Contoh Skripsi agribusiness:Analisis Optimasi Usahatani Pola Diversifikasi Tanaman Bayam Dan Kangkung



BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang  
Pertanian diversifikasi berarti menanam/memelihara lebih dari satu jenis tanaman, satu  jenis ternak, atau satu jenis ikan. Diversifikasi menurut luas cabang usahatani dibagi menjadi  diversifikasi dalam arti sempit dan diversifikasi dalam arti luas. Diversifikasi dalam arti sempit  yaitu mengusahakan antar jenis tanaman atau antar jenis ternak sedangkan diversifikasi dalam  arti luas yaitu mengusahakan antar jenis tanaman, ternak, dan perikanan. Menurut produk yang  dihasilkan diversifikasi dapat dibagi menjadi diversifikasi horizontal dan vertikal (Tarigan,  1991).

Diversifikasi horizontal merupakan diversifikasi yang dilakukan untuk meningkatkan  hasil produksi dengan menanam berbagai jenis tanaman. Diversifikasi vertikal ditujukan untuk  dapat meningkatkan nilai tambah melalui pengolahan hasil dan peningkatan mutu produk  (Suryana, dkk, 1995).
Sebagian besar dari sayur-sayuran dataran rendah tidak ditanam sebagai pola tanam  tunggal (monokultur) tetapi penanaman campuran (diversifikasi). Adapun keuntungan yang  diperoleh yaitu:  a.  Menghindari resiko gagal panen.
b.  Pemanfaatan lahan semaksimal mungkin.
c.  Memenuhi kebutuhan produksi secara kontinu.
Diversifikasi merupakan jalan keluar yang dapat dilakukan petani dalam menyiasati  kebutuhan pasar untuk bayam dan kangkung yang selalu terbuka sepanjang tahun karena  kebutuhan akan sayuran ini tetap tinggi dan relatif stabil. Hal ini memberikan peluang bagi  petani bayam dan kangkung untuk memasok sayurannya secara kontinu tanpa tergantung pada  musim (Bandini, 2001).
 Bayam dan kangkung merupakan jenis sayuran daun dataran rendah yang banyak  manfaatnya bagi kesehatan. Meskipun harganya relatif murah tetapi jika dibudidayakan secara  intensif akan memberikan keuntungan yang cukup besar. Selain itu, pemungutan hasil panen  yang cepat dalam waktu satu bulan dapat memperkuat posisi petani dalam memenuhi kewajiban  finansialnya sehari-hari.


Contoh Skripsi agribusiness:Analisis Optimasi Usahatani Pola Diversifikasi Tanaman Bayam Dan Kangkung
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.