan departemen di dalam ruang
lingkup fakultas bukan hanya sebatas kemampuan menghasilkan lulusan yang baik
diukur berdasarkan prestasi akademik semata, melainkan keseluruhan dari program
pendidikan dari lembaga-lembaga perguruan tinggi yang mampu menunjukkan kualitas yang tinggi
yang tampak dalam bukti prestasi, penilaian dan keberhasilan alumni dalam
memperoleh pekerjaan sesuai dengan bidang ilmu yang diperolehnya serta
mendapatkan pengakuan positif dari lembaga pendidikan tersebut. Oleh karena
itu, lembaga pendidikan melalui fakultas atau departemen diharapkan mampu
memberikan layanan jasa atau pendidikan terhadap mahasiswanya. Philip Kotler,
mendefinisikan jasa sebagai berikut, “Jasa adalah setiap tindakan atau
perbuatan yang dapat oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya
bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilkan kepemilikan
sesuatu. Produk jasa bisa berhubungan dengan produk fisik maupun tidak.” Hal
ini sangat penting mengingat sekarang ini perguruan tinggi menjadi sorotan
karena dianggap memiliki kinerja kerja yang buruk. Misalnya, staf akademik, dosen
yang sering terlambat datang dan dosen yang sering tidak hadir, pelayanan yang
tidak ramah dan fasilitas belajar yang kurang memuaskan.
Contoh Skripsi Statistic:Penerapan Analisis Jalur untuk Mengetahui Pengaruh Pelayanan Akademik Departemen Matematika Terhadap Kepuasan Mahasiswa
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.