Contoh Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Masa Perawatan (Curing) pada Beton yang Menggunakan Serbuk Bata Merah sebagai Substitusi Semen terhadap Kuat Tekan dan Absorpsi Beton



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah  
Beton merupakan salah satubahan bangunan yang merupakancampuran  heterogen antara agregat kasardan halus dengan bahan pengikat, semendan air yang  dalam proses pencampurannya mengalami pengerasan dalam kurun waktu tertentu.
Mayoritasvolume bahan bangunan menggunakanbeton karena sifatnya yang  mudahdibentuk sesuai dengan desain bangunanyang diinginkan serta bahannya  yangrelatif mudah didapat dan didistribusikan (Ristinah S. dkk, 2011).

Semen merupakan komposisi utama dalam pembuatan beton. Dengan  demikian kebutuhan akan bahan baku semen dan material campuran lainnya  seperti agreat kasar, agregat halus, air serta bahan tambahan lainnya akan  meningkat pula. Pemakaian semen portland sebagai bahan pengikat utama yang  digunakan untuk membuat beton saat ini yang memberikan kontribusi yang cukup  signifikan terhadap emisi gas karbondioksida ke atmosfer (Steenie E. W., 2014).
Pemanfaatan serbuk bata merah dinilai mampu menjadi bahan pengisi  (filler) pengganti semen pada beton. Serbuk bata merah merupakan pozolan aktif  yang dapat bereaksi dengan kapur bebas untuk membentuk tobermorite, yang  merupakan massa padat di dalam beton. Kandungan kimiawi seperti dapat dilihat  pada tabel 1, yang menunjukkan serbuk bata merah semua varian memiliki  akumulasi kandungan SiO2, Al2O3dan Fe2O3 lebih dari 70%, sehingga tergolong  sebagai pozolan aktif.
Dalam perencanaan beton perbandingan agregat kasar dan agregat halus  harus sesuai dengan kebutuhan. Namun dalam prakteknya untuk mencapai mutu  Universitas Sumatera Utara 2  beton yang direncanakan ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti cara  pencampuran  (mixing),  penuangan  (casting),  pemadatan  (compacting),  dan  perawatan (curing).
Perawatan pada beton merupakan salah satu hal penting dalam pencapaian  kekuatan yang direncanakan. Lamanya proses perawatan dipengaruhi oleh  beberapa faktor yang diantaranya adalah jenis semen dan bahan pengisi yang  digunakan.


Contoh Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Masa Perawatan (Curing) pada Beton yang Menggunakan Serbuk Bata Merah sebagai Substitusi Semen terhadap Kuat Tekan dan Absorpsi Beton
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.