Contoh Skripsi Civil Engineering:Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Menggunakan Metode Sondir, SPT, Metode Elemen Hingga pada Proyek Pembangunan Hotel



BAB I
PENDAHULUAN
I.1.  Latar Belakang  
Dalam merencanakan pondasi untuk suatu konstruksi dapat digunakan  beberapa macam tipe pondasi. Pemilihan tipe pondasi ini didasarkan atas :  
1.  Fungsi bangunan atas (upper structure) yang akan dipikul oleh pondasi  tersebut.
2.  Besarnya beban dan berat dari bangunan atas.
3.  Kondisi tanah dimana bangunan tersebut akan didirikan.
4.  Biaya pelaksanaan pondasi.
Seperti yang telah diketahui  bahwa tipe pondasi cukup banyak  macamnya, dan tergantung dari fungsi serta kegunaannya. Salah satu di antara  tipe pondasi  yang dapat digunakan adalah pondasi tiang pancang. Konstruksi  pondasi tersebut bisa terbuat dari kayu, baja, atau beton yang berfungsi untuk  meneruskan beban-beban dari struktur bangunan atas ke lapisan tanah pendukung  (bearing layers) dibawahnya pada kedalaman tertentu.

Tiang pancang saat ini banyak digunakan di Indonesia sebagai pondasi  bangunan, seperti jembatan, gedung bertingkat, pabrik atau gedung-gedung  industri, menara, dermaga, bangunan mesin-mesin berat,  dan lain-lain. Dimana  semuanya merupakan konstruksi-konstruksi yang memiliki dan menerima beban  yang relatif berat. Penggunaan tiang pancang untuk konstruksi biasanya bertitik  tolak pada beberapa hal mendasar seperti anggapan adanya beban yang besar  Universitas Sumatera Utara sehingga pondasi dangkal jelas tidak dapat digunakan, kemudian jenis tanah pada  lokasi yang bersangkutan relatif lunak (lembek) sehingga pondasi dangkaltidak  ekonomis lagi untuk dipergunakan.
Dikarenakan begitu pentingnya peranan dari pondasi tiang pancang  tersebut, maka jika  pembuatannya dibandingkan dengan pembuatan pondasi lain,  pondasi tiang pancang ini mempunyai beberapa keuntungan sebagai berikut :  1.  Biaya pembuatannya kemungkinan besar (dengan melihat letak lokasi dan  lainnya), lebih murah bila dikonversikan dengan kekuatan yang dapat  dihasilkan.
2.  Pelaksanaannya lebih mudah dan relatif cepat.
3.  Di Indonesia, peralatan yang digunakan tidak sulit untuk didapatkan.
 Pemakaian pondasi tiang pancang dipergunakan apabila tanah dasar  dibawah bangunan tersebut tidak mempunyai daya dukung (bearing capacity)  yang cukup untuk memikul berat bangunan dan beban diatasnya, dan juga bila  letak tanah keras yang memiliki daya dukung yang cukup untuk memikul berat  dari beban bangunan di atasnya terletak pada posisi yang sangat dalam. Dari  alasan itulah maka dalam mendesain pondasi tiang pancang mutlak diperlukan  informasi mengenai data tanah dimana bangunan akan didirikan dan daya dukung  tiang pancang tersebut ( baik single pile ataupun group pile ).


Contoh Skripsi Civil Engineering:Analisis Daya Dukung Pondasi Tiang Pancang Menggunakan Metode Sondir, SPT, Metode Elemen Hingga pada Proyek Pembangunan Hotel
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.