Contoh Skripsi agribusiness:Pengaruh Penjualan Kopi Arabika Dalam Bentuk Buah Panen (Cherry Red) Terhadap Ekonomi Petani Kopi Arabika



BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Globalisasi ekonomi dalam perdagangan dan investasi menawarkan banyak  peluang dan tantangan bagi agribisnis perkebunan di Indonesia. Kopi merupakan  salah satu komoditas penting yang diperdagangkan secara luas di dunia. Selama  ini di Indonesia lebih dikenal sebagai penghasil Kopi Robusta terbesar didunia,  meskipun kontribusi Kopi Arabika  Indonesia dalam perdagangan kopi dunia  secara kuantitatif kecil namun secara kualitatif sangat disukai konsumen dengan  keanekaragaman jenis serta cita rasa yang spesifik (Tondok, 1999).

 Menurut Najiyati dan Danarti (2004), di dunia perdagangan dikenal beberapa  golongan kopi, tetapi yang paling sering dibudidayakan hanya Kopi Arabika,  Robusta dan Liberika. Penggolangan kopi tersebut umumnya didasarkan pada  spesiesnya, kecuali Kopi Robusta. Kopi Robusta  bukan  merupakan  nama  spesies karena kopi ini merupakan keturunan dari beberapa spesies kopi, terutama  Coffea canephora.
 Bagi bangsa Indonesia, kopi merupakan salah satu komoditi perdagangan yang  memiliki kontribusi yang cukup tinggi. Selain sebagai komoditi ekspor, komoditi  kopi juga merupakan komoditi yang dikonsumsi di dalam negeri. Selain itu kopi  merupakan salah satu komoditas ekspor yang mampu menciptakan penyerapan  tenaga kerja dengan melibatkan banyak sektor. Permasalahan petani pada   umumnya masih mengusahakan tanaman kopi secara bersamaan yaitu Kopi  Robusta dan Kopi Arabika(Najiyati dan Danarti, 2004).
 Lebih dari 90% kopi di Indonesia diusahakan oleh rakyat. Umumnya komoditi  kopi telah menjadi komoditas penting dalam bidang perekonomian beberapa  propinsi penghasil kopi seperti Sulawesi Selatan, Bali, Sumatera Selatan,  Sumatera Utara dan Aceh. Pada saat ini saja tanaman Kopi Robusta lebih dari  95%, sedangkan selebihnya adalah Kopi Arabika dan jenis lainnya. Meskipun  Kopi Robusta ini semula ditanam dan diusahakan oleh perkebunan besar, namun  dalam perkembangannya tanaman ini telah banyak menjadi tanaman rakyat atau  pertanian rakyat (AAK, 2009).


Contoh Skripsi agribusiness:Pengaruh Penjualan Kopi Arabika Dalam Bentuk Buah Panen (Cherry Red) Terhadap Ekonomi Petani Kopi Arabika
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.