Contoh Skripsi Hukum Umum:Akibat Hukum Putusan Pernyataan Pailit Bagi Kreditor Pemegang Hak Tanggungan



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang  
Pada pertengahan tahun 1997 negara–negara Asia dilanda krisis moneter yang  telah memporandakan sendi–sendi perekonomian. Dunia usaha merupakan dunia yang  paling menderita dan merasakan dampak  krisis yang tengah melanda. Indonesia  memang tidak sendiri dalam  merasakan dampak krisis tersebut, namun tidak dapat  dipungkiri bahwa  negara kita adalah salah satu negara yang paling menderita dan merasakan akibatnya. Selanjutnya tidak sedikit dunia usaha yang gulung  tikar,  sedangkan yang masih dapat bertahanpun hidupnya menderita.

Untuk mengantisipasi adanya kecenderungan dunia usaha yang bangkrut yang  akan berakibat pula pada tidak dapat dipenuhinya kewajiban–kewajiban yang sudah  jatuh tempo, maka pemerintah melakukan perubahan–perubahan yang cukup signifikan  dalam peraturan perundang-undangan, salah satunya adalah dengan melakukan revisi undang–undang kepalitan yang ada.
Inisiatif pemerintah untuk merevisi undang–undang kepalitan,  sebenarnya  timbul karena adanya tekanan dari International MoneteryFund (IMF), yang mendesak  supaya Indonesia menyempurnakan sarana  hukum yang mengatur permasalahan  pemenuhan kewajiban oleh debitor  kepada kreditor. IMF merasa bahwa peraturan  kepailitan yang merupakan  warisan pemerintah kolonial Belanda selama ini kurang  memadai dan kurang dapat memenuhi tuntutan zaman. Indonesia tidak dapat mengelak desakan IMF yang seolah–olah mendikte tersebut. Setelah negara kita hampir bangkrut   karena krisis ekonomi yang berkepanjangan, IMF  bagaikan dewa penolong yang  memberikan setetes air dipadang kehausan. Namun untuk dapat menikmati bantuan  IMF tersebut mau tidak mau Indonesia harus mengikuti aturan main yang telah disn sedemikian rupa oleh IMF agar bantuan yang berupa hutang tersebut mengucur ke  Indonesia untuk dapat mempertahankan napas ditengah– tengah kesulitan ekonomi  yang menghimpit Indonesia.
 Dengan makin terpuruknya kehidupan perekonomian nasional,  sudah  dapat  dipastikan akan makin banyak dunia usaha yang ambruk dan  rontok sehingga tidak  dapat meneruskan kegiatannya termasuk dalam memenuhi kewajiban kepada kreditor.
Keambrukan itu akan menimbulkan  masalah besar jika aturan main yang ada tidak  lengkap dan sempurna. Untuk itu perlu ada aturan main yang dapat digunakan secara  cepat,  terbuka dan efektif sehingga dapat memberikan kesempatan kepada  pihak  kreditor dan debitor untuk mengupayakan penyelesaian yang adil.


Contoh Skripsi Hukum Umum:Akibat Hukum Putusan Pernyataan Pailit Bagi Kreditor Pemegang Hak Tanggungan
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.