Contoh Skripsi agribusiness:Analisis Pengaruh Kebijakan Tataniaga Gula Terhadap Ketersediaan dan Harga Domestik Gula Pasir di Indonesia



PENDAHULUAN
Latar Belakang  
Gula pasir merupakan suatu komoditi strategis yang memiliki kedudukan  unik yang berbeda dengan komoditi strategis lain seperti beras. Di satu sisi gula  pasir merupakan salah satu bahan kebutuhan pokok yang dikonsumsi masyarakat  secara luas. Keadaan ini tentu akan mempengaruhi kebijaksanaan dan sistem  pergulaan yang terjadi baik dari segi produksi, pengolahan, dan pemasarannya.
Disamping sebagai salah satu kebutuhan pokok masyarakat juga sebagai sumber  kalori yang relatif murah. Di Indonesia setiap tahun konsumsi gula oleh rumah  tangga cenderung mengalami peningkatan. Penurunan konsumsi terjadi pada  tahun 1998 sebagai akibat dari tingginya  peningkatan harga gula di pasar  domestik. Namun pada periode berikutnya konsumsi gula kembali mengalami  peningkatan.

Kebijaksanaan pemasaran gula pasir yang dilakukan pemerintah pada  prinsipnya mempunyai tujuan untuk menjamin tersedianya gula yang kontinue  kapan saja dan dimana saja serta berupaya menghemat penggunaan devisa.
Dengan struktur produksi yang musiman dan terkonsentrasi di Jawa Timur, maka  pemerintah melakukan campur tangan baik secara langsung maupun tidak  langsung, dengan berbagai peraturan yang diberlakukan (Amang, 2003).
Masyarakat mengkonsumsi gula sebagai kalori atau lebih utamanya  sebagai pemanis maupun pengawet. Upaya untuk menjaga ketersediaan gula  dalam negeri diwujudkan dalam salah satu program ketahanan pangan (revitalisasi  pertanian). Ketahanan pangan pada tatanan nasional merupakan kemampuan suatu   bangsa untuk menjamin seluruh penduduknya memperoleh pangan dalam jumlah  yang cukup, mutu yang layak, aman, dan juga halal, yang didasarkan pada  optimasi pemanfaatan dan berbasis pada keragaman sumberdaya domestik. Salah  satu indikator untuk mengukur ketahanan pangan adalah ketergantungan  ketersediaanpangan nasional terhadap impor.


Contoh Skripsi agribusiness:Analisis Pengaruh Kebijakan Tataniaga Gula Terhadap Ketersediaan dan Harga Domestik Gula Pasir di Indonesia
Downloads  Versi PDF >>>>>>>Klik Disini 

Bab I
Downloads
Bab II
 Downloads 
 Bab  III - V
 Downloads 
Daftar Pustaka
 Downloads 
Lampiran
Downloads 

Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.