Contoh Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Penggunaan Limbah Plastik Pet Sebagai Agregat Kasar Pada Beton Ringan Struktural



BAB  1
PENDAHULUAN
1.1.  Latar Belakang Masalah
Penggunaan barang dengan bahan dasar plastiksudah tidak asing lagi bagi masyarakat  kebanyakan. Baik untuk alat rumah tangga, alat elektronik bahkan bahan pembungkus  makanan dan minuman. Sebagian besar dari limbah plastik yang ada merupakan limbah  plastik dari jenis plastik polyethylene.  Polyethylene  dihasilkan dari proses polimerisasi  molekul-molekul gas ethylene secara bersama-sama membentuk rangkaian panjang molekul  sampai menjadi bentuk plastik (polimer). Dalam penelitian ini digunakan jenis plastik PET  (polyethylene terephthalate). Jenis plastik PET ini biasanya digunakan sebagai kemasan  minuman ataupun bungkus makanan.  Kemasan plastik PET setelah isinya dikonsumsi  biasanya langsung dibuang. Pada hakikatnya penggunaan plastik PET ini adalah satu kali  pakai, kemudian didaur ulang kembali menjadi produk plastik daur ulang lainnya. Tetapi pada  kenyataannya plastik ini justru dipakai kembali oleh masyarakat baik untuk mengemas  makanan dan minuman ataupun kegunaan yang lain. Bahan berbahaya yang terkandung di  dalam plastik PET tersebut seiring waktu dapat bercampur dengan makanan atau minuman  yang dikemas di dalamnya sehingga dapat berbahaya untuk pemakai atau pengguna produk  daur ulang tersebut.

 Penggunaan plastik yang terus mengalami peningkatan dari waktu ke waktu,  menyebabkan jumlah limbah plastik pun ikut terus meningkat. Sifat plastik yang  nonbiodegradable (sulit diuraikan) menyebabkan plastik membutuhkan waktu ratusan tahun agar  dapat terurai secara sempurna. Kebanyakan dari kita menghilangkan limbah plastik ini dengan  cara membakar. Padahal dengan membakar limbah plastik akan melepaskan berbagai zat-zat  Universitas Sumatera Utara  yang berbahaya bagi lingkungan. Maka dari itu diperlukan penanggulangan limbah plastik  yang lebih efisien. Salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan limbah plastik menjadi  suatu material yang berguna. Termasuk memanfaatkan limbah plastik menjadi agregat buatan  dalam campuran beton ringan. Limbah plastik PET  dapat difungsikan dalam bidang  konstruksi. Dalam penelitian ini limbah PET digunakan sebagai pengganti bahan agregat  kasar kerikil yang biasanya digunakan untuk campuran beton, dalam penelitian ini adalah  campuran beton ringan. Berat limbah PET yang telah diolah menjadi agregat dapat mencapai  68,88 % lebih ringan dibandingkan kerikil biasa pada volume yang sama (Casanova-delAngel, 2012). Zebua (2015) mendapatkan nilai kuat tekan maksimum untuk beton ringan  beragregat plastik PET sebesar 16,57 MPa.


Contoh Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Penggunaan Limbah Plastik Pet Sebagai Agregat Kasar Pada Beton Ringan Struktural
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.