BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Sumber daya
manusia merupakan aset terpenting perusahaan karena perannya sebagai subyek
pelaksana kebijakan dan kegiatan operasional perusahaan.Sumber daya yang
dimiliki oleh perusahaan seperti modal, metode dan mesin tidak bisa memberikan hasil
yang optimum apabila tidak didukung oleh sumber daya manusia yang mempunyai prestasi
yang optimum.
Memahami
pentingnya keberadaan SDM di era global saat ini salah satu upaya yang harus
dicapai oleh perusahaan adalah dengan meningkatkan kualitas SDM. Dengan meningkatkan
kualitas Sumber Daya Manusia diharapkan karyawan dapat bekerja secara produktif
dan profesional sehingga kinerja yang dicapainya diharapkan akan lebih memuaskan
sesuai standar kerja yang dipersyaratkan.
Menurut
Sulistiyani dan Rosidah (2003:206), kompensasi mencerminkan upaya organisasi
atau perusahaan untuk mempertahankan sumber daya manusia sebagai komponen utama
dan merupakan komponen biaya yang paling penting. Disamping pertimbangan
tersebut, kompensasi juga merupakan salah satu aspek yang berarti bagi karyawan,
karena bagi karyawan besarnya kompensasi mencerminkan ukuran nilai kinerja
karyawan tersebut.
Kompensasi
menurut Hasibuan (2002:34) adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang
langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa
yang diberikan kepada perusahaan. Tujuan pemberian kompensasi antara lain
adalah sebagai ikatan kerja sama, kepuasan kerja, pengadaan efektif, motivasi, stabilitas
karyawan, disiplin, serta pengaruh serikat buruh dan pemerintah.
Kompensasi
adalah penghargaan atau ganjaran pada para pekerja yang telah memberikan
kontribusi dalam mewujudkan tujuannya, melalui kegiatan yang disebut bekerja
(Nawawi,2001:45). Adapun bentuk kompensasi financial adalah gaji, tunjangan, bonus,dan
komisi. Sedangkan untuk kompensasi non-financial diantaranya pelatihan, wewenang
dan tanggung jawab, penghargaan atas kinerja serta lingkungan kerja yang mendukung
(Jurnal SDM.blogspot,2009:44).
Menurut Hasibuan
(2002: 118), kompensasi langsung merupakan hak karyawan dan menjadi kewajiban
perusahaan untuk membayarnya. Umumnya kompensasi langsung adalah balas
jasa/imbalan yang diterima karyawan secara langsung, rutin atau periodik.
Kompensasi langsung yang diberikan dapat berupa gaji dan insentif. Gaji adalah
balas jasa yang dibayarkan secara periodik kepada karyawan. Sedangkan kompensasi
tidak langsung insentif, adalah tambahan balas jasa yang diberikan kepada karyawan
tertentu yang prestasinya di atas standar kerja. Semakin besar prestasi kerja seorang
karyawan maka semakin besar pula kompensasi yang akan diterimanya.
Contoh Skripsi Manajemen:Pengaruh Kompensasi Langsung dan Tidak Langsung Terhadap Prestasi Kerja Karyawan PT. Bank Syariah Mandiri
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.