Contoh Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Campuran Semen Portland Tipe I dan Arang Tempurung Kelapa sebagai Bahan Stabilisasi pada Tanah Lempung dengan Uji Kuat Tekan Bebas



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang  
Tanah merupakan hal yang paling penting dalam membangun suatu  bangunan. Hal ini dikarenakan tanah adalah pondasi yang mendukung semua  beban bangunan yang berdiri diatasnya. Namun, sering sekali ditemukan beberapa  kasus lokasi yang memiliki daya dukung tanahnya kurang baik, sehingga sulit untuk di bangun sebuah konstruksinya. Tanah lunak ini memiliki beberapa  masalah yang serius yang terdapat pada daya dukung tanah rendah, penurunan  yang terjadi besar, dan memiliki kadar air yang tinggi, sehingga untuk menambah  kekuatan sekaligus dapat memperbaiki daya dukung tanah tersebut dilakukan  upaya stabilisasi pada tanah di lokasi tersebut.

 Stabilisasi tanah merupakan upaya untuk memperbaiki daya dukung tanah  yang kurang baik dan meningkatkan tanah menjadi baik. Tujuan dari stabilisasi  tanah adalah untuk meningkatkan kemampuan daya dukung tanah dalam menahan  beban serta untuk meningkatkan kestabilan tanah. Salah satu cara memperbaiki  daya dukung tanah tersebut adalah dengan menambahkan bahan pencampur  kimiawi seperti semen, abu ampas tebu, garam, gamping, abu batu bara, semen  aspal, soduim, kalsium klorida, limbah pabrik kertas dan bahan kimia lainnya.
 Sekarang mencapai stabilisasi tanah orang banyak mencampurkan dengan  bahan fly ash. Karena pemakaiannya sudah begitu banyak, maka harga material  ini sudah relatif meningkat. Untuk itu, dalam pengujian ini metode stabilisasi  yang digunakan yaitu stabilisasi secara kimiawi yang dimana akan dilakukan  pencampuran antara semen portland dengan abu tempurung kelapa.
 Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kelapa terbesar di dunia.
 Bagian kelapa yang di gunakan yaitu daging buahnya, serabut, tempurung, dll.
 Biasanya, bagian daging buah yang paling sering di gunakan daripada serabut dan  tempurungnya. Daging buahnya diolah menjadi minyak kelapa sedangkan  tempurungnya hanya dijadikan arang saja. Penggunaan arang terhadap kehidupan  sehari-hari yaitu sebagai briket kompor dan memagang bahan-bahan makanan.
 Namun, penggunaan arang ini masih minim dilakukan. Hal ini membuat  Universitas Sumatera Utara tempurung kelapa menjadi limbah. Untuk itu, Peneliti berinisiatif untuk  menggunakan arang ini sebagai campuran dalam stabilisasi tanah. Tempurung  kelapa ini sangat tepat digunakan karena memiliki kadar silikon dioksida ( SiO2 )  yang cukup tinggi.


Contoh Skripsi Civil Engineering:Pengaruh Campuran Semen Portland Tipe I dan Arang Tempurung Kelapa sebagai Bahan Stabilisasi pada Tanah Lempung dengan Uji Kuat Tekan Bebas
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.