Contoh Skripsi Hukum pidana:Penerapan Pidana Denda Sebagai Alternatif Dari Pidana Perampasan Kemerdekaan Jangka Pendek



BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pidana perampasan kemerdekaan (penjara dan kurungan) masih dijadikan  primadona dalam penetapan dan penjatuhan pidana  dalam kaitannya dengan  tujuan pemidanaan, terutama pencapaiaan efek jera bagi pelaku dan pencapain  pencegahan umum. Padahal perkembagan konsepsi baru dalam hukum pidana,  yang menonjol adalah perkembangan mengenai sanksi alternatif (alternatif sanction), dari pidana hilang kemerdekaan ke pidana denda, terutama terhadap  tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara dibawah satu tahun.

 Studi awal penerapan konsep pemasyarakatan oleh Tim Peneliti MAPPI  FHUI, KRHN dan LBH Jakarta memberikan gambaran bahwa upaya pembinaan  yang dilakukan oleh Lapas (Lembaga Pemasyarakatan) tampaknya tidak  sepenuhnya berjalan dengan baik. Pelaksanaan sistem pemasyarakatan saat ini  masih belum didukung dengan perasarana dan sarana yang memadai sehingga  menimbulkan berbagai permasalahan. Pada umumnya permasalahan timbul  Pidana perampasan kemerdekaan (penjara dan kurungan) jangka pendek  telah banyak mendapat kritikan. Kritik tersebut didasarkan dari  fakta-fakta  dimana dampak buruk yang didapat oleh terpidana perampasan kemerdekaan  jangka pendek di lembaga pemasyarakatan terlalu besar dibandingkan dengan  manfaatnya.
 Suhariyono AR, Pembaruan Pidana Denda di Indonesia (Pidana Denda Sebagai  Sanksi Alternatif), Papas Sinar Sinanti, Jakarta, 2012, hal. 9.
karena adanya pengabaian terhadap asas-asas pelaksanaan sistem pemasyarakatan.
Tim peneliti mengemukakan lebih lanjut bahwa permasalahan yang  sering  mengemuka adalah tidak adanya persamaan perlakukan kepada warga binaan  pemasyarakatan, seringkali terjadi pungli, adanya kesulitan warga binaan  pemasyarakatan untuk bertemu dengan pihak keluarganya, adanya kesan bahwa  Lapas merupakan ajang sekolah bagi pengembangan kemampuan kriminalitas  seseorang, minimnya standar pelayanan kesehatan yang diberikan, dan masih  banyak permasalahan lain yang harus diperhatikan untuk segera dibenahi.
Berbagai permasalahn yang timbul merupakan imbas dari kurangnya perhatian  negara dan masyarakat terhadap Lapas. Kurangnya anggaran dan sistem  perencanaan menambahkan kompleksnya permasalahan Lapas.
 Dari aspek kebijakan hukum pidana,  fenomena penggunaan pidana  perampasan kemerdekaan (penjara) yang terkesan “boros”, sudah barang tentu  sangat bertentangan dengan kecenderungan yang sedang melanda dunia  internasional dewasa ini, yaitu untuk sejauh mungkin menghindari penjatuhan  pidana penjara dengan menerapkan kebijakan selektif dan limitatif,  Dilain sisi pidana denda yang terdapat dalam Pasal 10 KUHP yang dapat  diterapkan sebagai pidana tunggal atau sebagai alternatif dalam KUHP, dalam  perkembangan prakteknya dipengaruhi oleh faktor-faktor yang menjadi  sebagai  akibat semakin menguatnya kritik dan soroton tajam terhadap penggunaan pidana  penjara.


Contoh Skripsi Hukum pidana:Penerapan Pidana Denda Sebagai Alternatif Dari Pidana Perampasan Kemerdekaan Jangka Pendek
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.