Contoh Skripsi Civil Engineering:Kajian Efektifitas Penggunaan Semen Portland dan Limbah Karbit terhadap Stabilitas Tanah Lempung Ditinjau Dari Nilai CBR



BAB I
PENDAHULUAN
1.1  UMUM
Tanah merupakan tempat berdirinya suatu struktur atau konstruksi, baik itu  konstruksi bangunan maupun konstruksi jalan yang sering menimbulkan masalah  bila memiliki sifat-sifat yang buruk seperti plastisitas yang tinggi, kekuatan geser  yang rendah dan potensi kembang st yang besar. Karena besarnya pengaruh  tanah terhadap perencanaan suatu konstruksi maka tanah menjadi komponen yang  perlu diperhatikan dalam perencanaan konstruksi.

 Tanah lempung merupakan salah satu jenis tanah yang sering dilakukan  proses stabilisasi. Hal ini disebabkan tanah lempung sangat keras dalam kondisi  kering dan bersifat plastis pada kadar air sedang, namun ketika kadar air tinggi,  tanah lempung akan bersifat lengket (kohesif) dan sangat lunak., sehingga  menyebabkan perubahan volume yang besar karena pengaruh air dan  menyebabkan tanah mengembang dan menyt dalam jangka waktu yang relatif  cepat. Sifat inilah yang menjadi alasan perlunya dilakukan proses stabilisasi agar  sifat tersebut diperbaiki sehingga dapat meningkatkan daya dukung tanah tersebut.
 Umumnya sebagian besar wilayahIndonesia terdiri oleh tanah lempung dengan  pengembangan yang cukup besar(plastisitas tinggi).
 Stabilisasi tanah adalah pencampuran tanah dengan bahan tertentu, guna  memperbaiki sifat-sifat teknis tanah tertentu agar memenuhi syarat teknis tertentu  (Hardiyatmo, 2010).
Proses stabilisasi tanah ada 3 cara yaitu : 1. Mekanis Stabilisasi mekanis dilakukan dengan cara pemadatan  yang dilakukan  dengan menggunakan berbagai jenis peralatan mekanis seperti :mesin gilas  (roller), benda berat yang dijatuhkan, ledakan, tekanan  statis,  tekstur,pembekuan, pemanasan dan sebagainya.
 2. Fisis Stabilisasi secara fisis dilakukan melalui perbaikan gradasi tanah dengan  menambah butiran tanah pada fraksi tertentu yang dianggap kurang, guna  mencapai gradasi yang rapat.
 3. Kimiawi (Modification by Admixture) Stabilisasi secara kimiawi dilakukan dengan cara  menambahkan bahan  kimia tertentu sehingga terjadi reaksi kimia. Bahan kimia tersebut dapat  berupa Portland cement (PC), kapur, gypsum, abu terbang (fly ash), semen  aspal, sodium dan kalsium klorida, ataupun limbah pabrik kertas dan bahanbahan limbah lainnya yang memungkinkan untuk digunakan seperti abu  sekam padi, abu ampas tebu, abu cangkang sawit dan lain-lain (Bowles,  1991).


Contoh Skripsi Civil Engineering:Kajian Efektifitas Penggunaan Semen Portland dan Limbah Karbit terhadap Stabilitas Tanah Lempung Ditinjau Dari Nilai CBR
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.