BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring berjalannya
waktu semakin bertambah
pula jumlah populasi Manusia
di Bumi, maka
dengan demikian kebutuhan
energi akan semakin bertambah.
Untuk memenuhi kebutuhan
energi tersebut maka
dibutuhkan juga pengembangan Teknologi yang lebih efisien
seiring semakin terbatasnya sumber energi yang
tersedia di Alam.
Peningkatan jumlah penduduk
dan tingginya ketergantungan masyarakat semakin memperparah
kondisi tersebut. Pertambahan jumlah
penduduk berdampak pada peningkatan kebutuhan sarana transportasi dan aktivitas
industri yang mengakibatkan
terjadinyapeningkatan
kebutuhan dan konsumsi bahan bakar minyak.
Permasalahan
umum yang dihadapi dunia pada dewasa ini adalah semakin menipisnya
cadangan bahan bakar
minyak, disamping dampak
negatif yang ditimbulkan
dari penggunaan bahan
bakar minyak tersebut.
Fenomena ini mendorong
manusia untuk berusaha
mencari bahan bakar
alternatif yang diharapkan mampu mengatasi kedua permasalahan
di atas secara serentak. Salah satu
jenis bahan bakar alternatif yang
dimungkinkan untuk menggantikan bahan bakar
minyak, terutama yang digunakan baik untuk kendaraan bermotor maupun untuk menghasilkan listrik adalah Bahan Bakar
Gas (BBG) dalam hal ini adalah biogas.
Biogas merupakan
gas yang dihasilkan
oleh aktivitas anaerobik
atau fermentasi dari bahan-bahan
organik termasuk diantaranya kotoran manusia dan hewan,
limbah domestik (rumah
tangga), sampah biodegradable
atau setiap limbah
organik yang biodegradable
dalam kondisi anaerobik.
Kandungan utama dalam
biogas adalah metana
dan karbon dioksida.
Dimana gas metana
dalam biogas, bila
terbakar akan relatif
lebih bersih daripada batu
bara, dan menghasilkan
energi yang lebih
besar dengan emisi
karbon dioksida yang
lebih sedikit.
Dalam penulisan tugas akhir ini akan dibahas
tentang pengaplikasian mesin dua bahan
bakar (dual fuel) pada mesin diesel yang ditujukan untuk menghemat bahan
bakar solar dan
meningkatkan efisiensi dari
mesin diesel itu
sendiri.
Sebagaimana kita
tahu bahwa pada mesin –mesin diesel konvensional pemakaian bahan bakar solar dan efisiensinya masih
kurang maksimal.
Contoh Skripsi Mechanical Engineering:Kajian Performansi Mesin Diesel Stasioner Satu Silinder Dengan Sistem Dua Bahan Bakar (Dual Fuel System)
Downloads Versi PDF >>>>>>>Klik Disini
Bab I
|
Downloads
| |
Bab II
|
Downloads
| |
Bab III - V
|
Downloads
| |
Daftar Pustaka
|
Downloads
| |
Lampiran
|
Downloads
|
Artikel terkait skripsi diantaranya : contoh proposal penelitian kualitatif, contoh proposal penelitian kuantitatif,contoh judul skripsi, contoh skripsi,contoh proposal,download skripsi, proposal skripsi, Kumpulan Contoh skripsi, contoh artikel, contoh makalah,proposal penelitian, karya tulis, judul seminar akuntansi, proposal tentang, beasiswa disertasi, laporan ta, tugas ta, tesis akuntansi keuangan, tesis kesehatan, proposal tesis akuntansi, contoh-contoh tesis, tesis gratis, tesis contoh, contoh bab 1 tugas akhir, kumpulan tugas akhir akuntansi, proposal pengajuan tugas akhir, contoh laporan tugas akhir akuntansi, judul tugas akhir jurusan akuntansi.