Contoh Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Substitusi Agregat Halus dengan Kerak Boiler Terhadap Beton



BAB I  
PENDAHULUAN  
1.1  Latar Belakang  
Dewasa ini pembangunan mengalami kemajuan yang pesat, hal ini dapat  terlihat  dari  banyaknya  infrastruktur  yang  sedang  dibangun  sekarang  ini  yang  mengakibatkan   kebutuhan  akan  bahan  konstruksi  menjadi  semakin  meningkat,  sehingga   Para  ahli  melakukan  penelitian  dalam  pembuatan  bahan  konstruksi  dengan  menggunakan  benda  yang  tak  habis  pakai  (limbah)  sebagai  alternative  pengganti  bahan-bahan  konstruksi  maupun  sebagai  bahan  tambahan  yang  dapat  meningkatkan mutu dari bahan konstruksi.     Limbah merupakan sisa dari proses pengolahan suatu industri atau pabrik.

Tidak semua limbah dapat didaur ulang menjadi sesuatu yang bermanfaat sehingga  keberadaannya yang terus meningkat menjadi masalah di setiap Negara dan dapat  mengakibatkan pencemaran lingkungan yaitu limbah dari kelapa sawit (abu kerak  boiler).
Limbah kelapa sawit yang dihasilkan oleh sebuah pabrik kelapa sawit yaitu  1000 ton per bulan. Dimana limbah ini akan disimpan di kolam dengan ukuran 100  m x 28 m x 3.5 m. limbah cair dari kelapa sawit ini termasuk kedalam limbah b3.
Kerak boiler yang dihasilkan per bulan sebanyak 300 kg. limbah kerak boiler tidak  termasuk ke dalam limbah b3.
Universitas Sumatera Utara 2  Dari hasil penanaman bibit sawit didapat hasil berupa cangkang dan serat  buah  dari  kelapa  sawit.  Kemudian  cangkang  dan  serat  buah  akan  di  bakar  pada  dapur tungku boiler  pada  suhu  700-800C.   Kerak  dari  proses  pembakaran  cangkang dan serat buah ini merupakan kerak boiler. Abu kerak boiler cangkang  kelapa sawit merupakan biomass dengan kandungan silika (SiO2) yang potensial  dimanfaatkan.  Pembakaran  cangkang  dan  serat  buah  menghasilkan  kerak  yang  keras berwarna putih  –keabuan akibat pembakaran dengan suhu yang tinggi dengan  kandungan silika 61 %. Tingginya kandungan silika ini membuat abu kerak boiler  ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan pozzolan dalam campuran beton.
Beton merupakan campuran antara semen, agregat kasar, agregat halus dan  air baik dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya dengan perbandingan tertentu.
keuntungan yang dapat diperoleh dari beton ini seperti memiliki kekuatan terhadap  tekan yang besar, mutu dapat direncanakan sesuai kebutuhan dan mudah didapat  serta relatif memerlukan biaya yang murah dalam pengangkutan, pencetakan dan  perawatannya, namun beton memiliki sifat lentur yang rendah.


Contoh Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Substitusi Agregat Halus dengan Kerak Boiler Terhadap Beton
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.